Kesan Saya Setelah Tiga Tahun SMA di Santa Ursula.

yo check this out:

SMA Santa Ursula, Sabet Peringkat Satu DKI, IPA, IPS dan Bahasa

Cliche tapi benar kalau gue mengatakan: “MEN! WAKTU CEPET BANGET BERLALU! Tiga tahun SMA di Sanur!’ (singkatan: SANTA URSULA). Banyak banget hal yang gue dapatkan di Sanur dan katanya sih lebih banyak lagi yang gue rasakan kelak terutama dalam dunia kuliah dan dunia kerja. Gue akui SMA Santa Ursula ini emang oke banget dalam tiga hal dalam hal akademis, non akademis dan character building. Sanur ini memang terkenal sebagai notabene sekolah anak-anak tajir atau sekolah anak-anak pinter yang kutu buku. Kalau di masyarakat kan Sanur itu sekolah cewek semua yang isinya anak-anak pinter, sementara sekolah homogen cewek satu lagi, Tarsat itu sekolah cewek-cewek semua yang gaul dan eksis.

Kalau gw disuruh menuliskan Sanur dalam satu kalimat ya  ini: SMA Santa Ursula (1859-sekarang) adalah sekolah Katolik homogen perempuan yang mempunyai, secara akademis, tuntutan tinggi  baik untuk siswi dan guru, dan juga memberikan wadah dan fasilitas agar siswinya berkembang secara non akademis mengasah bakat serta minat dan membangun karakter perempuan yang mandiri, berprestasi, bermartabat dan dapat dibanggakan. Widih keren amat ya haha. Banyak yang bilang SMA Sanur ini salah satu SMA terbaik di Indonesia..hmm, wah gue gatau ya rasanya gue ga bisa bilang terbaik karena untuk bilang terbaik berarti lo membandingkan Sanur dengan sekolah lain, dan untuk membandingkan berarti lo harus merasakan 3 tahun SMA di sekolah lain untuk bener-bener membandingkan secara fair. Yang jelas SMA Sanur itu sekolah dengan kualitas plus plus dan dapat dibanggakan.

 

kelas XI IPA 1

 

Ini keunggulan-keunggulan sekolah di Sanur yang sudah gue rasakan:

  1. Bekerja di bawah tekanan. Anak Sanur itu sama dengan anak yang ke sekolah kayak mau pulang kampung alias tasnya banyak, berat lagi. Belum lagi tugas, PR, dan ulangan yang menumpuk, hidup terbayang deadline dan standar KKM (itu loh standar ulangan biar ga remed). Beneran deh sering deh gue ga tidur sama sekali buat ngerjain tugas, begadang, pulang sore-sore..tau apa yang bener-bener memacu performa prima, karena ketika gue cuma ngerjain tugas ala kadarnya gile men terintimidasi ngeliat tugas anak-anak lain yang dahsyat, jadi akhirnya terpacu juga buat maksimal dan mendorong diri buat mengupayakan usaha atau effort maksimal. Guru gue waktu itu pernah ngomong begini: “Nih biar kalian stres”, secara gamblang beliau pengen kita stres. Gue sih ketawa dan mikir “aya-aya wae ni guru”. Ya gue waktu itu udah kelas 3 sih dan udah ngerti, emang penting sih kita sering-sering dikasih tekanan biar ntar kebiasa pas kuliah dan kerja.
  2. On Time – Tante gue ada kerja di sebuah bank swasta yang sangat besar dan co-workernya banyak alumni anak Sanur. Beliau cerita, biarpun mereka udah tua-tua gitu mereka selalu punctual kalau soal waktu. Kalau gue pribadi sih emang berusaha untuk ontime, setengah jam atau 45 menit sebelum sebuah acara dimulai gue udah bisa hadir dengan tenang sehingga punya waktu buat ke belakang atau apalah.
  3. Teamwork dan koordinasi kerja – karena sering kerja kelompok dan terlibat dalam kepanitiaan event-event ini kelatih banget. Menurut gue sih yang paling ngaruh itu ya terlibat dalam kepanitiaan. Jadi kan tiap ada event di sekolah, baik itu pameran pendidikan atau acara unggulan OSIS, OSIS tuh merekrut anak-anak buat terlibat dalam panitia. Jadi ditaro tuh di OSIS Corner (dinding khusus anak OSIS nempelin kertas perekrutan) terus well kita sign up kalau mau terlibat. Tinggal briefing terus nanti dikasih name tag dan udah deh melaksanakan tugasnya. Konsumsi juga dapet gretongan, terus dapet sertifikat. Pokoknya kan kecatet tuh namanya kalau terlibat dalam seksi-seksi dalam panitia acara, nanti kalau minta surat rekomendasi ke Suster Kepsek buat kuliah enak deh ditulis kita aktif di sekolah. Jadi ga asal tulis aktif tapi ga pernah ngapa-ngapain. Oh Ya Ampun gue hampir lupa, Misa Kelas! Misa kelas juga berperan banyak memupuk teamwork dan koordinasi kerja. Jadi kalau udah kelas 3 itu, tiap kelas wajib bikin misa (biasanya 2 kelas digabung). Bikin misa kelas itu TIDAK MUDAH loh, stressful malah. Jadi gabungan kelas dipecah jadi seksi-seksi ada dekor, liturgi, drama, musik, teks misa, persembahan, dan tatib. Misa a la Sanur memang beda banget sama misa yang biasa di gereja. Mulai dari lagu, lagu-lagu yang kita suka kita gubah liriknya biar appropriate buat misa. Terus ada dramanya. Jadi drama itu disesuaikan sama tema misanya..Ribet banget deh, tapi bermanfaat. Intinya kita bener-bener ditantang untuk menyiapkan event untuk 400 orang yang menarik tapi tetep khusyuk (karena suasana Misa).
  4. Kreatif dan Inovatif - like I said, selama gue di Sanur berasa bangat kalau semua orang tuh kreatif jadi mesti think out of the box biar karya kita sendiri bisa one of a kind.
buset! foto pas lagi praktikum fisika nih.

buset kapan nih! foto pas lagi praktikum fisika nih. wetts terpancar deh gaya andalan saat gw di sekolah, poni ke atas, muka mateks, sama kacamata melorot. haha :D

ni lagi buat tugas kelompok sanur 09

Pelatihan-pelatihan yang gue dapat selama di Sanur (ini yang gue inget ada lagi tapi gue lupa, karena setiap sesudah ulangan umum itu ada sisa waktu sekian minggu nunggu bagi raport jadi waktu kosong itu dipakai untuk pelatihan-pelatihan, class meeting olahraga, lomba, sama study tour):

  1. Communication Skills
  2. Problem Solving Skills
  3. Leadership Skills (paling seru karena kita dikarantina di tempat yang oke banget jadi bisa fokus.)
  4. Bina Dewasa – buat memahami tubuh wanita dan memahami Harkat Martabat Wanita gitu-gitu deh.
  5. Pelatihan Jurnalistik
  6. Human Rights (ini yang ngadain ACT loh Association of Critical Thinking) dan ketika ada kontes stand dan program Human Rights jurinya orang bule gitu dari U.S. Embassy bagian HAMnya sama 2 orang dari LSM yang bergerak dalam HAM. What a privilege!
  7. Menghadapi Budaya Berbeda-beda (gue lupa persis sih ini judulnya apa). Pokoknya ini tuh pelatihan diberikan oleh Direktur (kalau ga salah) perusahaan gadget ternama dari Eropa yang jam terbang ke luar negeri-nya tinggi, jadi dia bolak-balik ke luar negeri ketemu orang-orang dari beragam budaya, European, American, Japanese, banyak deh. Nah beliau tuh ngajarin gimana kita menempatkan diri kalau ketemu orang Amerika, ketemu orang Eropa, ketemu orang Jepang gitu-gitu..cara kerja tiap budaya itu gimana, gimana kita harus adaptasi. Menurut gue pelatihan kayak gini tuh jarang ya dikasih ke anak SMA. Pelatihan ini pasti bermanfaat banget deh apalagi buat temen-temen yang langsung cabs ke luar negeri buat kuliah.
  8. Drugs (biasalah pelatihan untuk menolak drugs)
sanur memories~

sanur memories~kelas XI nih, ngapain bok cantik-cantik di sekolah (makanya foto gw di sekolah ga ada yang beres haha)

Hal yang bikin gue seneng di Sanur tuh BANYAK WADAH buat hobi dan minat lo, dan tiap tahun itu ditambah..jadi kita kasih usul deh mau ada apa..selama tiga tahun gue sih ikut Gamelan Bali dan Bahasa Jerman. Kelas 10 sama kelas 11 gue juga ikut English Debate dan English for Tertiary Study (jadi belajar advanced English buat bikin tulisan akademis gitu sama baca buku berbahasa Ingggris yang berbau-bau akademis secara efektif). The great thing about these activities are..guru-gurunya tuh oke punya loh, jadi yang emang jagoannya dan emang udah berprestasi dalam bakat yang mereka tekuni. Contohnya guru gamelan bali gue itu Pak Ketut, anggota band Kul-Kul yang sering banget dipanggi ke luar negeri buat main. Seinget gue tuh waktu gw masih gambal dia bilang dia ke Denmark, ke Jepang, pokoknya banyak deh.

gamelan bali lanjutan santa ursula 0809

gamelan bali lanjutan santa ursula 0809 | dulu nyokap yang nyaranin gue masuk gambal karena tadinya gue pengen kalo ga desain grafis/masak/kecantikan, tapi nyokap bilang bagus nih gamelan balinya keren udah gitu biar otak gw seimbang ada seni-seninya dan relaxing..eh bener dan akhirnya gw addicted deh jadinya 3 tahun gambal hehe.

jerman lanjutan sanur 09

jerman lanjutan sanur 09

lagi case build pas lomba debat di SMAK 3

lagi case build pas lomba debat di SMAK 3

Ni kegiatan-kegiatannya:

GPMB!

Aksi Marching Brass SMA Santa Ursula GPMB! Pulang-pulang borong piala.

  1. yang terkenal dan tersohor selalu mendapat piala dan juara: Putri Santa Ursula Marching Brass (PSUMB itu keras dan butuh komitmen dan disiplin tinggi. Sekali lo masuk, lo terikat sampai lulus dari Sanur jadi nggak aci deh keluar-keluar karena proses keluar dari PSUMB itu panjang, menyakitkan, dan nyaris mustahil.)
  2. BP – OSIS
  3. Sanur FM (radio komunitas..dulu sempat punya frekuensi yang kedengeran di daerah Jakarta Pusat, tapi pas gue jadi Crew ga punya. Sekarang sih pengurusan izin frekuensinya lagi dalam proses)
  4. English Debate (waktu jaman gue sih yang ngajar alumni-alumni Sanur, ada Kak Santi dari EDS dan UI, Kak Ovi sama Kak Pade)
  5. Teater Putri Santa Ursula:TPSU! TPSU juga butuh komitmen besar terutama kalau mau pentas..yang jelas TPSU tuh kerenlah.
  6. UCV – Ursula Canisius Voices (ini gabungan anak CC sama anak Sanur dalam sebuah choir yang bagus)
  7. English Conversation
  8. ETS
  9. Modern Dance
  10. Kolintang
  11. Angklung
  12. Gamelan Jawa
  13. Gamelan Bali (3 tahun gue di GamBal..what can I say, bangga gue udah menekuni salah satu budaya Indonesia selama 3 tahun, woohoo!)
  14. TTM (Tari Tradisional Modern)
  15. Batik
  16. Graphic Design
  17. Web Design
  18. Robotik
  19. Programming
  20. Math Club
  21. KIR
  22. Vocal Group
  23. Band (Band anak Sanur itu namanya Green Light, did I spell that right? Anyway, keren banget emang band kita karena sering banget juara di lomba-lomba. Personil serta pengajarnya juga oke punya, stage performance mereka seru banget buat ditonton.)
  24. Kecantikan (kecantikan itu seru loh..cewek banget, sayang sih gue ga ikut. Kecantikan tuh basically lo belajar dandan, nge-style rambut, dianosa jenis kulit dan cara merawat kulit..basically SEMUA HAL tentang kecantikan) Seru sih waktu itu gue liat anak kecantikan tuh body painting seru abis.
  25. Masak (ini ruangannya seru abis loh! jadi tuh ruangan gede isinya kompor oven banyak banget, ya kayak di SMK gitu..seru deh malakin dan nyobain hasil masak anak-anak masak tuh)
  26. Fotografi
  27. Melukis
  28. Pergamano (kegiatan ini tuh buat orang-orang yang rajin dan telaten dan sabar..dan BUKAN GUE BANGET..haha. Modal pergamano juga gede, kalau lo masuk mesti siapin kocek ratusan ribu buat beli alat dan perlengkapannya. Biar begitu banyak aja loh yang ikut ini, hehe)
  29. Tatting (Tatting? Waktu pertama denger gw juga ga ngerti ni apaan. Tatting tuh kriya semacem nyulam-nyulam benang gitu. Lucu sih bisa bikin taplak, atau pohon Natal kecil, atau gantungan HP)
  30. Biola
  31. Bahasa Perancis
  32. Bahasa Jerman
  33. Bahasa Belanda
  34. Bahasa Mandarin
  35. Bahasa Jepang
  36. Bahasa Spanyol
  37. Bahasa Korea
  38. Bahasa Rusia
  39. Basket
  40. Voli
  41. Bulu Tangkis

Yang sangat disayangkan sih ekskul olahraga agak terbatas karena memang kondisi fisik sekolah ga dukung. Lapangan yang kita punya tuh ga gitu cukup untuk punya ekskul olahraga yang banyak. Biar begitu, ekskul olahraga yang kita punya bener-bener dimaksimalin makanya sering boyong piala dari lomba-lomba.

jamaica farewell performance

jamaica farewell performance | pas kelas 2, guru Bahasa Inggris gue pernah ngasih tugas kelompok perform bawain lagu ‘Jamaica Farewell’. Seru tuh nontonnya, karena pada kreatif dan kocak-kocak.

Setiap akhir tahun itu ada event khusus untuk menutup tahun. Ini kegiatannya:

  1. Kelas 10 : Pengenalan Dunia Kerja — Kegiatan ini tuh semacam magang. Jadi nanti satu angkatan dipecah jadi kelompok-kelompok (disesuaikan sama kuota yang mau diterima tempat kerja). Angkatan gue sih waktu itu dipecah-pecah ke banyak tempat, di antaranya: Metro Plaza Senayan, Metro Pondok Indah, Hotel Nikko, Bank Indonesia, Playgroup apa gitu gw lupa, Redaksi apa gitu gw lupa, Trans 7, Lembaga Biomolekuler Eijkman RSCM, sama pabrik-pabrik gitu..gw waktu itu dapetnya di Eijkman. Seru sih jadi program ini tuh berlangsung selama 1 minggu. Kita disuruh ikutin irama kerjanya dan bersikap proaktif, jadi ngajuin pertanyaan gitu. Ya sesuai judulnya ya kita kenalan deh sama dunia kerja biar ada gambaran. Unik-unik sih pengalamannya. Misalnya di Metro tuh mesti pake makeup sama baju yang udah ditentuin. Intinya kita mesti pintar-pintar adaptasi sama tuntutan tempat kerja yang kita tumpangin. Pengalaman gue sih waktu itu ya pertama-pertama agak awkward ya namanya juga lingkungan baru. Terus yaudah akhirnya seru juga, kita ekstraksi DNA dari darah, terus neliti darah tikus gitu. Gokil deh liat alat-alat canggih. Ironisnya alat-alat canggih itu ditempatkan di tempat yang asri dan cantik banget, ada fountain dan bunga-bunga gitu.
  2. Kelas 11: Live In. Sepertinya program ini udah banyak ditiru sekolah-sekolah lain sih. Live in tuh udah ada dari jaman baheulak. Cowo gue aja bilang dulu nyokapnya juga live in. Ya live in itu seminggu tinggal di desa mengikuti irama kehidupan orang desa. Angkatan gue sih waktu itu ke daerah Sleman, Yogyakarta. Seru sih…keluarga gue baik banget dan mereka tuh nyuguhin makanan yang enak-enak :p terus kita dibawa ke sawah, ke kandang ayam, jalan-jalan keliling. Beneran deh jalan keliling tuh pagi-pagi super enak.
  3. Kelas 12 : Spiritual Retreat. Sekolah Katolik manapun biasanya pasti mengadakan retret buat anak-anaknya. Retret gue tuh waktu itu temanya buat masa depan. Jadi menyingkir dari kesibukan dan rutinitas buat berefleksi, meditasi, berdoa, merenungkan langkah yang udah kita ambil dan mempersiapkan langkah-langkah berikutnya. Mungkin retret itu semacam pesantren kilat (apakah benar?). Retret emang sangat penting sih menurut gue untuk dilakukan setiap tahun supaya body, mind, and soul tuh seimbang.
foto pas retret kelas 3

foto pas retret kelas 3

Di Sanur itu yang paling berharga yang gue dapatkan ya teman-teman. Di Sanur itu berbagai macam karakter bercampur aduk. 3 tahun itu gue bertemu dengan an amazing mix of personalities, lifestyles, and characters. Dari yang gaul sampai yang alim, yang rajin, yang males, yang rapi, yang kreatiffff banget, yang nyeni abis, yang IPA abis, yang party girl banget, social butterflies, yang bener-bener atletik, yang tomboy, yang girly banget, yang stylishnya jugile, sampai yang cueknya bujuguneng! Gue dapet temen-temen yang unik-unik dan memorable-lah. :) Gue rasa tanpa kehadiran teman-teman selama 3 tahun ter-hektik dan tersibuk dalam hidup gw (so far..) gue bisa GILA! Gue inget banget pas hari-hari terberat di Sanur. Untuk bikin gw semangat pada pagi hari, biasanya ketika pertama buka mata gue membayangkan something to look forward to later in the day. (sori gw ga bisa menemukan kata-kata bahasa Indonesia yang tepat sesuai kata-kata itu) Ketika gue bangun pagi dan malas untuk masuk..banyak tugas dan ulangan..capek pulangnya naik busway..mau bolos juga kagak bisa ntar repot susulan, toh bohong juga bikin hati bolong kan, yaudah deh akhirnya gue membayangkan becanda-becanda goblok sama temen-temen, ketawa-ketawa, sharing the latest fashion trends atau entertainment buzz, dan duduk melingkar pas jam istirahat nyoba-nyobain makanan temen. Itulah yang bikin gue duduk tegak dari tidur gue dan memulai aktivitas.

2 sahabat gue: odha dan melati!

2 sahabat gue: odha dan melati! lagi istirahat pas pelatihan jurnalistik.

Kalau soal cewek semua..ah yaudahlah pertama-pertama aneh sih, tapi lama-lama kebiasa, dan malah jadinya enak banget. Jadinya lo gausah repot-repot tampil cantik untuk memikat perhatian seseorang (aduh kata-kata gue gelay abis deh haha). Kayak attitudenya begini: ah ngapain sih cantik-cantik lo mau tebar pesona sama siapaaa coba. Jadinya tuh ya fokus deh ke aktivitas KBM. Dan soal lesbian..aduh men, bukan berarti di sekolah cewek semua tuh jadinya lesbong ya atau ada yang jadi lesbian..picik banget deh yang langsung asumsi begitu. 3 tahun gue SMA di Sanur ga ada yang lesbian sama sekali..jadi gue udah males deh kalau ada yang nanya: “Ada yang lesbi ga?” Yailah cing..kagak ada..toh kita ga terkungkung dalam dunia cewek semua 24 jam kan..ada juga waktu socializing, jalan, hangout, party gitu..ada facebook, msn, buat socializing, ya seimbanginlah ketemu cewek semua di sekolah ya temenan jugalah sama lelaki haha.

Soal seimbang, menurut gue anak Sanur ga belajar melulu kok. Ada saatnya belajar dan ada saatnya main. Misalnya waktu gue kelas satu ada acara main layangan ke gunung apa gitu gue lupa..terus ada class meeting buat refreshing. Class meeting seru sih jadi lomba cabang-cabang olahraga/permainan gitu antar kelas. Seinget gue sih yang pernah tuh bola tangan, bulu tangkis, terus permainan semacam gobak sodor gitu, softball, dan lainnya. Kadang saking serunya kompetisi mainnya bisa radikal banget deh haha, tapi abis itu ya damai-damailah haha.

Class meeting softball

Class meeting softball

ke waterbom rame-rame

ke waterbom rame-rame

studi tur ke OSO Bintaro yang berujung luch steak gretongan.

studi tur ke OSO Bintaro yang berujung luch steak gretongan dan lunch ronde dua di Pizza Hut Veteran.

Kalau hari spesial juga ada lomba-lomba. 17 Agustusan ada upacara (aduh upacara 17 Agustus Sanur tuh KERENNNNNN) sama lomba-lomba mulai dari makan kerupuk, tarik tambang, sama apa gitu gue lupa haha. Terus kalau udah mau Natal ada lomba Natal kayak lomba nyanyi lagu Natal, menghias kelas, bikin gua Natal, sama lomba bikin kartu Natal. Lomba dan class meeting gitu kadang tuh bikin males kayak ah ngapain sih mendingan libur atau jalan. Tapi akhirnya kebawa suasana juga sih, kelas makin erat, terus makin seru aja sama temen-temen. Lagian ada weekend juga untuk refreshing abis minggu yang padat..kalau pelajaran olahraga juga, guru OR tuh ngerti kalau kita lagi banyak ulangan (keliatan dari muka-muka kusut haha) dia ngebolehin kita main, entah main bola tangan, main softball, main voli, ya macem-macemlah.

Kalau soal peraturan..hmm memang peraturan di Sanur itu ya ketat tapi lama-lama biasa aja sih. Maksudnya yaudahlah kuku harus pendek, no kutek, rambut diiket, rok panjang, kaos kaki panjang, ga boleh pake jaket bebas, baju longgar, datang tepat waktu, ga boleh nyontek. Tiap tahun itu sebelum bagi raport, 3 angkatan anak SMA Sanur plus guru-guru serta Suster Kepsek dikumpulin di aula buat bahas peraturan dan melakukan revisi. Jadi tiap tatib di review, dan kalau ada yang ga setuju langsung angkat tangan dan kasih usul. Usulnya bakal didenger semua orang terus nanti kita pertimbangkan bersama-sama. Usulnya ditampung terus akhirnya dibahas sama guru-guru baru diresmikan perubahannya. Ya lumayan sih latihan demokrasi dan bersikap kritis.

Kalau soal event-event, ya jangan haraplah ada pensi dari Sanur. Ketika semua orang ngadain pensi yang hip dan ngundang artis-artis ternama ibukota di venue yang keren pula seperti di Istora Senayan, sekolah gue, SMA Santa Ursula malah mengadakan acara kebudayaan atau acara lingkungan di aula atau bahkan ruang-ruang kelas sekolah sendiri. Ketika di acara-acara sekolah lain ribuan orang sibuk berajojing mengikuti irama pop/dance/electronic dari artis-artis seperti The Upstairs, kita malah menikmati suguhan gamelan dari fellow Sanurians. Pertama-tama gue akuin, gue dan anak-anak bersikap asemlah. “Apa-apaan sih ngadain acara kayak gini, sepi pula ga banyak orang.” Emang Suster Kepsek itu keukeuh ga mau ngadain acara tipikal SMA-SMA ibukota dan Suster Kepsek keukeuh pula tidak mau ngundang artis. Money is not the problem, tapi kan lo bisa nonton artis-artis itu dimana aja. Lo kebetulan dateng ke mall aja bisa aja mereka lagi live performance. Jadi apa men yang bisa bikin event sekolah lo memorable dan one of a kind? Ya jawabannya acara unik dan mungkin emang ga terlalu diminatin anak muda tapi ya tetep tampil beda dan bermanfaat. Itu sih yang selalu diupayakan BP OSIS, guru-guru, Suster Kepsek dan anak-anak sendiri.

Ya begitu aja sih kesan gue selama 3 tahun SMA di SMA Santa Ursula Jakarta. Although Sanur and us are apart, we’re still genuinely Sanur at heart. :)

XII IPA 1 = AKAL BULUS (anak kelas Bu Lusia) pas hari terakhir sebelum libur pengangguran, 13 Mei

XII IPA 1 = AKAL BULUS (anak kelas Bu Lusia) pas hari terakhir ujian sebelum libur  jadi pengangguran, 13 Mei 2009

hari terakhir mengenakan seragam kebangsaan Sanur.

hari terakhir mengenakan seragam kebangsaan Sanur.

memakai jaket angkatan Sanur 09

memakai jaket angkatan Sanur 09

