Skin Talk: Retin-A untuk Jerawat

Aloha pembaca setia pokok monicantik (Azeek, berasa punya pembaca setia aje gue haha). Sudah lama ya saya tidak menulis post blog tentang kulit.

Buat sekedar info, saya sudah memasuki waktu satu tahun menggunakan produk perawatan kulit dr. Rani Novian dan akhir-akhir ini ada variasi dalam produk yang saya gunakan yaitu krim malam Retin A 0.1% dan Glycore (1:1). Kenapa berubah? Blame it on my mom haha, I actually thank her for buying me this night cream because I feel that it’s quite better than the usual one I use (Krim Malam 1:1). Efek yang saya rasakan adalah jerawat yang muncul kempes dan kering dengan cepat. Gak lebay loh, saya ngolesin pada malam hari sebelum tidur, eh paginya udah kempes. Ini bermanfaat banget pada saat PMS dan datang bulan, pas jerawat lagi banyak-banyaknya :) Untuk satu wadah kecil (tapi isinya padat), bisa lo dapatkan dengan 140 ribu rupiah saja (kata ibu saya sih, correct me if I’m wrong). Saya emang pernah denger sih, Retin A itu emang punya khasiat oke untuk kulit berjerawat. Simak lebih lanjut untuk lebih jelasnya B-)

Apa itu Retin A?

Retin A atau tretinoin adalah obat jerawat yang manjur yang didapatkan dari vitamin A. Retin A biasa digunakan untuk mengobati jerawat yang mild sampe yang moderately severe dan dikenal efektif untuk jerawat yang comedonal seperti blackhead dan whitehead.

Gimana kerja Retin A?

Pada umumnya, produk tretinoin bekerja dengan mempercepat cell turnover atau regenerasi kulit (sel kulit mati copot, kulit baru menggantikan) dan melakukan eksfoliasi (eliminasi sel kulit mati dari permukaan kulit) dan mengurangi penambahan sel kulit mati di folikel. Retin A juga membuat blackhead atau komedo tidak lengket dan mengurangi penyumbatannya sehingga bisa muncul ke permukaan kulit untuk dieksfoliasi. Seperti obat jerawat pada umumnya, Retin A membutuhkan waktu untuk menunjukkan perubahan signifikan. Perubahan bisa tampak jelas setelah penggunaan enam minggu.

Terus yang perlu diketahui tentang Retin A apa lagi?

Efek Retin A yang juga turut gue rasakan adalah kulit yang mengelupas. Setelah gue telusuri, memang benar, kulit mengelupas adalah efek klasik, ya emang masuk akal sih, wong prinsip kerjanya aja untuk eksfoliasi, gimana sel kulit matinya mau dieliminasi kalo tanpa kulit mengelupas? Emang sih ada satu hari di mana kulit terasa perih tapi ya perihnya gak seberapa sih. Setelah gue baca, pas minggu-minggu awal pemakaian hal ini normal sih. Lama kelamaan, kulit bakal toleran dan gak terlalu mengelupas lagi. Hal ini sih bisa diatasi dengan memakai waslap pas cuci muka buat membasuh muka dan menyingkirkan kulit-kulit yang mengelupas. Kan gak oke kan tuh kalo keluar masih ada kulit-kulit mengelupas gitu di muke. Kalo lagi pake Retin A wajib banget pake pelembap dengan tabir surya sebelom beraktivitas karena kulit kering dan meningkatnya sensitivitas kulit terhadap cahaya termasuk efek samping Retin-A juga.

Terus Glycore apaan dong?

Nah kan di krim malem baru yang gue pake selain ada Retin A juga ada Glycore. Apa sih Glycore? Setelah gue telusuri, Glycore itu berkhasiat untuk menyamarkan hiperpigmentasi dan noda hitam pada kulit akibat pengaruh buruk sinar matahair, sehingga menjadikan kulit tampak lebih mulus.

Ya segitu aja sih tentang krim malam yang menjadi varian baru dalam perawatan kulit gue, cheers! :D

Untuk bacaan lebih lanjut silahkan buka:

Retin-A (Tretinoin) Profile

16 thoughts on “Skin Talk: Retin-A untuk Jerawat

  1. alo monicantik hehe… aku sering banget baca review kamu mulai dr dulu , terutama case skin kamu .. TOP abiz. btw bole tau gak krim malam yg baru ini , kamu dapatin di dokter rani juga ? atau kamu beli sendiri di apotek.. jdi beli retin-a dan beli glycore .. terus kamu campur ditangan sendiri.. let me know.. thx yah

    • halo daxe, wah makasih loh hehe semoga bermanfaat deh ya yang saya tulis.
      maaf ya settingannya emang kalo comment mesti aku approve dulu biar bisa terlihat hehe. iyaa belinya di dokter rani juga…

  2. kemaren udah nulis comment kok ilang yah :( , monica pengen nanya nih.. tuh cream malam yg baru (retin-a+glycore) belinya di dokter Rani juga yah ? thanks yah

  3. Hi! Gw pake kok jadi merah2 ya? Kamu pakenya selama berapa hari? Terus cara applynya di totol atau dioles seluruh wajah yah? Please answer this. Thanks a bunch :)

    • halooo gue makenya dioles diseluruh terus tipis. nyokap nyuruhnya gituuu hehe. wah merah-merah ya. hmmm. wah tidak tauu deh saya bukan dokter hehehe :)

    • kalau saya pakainya itu satu krim udh retin a sama glycore dg kadar 50% 50% mbak..belum pernah pakai yang dipisah, mungkin ada yang bisa bantu jawab, atau mungkin mbaknya bisa google-ing aja? :)

      • mau tanya donngg. .. Itu dicampur ada efek panas atau gimana gak, setelah pakai ? soalnya temen aku pke dicampur gitu dimuka nya langsung trasa panas & iritasi .. krn tkut itu efek ga cocok, jdi dia selang seling(hari) pkenya …dikmu efeknya gmn ?? Thanks jwabannya ..

      • @ekusuma aku biasa aja sih adem-adem ajaa..coba tanyain ke dokternya langsung aja yah :)

  4. Beli glycorenya dimana sihhh Monic??? Aku dah ubek2 apotek se jakarta koq gak ada yaaa?? Secara aku tinggal di Bsd, Jadi sedih deh, sbab aku dah pake retinA nya nih..

  5. Selamat malam . Saya mau bertanya.
    Sy sedanng memakai produk parasol, glycore dan vitaacid.
    parasol kan sunblock tuh, efek ke muka saya lebih ke kusam ya, apa gt efeknya? atau perasaan saya aja. krn sblm pk parasol ini sy pk krim dokter kulit krn masalah jerawat sy. muka sy jadi cerah gt pk krim dokter. hehee..

    kmdian glycore dan vitacid sy pakai malam harinya. penggunaanya glycore dulu trs vitacid. tp vitacid sy pake diarea jerawat aja. ga brani ke seluruh muka takut purgingnya. hehhe..

    mnrt dokter yg saya lakukan gmn? apa ada yg salah dengan cara pemakaian sy? :D
    soalnya sy pakai produk iini baru, terhitung tanggal 22 juni 2013. tks,. :D

  6. oya, ketinggalan. hehee…
    mau tanya jg. pake glycore itu ada efek perih2 gt ya? ga lama sih perih2nya cm kl aefek perih itu apa biasa krn pemakaian glycore? tks.

    kl pemakaian vitacid, krn setelah pk glycore dan ud ga kerasa perihnya, trs sejam kemudian ditimpa vitacid di area jerawat ga bgtu perih. cm kerasa kerasa ada reaksi aja pas nempelin vitacid ke area jerawat. hehe..

Leave a Reply

