Cara Gue Dapet Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP - monicantik

So as many of you may know, salah satu milestone penting yang gue targetkan di usia 20-something ini (selain menikah, meski single boleh dong berharap haha) adalah mendapatkan gelar Master dari program studi di Amerika Serikat. Setelah sekian lama menunda, akhirnya gue bergabung jadi pejuang LPDP, beasiswa paling populer di generasi milennial. Kenapa beasiswa ini cukup hits, terutama di tengah temen-temen angkatan gue, adalah karena dikenal sebagai beasiswa yang bukaannya bergulir terus dan semua di-cover, bahkan termasuk tunjangan anak-istri/suami kalau ikut nemenin ke luar negeri.  So it’s safe to say that it is pretty much a scholarship hunter’s dream.

I have always had the American dream to pursue graduate education in the US. Kenapa US? Selain karena gue pengen balik tinggal di US (dulu gue tinggal di US selama 7 tahun di masa kanak-kanak), gue amati cetakan US itu beda sama cetakan negara lain (gue kira gue doang yang merasa, ternyata temen-temen US grad school hunter lain juga berpikir begitu). Dari sekian banyak beasiswa yang ada, mulai dari beasiswa dari kantor (working in the government enables access to a government funded education right from the ministry I work in) sampai the famous Fullbright scholarship, gue memilih LPDP, bukan karena latah, tapi selain karena alasan yang gue sebutkan di atas, gue lihat LPDP akan jadi network yang oke banget, if not now, maybe in the next 15-20 years ketika para awardee ini memegang peranan penting di berbagai stakeholders.

Syukur kepada Tuhan, pada kesempatan pertama kalinya gue ikut seleksi beasiswa LPDP (tanpa memegang LoA) gue lolos dan jadi awardee. Jadi gimana cara gue nyiapinnya? Nothing special to be honest, malah, in retrospect, gue termasuk gedebak-gedebuk, as in, cukup mepet-mepet nyiapinnya (that’s why I didn’t name this post as ‘Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP’ karena gue merasa gak layak untuk membagikan tips hahaha). Sebenernya sederhana aja: cari informasi, ikuti petunjuknya, lengkapi tepat waktu. Kalau ada bingung-bingung, bisa nanya temen atau nanya gue juga boleh atau bisa juga langsung mengontak pihak LPDP, entah via telepon atau email, tenang aja pihak LPDP cukup sigap dalam merespons. Simpel kan?

Di sini gue gak akan menulis ulang syarat-syarat dan tahapannya karena semua itu bisa langsung lo peroleh di situs resmi LPDP. Di situ udah ada file-file PDF yang bisa didownload yang lengkap tentang syarat-syaratnya, dan berkas yang harus disiapin. Intinya sih harus proaktif. Sayangnya belum ada mailing list resmi yang bisa diikuti seperti yang ada di beberapa kampus yang rutin mengupdate info, jadi silahkan rajin-rajin cek situs resminya, apalagi untuk tahun 2017, sampai saat ini belum ada informasi pendaftaran dibuka, unlike tahun-tahun sebelumnya.

Step 1: Berburu Informasi, Atur Waktu, Buat Akun

Jadi hal pertama yang gue lakukan itu: berburu informasi terus gue catet dalam agenda gue, buat check list apa aja yang harus disiapin, dan deadline-deadline gue pasang di calendar di HP gue. Berburu informasi gue lakukan dengan mempelajari dokumen Panduan Pendaftaran Beasiswa, nanya-nanya temen-temen gue, baca-baca blog orang, sampe nonton video YouTube tentang LPDP. Nah setelah dapet gambaran apa aja yang bakal gue hadapi, gue atur waktu yang harus dilakukan buat persiapan. Gue tipe orang yang harus ngeliat timeline secara umum dulu biar ada bayangan range waktu gue siap-siap, terutama menyangkut persiapan berkas yang waktunya bisa lama kayak surat keterangan sehat, surat bebas narkoba, surat bebas TBC, sama SKCK. Rencana timeline juga penting buat yang udah kerja buat atur cuti/izin, kan harus diatur-atur tuh biar cuti/izin seminimal mungkin, kalo ada yang bisa dibarengin waktu buat dokumennya ya dibarengin. Nah setelah itu, secara sekarang apa-apa udah serba online, untuk LPDP pun dilakukan via online dengan buat akun buat upload-upload dokumen dan profil. Itu juga portal informasi, so I instantly bookmarked the URL on my laptop browser. Saat daftar LPDP di akun resmi, kita harus ngisi dengan jelas kita ngincer kampus apa, jurusan apa, di bidang apa, target intakenya kapan, dan udah pegang LoA atau belom.

Step 2: Siapin Berkas-Berkasnya, Kerjain Esainya, Submit Tepat Waktu

Kebetulan gue PNS, dan udah familiar sih sama dokumen-dokumen yang disyaratin kayak surat keterangan sehat, surat bebas narkoba sama SKCK. Kalau dokumen itu dikerjain secara paralel, amannya kasih waktu 2 minggu sih. Untuk LPDP, gue medical check up di RS Fatmawati karena udah pewe di situ, waktu CPNS dan pengangkatan PNS gue MCU di situ. Nah surat-surat persyaratan LPDP itu (surat sehat, narkoba, sama TBC) gak bisa diambil di hari yang sama, selisihnya kurang lebih 5-7 hari, dan tes TBC bisa dilakukan kalau hasil MCU udah keluar. Temen gue bilang ada RS yang bisa ngeluarin semuanya di hari yang sama, coba dicari-cari aja kalau emang pengennya yang cepet. Untuk SKCK sih cepet ya, gue nyampe Polres Jaksel itu siang-siang jam 11-an, jam 1-an udah beres. Oh iya, untuk SKCK sekarang udah gak perlu surat pengantar lurah, jadi langsung aja. Selain dokumen-dokumen itu LPDP juga minta skor IELTS/TOEFL. Kebetulan pas daftar LPDP gue udah ada skor IELTS yang masih fresh jadi gue pake itu aja. Untuk surat rekomendasi sama surat izin atasan, kebetulan gue udah komunikasiin niat gue untuk S2 ke atasan-atasan gue di kantor dari jauh-jauh hari dan hamdallaaah banget mereka sangat suportif, jadi untuk dokumen-dokumen itu persiapannya lancar. Untuk surat rekomendasi LPDP bentuknya formnya gitu, jadi tinggal diisi dan ditandatangan, terus di-scan dan upload ke akun.

Nah pendaftaran LPDP itu minta 3 esai. TIGA ESAI. Gue awalnya ngiranya itu pilih salah satu gitu ternyata 3 dong wkwkwk. Apa aja? Kontribusiku Bagi Indonesia, Sukses Terbesar Dalam Hidupku, dan Rencana Studi. Yang Rencana Studi mungkin bisa dibilang paling gampang ya karena itu bisa dari informasi yang di situs resmi kampus. Yang kedua pertama itu yang agak-agak butuh ilham. Ditambah lagi, gue merasa bikin esai dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris itu beda banget wkwkwk. Gue dapet tips bagus banget dari temen gue yang udah dapet LPDP sebelom gue: dia bilang gini waktu itu. ‘Mon intinya lo harus tau betul apa yang bisa membuat lo sampai di sini sekarang, ke depan lo mau apa dan apa yang harus lo lakuin buat sampe ke situ.‘  Basically kalimat ini emang basis gue memulai proses persiapan S2 sih. Di sini gue gak akan share esai gue tapi gue share flow ceritanya aja. Di esai Kontribusi gue cerita gue punya visi apa buat Indonesia, kontribusi gue lewat pekerjaan gue di kementerian, apa yang pengen gue lakukan buat membantu mencapai visi itu, perlunya peningkatan kompetensi buat gue bisa melakukan itu, dan peranan studi di luar negeri buat peningkatan kompetensi. Ya intinya kan kita punya mimpi sekolah di luar negeri, kita harus meyakinkan ke sponsor kenapa kita worth it. Untuk yang sukses terbesar dalam hidupku gue cerita tentang pengalaman gue di tingkat akhir kuliah di mana di segala kesibukan yang gue ambil, gue lulus tepat waktu, bisa manage peranan leadership dengan baik, dan menang lomba. Di situ gue cerita tantangan apa yang gue temuin dan gimana gue mengatasi tantangan itu.

Untuk 3 esai itu gue bikin 3 draft, dan gue minta direview 2 temen gue yang awardee dan lagi kuliah di US dan Belanda. Feedback itu berguna banget, karena ya mungkin mata mereka segar jadi bisa dengan cepet notice kalau tulisan kita gak jelas atau kurang kuat.  Setelah yakin, chuuuusss upload semua dokumen yang diminta! Gue inget tahun sebelumnya pas temen-temen di geng gue daftar LPDP mereka ngeluh websitenya lemot banget pas hari terakhir pendaftaran, jadi buat antisipasi itu gue udah submit sebelum hari terakhir.

Step 3: Tunggu Pengumuman Seleksi Administrasi

Yap. Nunggu. Menunggu kepastian. I guess at this stage, you’re gonna find yourself checking your online account every time you open your laptop. Nah pengumuman seleksi administrasi cukup cepet. Pas gue ikut seleksi, jarak dari deadline submit berkas ke jadwal seleksi substansi itu kurang lebih 2 minggu. Jadwal kita dapet seleksi substansi dapetnya kapan itu keluarnya gak langsung pas diumumin lolos jadi sabar dan stand by terus aja.

Step 4: Siapin Seleksi Substansi, Give It All You Got

Seleksi substansi itu terdiri dari: wawancara (2 dosen, 1 psikolog), leaderless group discussion (LGD), sama tulis esai on the spot. Karena gue pilih tes di Jakarta, ternyata seleksi substansi bertempat di STAN Bintaro, deket sama rumah gue. Kalau lo udah sering ikut tes kerja, sebenernya gak jauh beda sih apalagi untuk LGD sama interview. Untuk interview balik lagi ke: lo tau betul apa yang bisa membuat lo sampai di sini sekarang,  ke depan lo mau apa dan apa yang harus lo lakuin buat sampe kesitu. Kalau kata temen gue, be unbreakable. Gak bisa dipatahin. Jadi gue suka simulasi interview dalam kepala gue, buat ngetes jawaban gue masih bisa di-rebutt apa gak. Gue pelajarin lagi esai gue dan pelajarin tentang program studi yang gue incer: kurikulumnya, biayanya, rangkingnya (rangking sekolah itu penting buat LPDP). Gue juga baca-baca dari blog orang, di google udah banyak post yang cerita lengkap tentang pertanyaan yang keluar pas interview. Gue inget banget pas lagi duduk nunggu dipanggil gue liat kiri kanan, banyak yang udah ngetik pertanyaan-pertanyaan dan jawaban terus diprint terus dipelajari sambil nunggu dipanggil. Niat abis. Gue merasa udah cukup pede sama jawaban yang udah gue siapin di otak gue dan malah merasa lebih leluasa buat gue kembangin sendiri sambil jalan.

Begitu dipanggil masuk, gadget dicek dan dipastiin dalam keadaan mati. Ruangannya bukan bilik-bilik kecil gitu tapi aula gede, isinya meja-meja disusun. Jadi kita bisa liat interviewer dan interviewee lain. Begitu gue masuk, salah satu interviewer dosen langsung mempersilahkan gue untuk cerita. As expected, scope yang diminta untuk gue ceritakan itu: rencana ke depan, kenapa pilih program itu, cerita pekerjaan yang kemudian berkembang jadi pertanyaan lain seperti kenapa pilih LPDP, statusnya PNS/CPNS, pendapat tentang dunia migas saat ini. I think 2 questions that I remember the most are: ‘You’re smart and you have excellent English. You can secure funding from other sources. Why LPDP?’ and ‘Your school seems expensive. If LPDP asks you to change the campus/country, would you want that?’.  Pertanyaan pertama gue jawab dengan alasan yang udah gue ceritain di atas. Kalau untuk yang kedua agak mengejutkan karena gak gue antisipasi, jadi secara spontan gue jawab dengan persisten kalau gue punya American dream and I will do whatever it takes to pursue it. Untuk pertanyaan psikolog gue ditanya pengalaman menyelesaikan konflik di tempat kerja. Overall interview-nya gak tegang. Kalau denger cerita dari orang lain ada yang diminta nyanyi, ada yang ditanya pertanyaan personal (udah punya pacar, kapan mau menikah). Oya, jangan lupa kalau kampus yang diincer itu di luar negeri, interviewnya dalam bahasa Inggris.

Untuk LGD….ya standarlah kayak FGD tes nyari kerja, ini juga dalam bahasa Inggris, gue denger buat yang ngincer program dalam negeri itu dalam bahasa Indonesia. Kan leaderless, dari situ clue-nya udah jelas kalau diskusinya tanpa peranan leader. Begitu semua udah duduk, dikasih topik di selembar kertas. Waktu gue tes topiknya Brain Drain, dikasih waktu mikir dan oret-oret, terus mulai deh LGD-nya. Strategi gue di LGD biasanya gue gak dominan tapi tengah-tengah gitu. Gue dengerin dulu 2-3 orang ngomong, nah begitu ada celah, gue lempar ide segar, perkuat dengan contoh/fakta dan gue hubungkan dengan poin-poin yang udah disampein di forum. Kira-kira gitu sih.  Begitu udah bergulir, gue lanjut lagi dengerin terus kalau misalnya ada yang bisa gue lengkapi atau gue connect idenya ya gue ngomong lagi. Be clear and confident.

Tes menulis esai on the spot itu awalnya dikasih pilihan 2 topik dan disuruh nulis tentang salah satu. Topiknya kayak narasi pendek gitu. Waktu itu tentang anggaran pendidikan sama tarif jalan tol. Trust me, bisa dinalar kok. Somehow, untuk tes yang ini mengingatkan gue pada tes writing GRE, yang esai kedua di mana kita dikasih narasi dan disuruh kritisi. Kebetulan pas gue seleksi substansi, gue dapet jadwal satu hari jadi gue dateng pagi, sore-sore jam 4-an gitu udah kelar. Ada juga yang 2 hari, jadi beda-beda. Oiya kalau dapet tesnya di STAN ada baiknya bawa bekal karena agak rempong kalau mau beli makan (gak disediain makan siang, cuma kue-kue).

Step 5: Pasrah, Berdoa, Tunggu Pengumuman

Nah kalau udah lewatin 1-4, selebihnya udah Divine Intervention aja gak sih? Waktu gue seleksi, jarak waktu dari seleksi substansi sampe pengumuman itu 3 minggu. Melegakan juga sih karena gue bisa ngalihin fokus gue ke hal lain. Ya katanya sih kalau memang rejeki lo, it’s yours, if it’s not ya udah, belom aja kali.

Oke jadi kurang lebih begitu step-step yang gue lakukan untuk mempersiapkan LPDP. Saat ini gue lagi menunggu pengumuman PK dan proses berburu LoA, jadi ya kelar satu, lanjut kerjain yang lain wkwk.
Semoga tulisan gue bisa membantu ya, and if you still have questions, feel free to drop a comment below!

Loving is Like Flying

monicantik - galau

Loving is like flying.

No matter how many times you do it, it never gets easier.

You’ve done it several times but every time turbulence hits and the ride gets scary, worst case scenarios race through your mind. You imagine the horrible moment of falling to your death. You imagine the faces of your loved ones, safe and sound in the warmth of home, sweet home. Your grip on the tray table tightens as you glance at your watch every 5 minutes. You find a song on your playlist that you consider soothing, preferably a love song. You turn up the volume and focus your attention to the melody. You get so focused that you can distinguish the sound of the bass, guitar, drum, and piano. You silently pray, asking God to forgive your sins and make the plane stop shaking. You imagine God with his giant hands holding the plane through the pitch black night sky, like a little kid playing with a toy airplane. You recite the Hail Mary over and over again. There’s something about the Virgin Mary that never ceases to comfort you. And then you swear you’ll never do it again. You’ll never get on a plane again. It’s too much to handle for your fainthearted soul.

But after a while when the chance of flying again comes, you say yes. Somehow you’ve managed to forget your fear and the risks of crashing. You’ve survived before, might as well do it again. You willingly board that plane again, believing the journey that lies ahead will be worth the risk you’re taking.
– GA669 TRK-CGK; 29,000 feet above sea level

Twisted Logic

monicantik - st regis rome hotel

Sometimes you tell someone to never call you again and then the phone rings and you hope it’s them, it’s the most twisted logic of all time.

Hello there. How are you? Are you reading this? Do you still think about me after all this time? After the mess we’ve made? After the pain you’ve caused and the countless messages from my friends (and family) to stay away from you? After I ran away?

It’s been 9 months since we met and talked for the last time. I blocked every possible avenue for you to reach me. I even changed my number. Finally after years of going back and forth, I did it. I made my grand exit.

Thank you though. This time you let me walk away in peace. Thank you for that.

It’s weird. I’ve been thinking of you these past few days. I saw a guy on TV that has a striking resemblance to you. The way the corners of his eyes wrinkle when he smiles, well it’s exactly like yours.

Are you okay? I hope you are.

I sincerely hope you found a replacement. I pray everyday God sends you one. I haven’t found mine yet, perhaps God doesn’t think I’m ready yet. Well, I feel ready, but I don’t know… maybe I have to open up more? The time I spent with you changed me. I am more quiet now, more reserved. There was a time that I felt I was becoming numb.

Whatever, it’s probably just me overthinking, as usual.

45 Minute Getaway

monicantik - Sundays Beach Club

I don’t need to teleport to Bali, Paris, or Moscow for a quick getaway. Hearing my phone ring and seeing your name on my phone screen, calling to say hi and how my day was is the equivalent of a getaway. To me, a 45 minute, 15 minute, or even a 1 hour call from you is equivalent to a getaway.

The warm hello coming from the other end of the call emanates the excitement of boarding a plane to the getaway destination.

Making you laugh radiates the same happiness as feeling warm Uluwatu sand between my toes and the cool water splashing against my skin.

Hearing your stories reminds me of the crisp air of Budapest in winter time: fresh and soothing.

The comfortable pauses of silence in between are delicious. Silence does not bother us. Hearing you breathe (not in a creepy sense) reminds me of taking a night stroll in Vienna.

I look forward to your call the same way I look forward to my annual vacation.

Can we savor this while it lasts?

Can this be preserved and be saved in a capsule, to open from time to time?

Recent Change: Hair

Rambut before after

Before: rada panjang; After: abis dirapihin

Katanya, potong rambut itu buang sial.

Jadi, ceritanya gue abis motong dan ngecat rambut!

Kalau soal potong, emang udah waktunya sih. Setiap tiga bulan, udah wajib hukumnya rapihin rambut ke salon langganan gue di Irwan Team, Bintaro Xchange, sama stylist langganan gue, si Om Thio. Entah kenapa rambut gue udah cocok banget dipegang doi, jadi udah beberapa tahun belakangan untuk urusan potram, gue gak memercayakan ke tangan orang lain selain doi. Dua minggu terakhir gue perhatikan kok rambut gue udah mulai gak jelas bentuknya, terus pas cek tanggalan oiyak udah waktunya trimming!

Image result for hair gif

Rambut gue tipis, teksturnya halus dan mengkilap, tapi tipis. Rontok sih gak terlalu, sejak gue pake sampo DS 10 (bisa beli di Guardian, botolnya kuning dan harganya sekitar 300 ribuan) dan pake semprotan hair tonic Klorane (waktu itu beli di Changi lagi promo, 3 botol sekitar 110 SGD).  Karena tipis itu lah, perlu trik-trik hair style buat bikin keliatan bervolume. Gue juga merasa rambut itu signifikan banget untuk nge-frame wajah. Berhubung gue orang Batak dengan rahang kotak dan pipi chubby karena gue gendut, kalo rambut deket muka udah gak jelas ngeframenya (dan biasanya emang setelah 3 bulan gak potong), gue langsung merasa risih dan pengen cepet-cepet rapihin. Hair stylenya simpel aja, poni panjang (sebenernya gue gak yakin masih bisa dibilang ini poni apa nggak) dan dilayer.

Image result for beautiful hair gif

Nah selain potong rambut, gue juga ngecat rambut, tapi kali ini gak di salon. Ini sih udah lewat waktunya. Gue terakhir mewarnai rambut itu sebelum dinas ke Italy bulan Desember lalu, di Irwan Team juga. Dan beberapa kali dalam 3 bulan terakhir di rendam pake daun henna atau daun pacar. Jadinya hasilnya coklat-coklat gitu deh. Waktu itu niatnya supaya kece aja difoto, rambut gue hits ala ala, warna cakep gitu. Dan gue sukaaa banget warna rambut gue waktu itu. Tapi berhubung udah berlalu 8 bulan, yhaaa, warnanya udah turun, sampe gue disangka ngombre karena yang deket akar coklat tua (rambut asli gue memang bukan hitam Sunsilk gitu tapi coklat tua), yang bawahnya coklat muda nyaris pirang. Akhirnya sama nyokap disuruh cat sendiri aja di rumah gak perlu ke salon, lebih murah ceunah. Jadi nyokap gue juga suka bereksperimen warna rambut, dia abis nyobain cat rambut dari L’oreal. Nah abis nyobain katanya enak, dan gak bikin rambut kasar. Jadilah gue nyoba juga, L’oreal Excellence yang warna Moka Brown. Kebetulan di Guardian lagi promo gitu jadi sekitar 97 ribuan. Who doesn’t love promotions right? Warna di kotak sih coklat sedang gitu, gak terlalu gelap dan gak terlalu terang juga. Pas sesuai salero gue. Setelah dikerjain di rumah dengan mengikuti instruksinya, voila hasilnya rada item hahahaha. Tapi bagus sih, kata nyokap jadi keliatan lebih muda dan sexy gitu ketimbang rambut coklat yang udah mulai mirang. Terrruuuuusss yang gue suka banget adalah rambut jadi halus mengkilap gitu! Luv banget deh. Sebenernya gue masih pengen ngewarnain yang lebih coklat lagi tapi mungkin dalam 2-3 bulan ke depan, probably sebelum Natal.

rambut

Before: rada coklat pirang; after: Coklat tua nyaris item

First eMatrix Experience

Monicantik - eMatrix

Kiri: ceritanya foto before; Tengah: abis diolesin anestesi; Kanan: di jalan pulang setelah di-eMatrix

 

So after a long time procrastinating, I have finally summed up the guts (and cash lol) to have an eMatrix treatment! Kenapa eMatrix? Down timenya pendek (gak perlu sampe cuti segala, ribet buat kita-kita yang punya komitmen pekerjaan yang sulit ditinggal).

As many of you may know, I struggled with a really bad phase of acne in my high school years, which cleared up in my first year of university setelah pindah ke dr. Rani. Ketika gue berjerawat di masa-masa SMA itu, gue berobat ke Titi Moertolo dan mengikuti sarannya untuk difacial, di mana ternyata, mengutip masukan yang gue terima, malah bikin scars di muka gue, dan scarsnya bukan yang discolored, merah atau item gitu, tapi yang cekung-cekung, jelek, bikin gak pede, dan butuh upaya (dan biaya lebih) buat menyamarkan (syukur-syukur bisa hilang, tapi dengan teknologi yang ada sekarang gue gak yakin bisa hilang 100%, tapi kalau bisa samar 60% kan kenapa nggak, ya kan?).

Gue akhirnya secara impulsif dan tanpa rencana, memberanikan diri ke klinik Dokterkulitku di Kemanggisan. Sebenernya sekitar setahun lalu gue pernah dateng, ya tes ombak lah, udah konsultasi tapi belum treatment. Kebetulan sempat ada waktu kosong, gak cuma buat treatment, tapi buat ngerem diri di rumah nunggu merah-merah pudar. Yaudah tanpa pikir panjang, gue sikat aja. Memang di saat gue dateng bukan pas lagi ada maraton, tapi kebetulan lagi sepi juga. Sehari sebelum treatment gue udah nelfon baiknya dateng jam berapa, dan dianjurkan buat sampe jam 11, untuk dioles krim kebal (anestesi) dan didiamkan selama 1 jam, dan pas dokternya dateng jam 12, gue udah bisa dikerjain. Oke, gue ikutin saran Mbak-Mbaknya.

Pas dateng, dipersilakan naik ke lantai 2, tiduran, muka gue dibersihkan dan diolesin  krim anestesi (di foto atas yang tengah). Bisa diliat dia gak ngoles semuka-muka, karena yang dioles hanya problem area yaitu yang ada scar dan akan diematrix. Sensasinya agak perih-perih dingin gitu. Setelah itu gue ditinggal deh sekitar satu jam (dan ketiduran hahaha). Kebetulan pas gue dateng agak sepi, gue pasien urutan kedua. Jadi setelah sejam lebih dikit berlalu, giliran pasien pertama, dan abis itu baru gue. Deg-degan sih mayan, soalnya pengalaman pertama laser di dr. Rani dua tahun lalu, itu sakit banget. Gue ngecengkram tangan nyokap sampe super kenceng gitu kasian doi  ikut kesakitan. Mbak-mbak yang ngolesin krim menenangkan gue dengan bilang, sakitnya masih kalah sama sakit difacial. Seperti biasa, gue yang skeptis ini gak bisa menelan klaim itu bulat-bulat. So I expected the worse aja.

Akhirnya tibalah giliran gue. Ruang pengerjaan eMatrix itu ada di lantai pertama, dan treatment ini dihandle langsung oleh dr. Simon. Muka gue disiapin, krim anestesinya dibersihkan dan voila, siap untuk dibakar! Setelah satu jam diolesin, emang berasa kaku dan numb sih kulit muka gue. Alat ematrix itu kecil, dan tanpa basa basi, dr. Simon langsung mengaplikasikannya ke kulit muka gue. Berhubung tindakan nggak didahului sama konsultasi jadi gue sembari nanya-nanya. Dr. Simon agak kaget melihat scars gue yang dalam, dan menganjurkan supaya gue treatment 6-8 kali, dengan gap sebulan sekali. In terms of pain, surprisingly, sakitnya gak separah laser di dr. Rani. Masih sangat sangat tolerable. Kecuali di beberapa area yang dalem di mana Pak Dokter agak berulang lewatinnya. Bener sih, sakitan facial hahaha. Gue kalo facial nangisnya bisa heboh, pas kelar eMatrix sih ya mata kiri berair dikit tapi udah aja gitu. Terus setelah kurang lebih 15 menit kelar deh. Kebetulan, area muka gue yang bermasalah gak gitu luas, di pipi kiri, pipi kanan, sama jidat tengah dikit di antara alis. Jadi cepet deh kelarnya.

Selesai pengerjaan, gue dikasi serum Growth Factor, dalam kapsul-kapsul mirip vitamin rambut gitu. 3 hari pertama harus pake itu dan gak boleh pake krim malem. Oiya salah satu hal yang gue suka dari treatment di Dokterkulitku selain down time yang relatif pendek dan sakit yang tolerable (nyaris tidak ada rasa sakit), adalah pasien gak harus migrasi ke produk-produk/krim Dokterkulitku. So basically you can stick to your own skin care regime, mau dari dokter lain kek atau merek apa, selain untuk 3 hari pertama setelah treatment. Sabun pun pake sabun muka kita sendiri aja.

And the most important thing….hasilnya. Well, we’ll see. It varies from one patient to another, dan gue belum sampai posisi untuk bicara hasil. Mungkin setelah 4 minggu baru keliatan (kalau baca-baca di website Dokterkulitku). Tapi hasil obrolan dengan dr. Simon dan Mbak-Mbak yang ngolesin anestesi sih, dari pengerjaan pertama, improvement sudah tampak, tapi ya levelnya beda-beda aja tiap orang, ada yang 30, 40 bahkan 60 persen. Gue sih gak mau ngarep muluk-muluk, ya kata dokternya aja harus 6-8 kali yaaa mau ngarep apa sih setelah pengerjaan 1 kali? Well, setidaknya gue udah gak penasaran lagi sama treatment eMatrix.  I will update with the results (terutama pembuktian down time sih yang paling penting, apalagi buat kita-kita yang on the go dan agak malu kalo beraktivitas dengan muka merah). Dan yang pasti setelah treatment pertama kali ini gue udah pede untuk melangkahkan kaki lagi ke Kemanggisan untuk treatment lanjutan!

Buat yang concern soal biaya, di Dokterkulitku cukup fleksibel. Treatment bisa menyesuaikan dengan budget. Jadi kalo budget lo 1 juta, misalnya, ya nanti tindakannya porsinya ya 1 juta. Berhubung gue merasa nanggung udah jauh-jauh dan susah nyisihin waktu, ya gue pol-in aja gak pake budget. Info dari Mbak-Mbak di kliniknya sih, rangenya bisa ratusan ribu sampai 4 juta. Gue tadi abis 2,6 juta (untuk ematrix doang, di luar serum dan administrasi).

In a nutshell here’s a summary of the treatment:

Time spent: 90 minutes
Cost: 2.7 mio IDR (around 200 USD)
Level of pain: 4 out of 10
Post treatment products: Growth Factor (3 capsules)
Down Time (not yet proven): 3 days

To Sleep is To Forget

a

To sleep is to forget how we can’t share a beautiful view like this.

To forget the could-haves, would-haves, and what-ifs.

To forget the sound of your voice waking me up at 3 AM to catch my morning flight.

To forget the sound of your laugh after asking me a silly question. God, I miss your laugh.

To forget the disappointment you have caused.

To forget the miscarriage of hopes and expectations.

To forget that sinking feeling in my chest.

To sleep is to forget.

Pertama Kali Ambil IELTS

Setelah postingan Cara Dapet Skor TOEFL Tinggi Tanpa Les yang gue tulis 3 tahun lalu, kali ini setelah banyak request, gue mau nulis tentang IELTS! Jadi bulan Juli lalu gue pertama kali ambil IELTS.

Why?

Salah satu sekolah yang mau gue apply untuk S2 mensyaratkan IELTS, bukan TOEFL.

Seperti biasa, gue nggak les. Dalam rangka penghematan (hahaha) dan gue pede untuk IELTS nggak les (lain cerita untuk GRE yang gue les di Pascal). Piece of cake lah ya, dengan sombongnya gue pikirkan dalam benak gue. Gue nanya temen yang pernah IELTS dan TOEFL IBT katanya sih gampangan IELTS. Jadi gue agak ngentengin sih to be honest hahaha, apa karena suasana libur Lebaran juga ya, hmm entahlah. Gue ambil IELTS sengaja abis libur Lebaran biar libur Lebaran bisa gue pake buat belajar. Kerjaan gue cukup demanding, dari pagi jam 7 gue udah nangkring di kantor sampai malam jam 8, dan gak jarang juga pas weekend kerja juga, gak cuma di Jakarta tapi keluar kota/negeri, jadi libur seminggu itu bagai oasis di padang pasir. YES A WHOLE WEEK FOR ME! Berhubung gue gak suka liburan saat public holiday karena pasti rame pisan, what better way to use a week off than to study right?

Jadi kira-kira dua minggu sebelom tes gue daftar IELTS di IDP Pondok Indah karena deket rumah. Bayarnya 2,85 juta (mahal cyin), dan gue dapet tes di Hotel Mercure TB Simatupang. Oh iya, a little note, I wasn’t aware of this when I registered there, ternyata ambil IELTS di sana cukup rempong. Untuk semua section selain Speaking dilakukan di venue Hotel Mercure, sementara untuk Speaking dilakukan di kantor IDP Pondok Indah yang di Margaguna Raya (di ruko-ruko depannya pom bensin deket PIM 1 itu). Jujur gue baru tau itu pas ditelfon petugas sebelum tes dan sempet complain juga. Karena dalam bayangan gue, dalam suasana tes kan, si peserta psychologically harus dalam keadaan tenang. Kalau harus pake pindah tempat, iya gue tau dari segi jarak dekat, tapi dari TB Simatupang itu kan lalu lintasnya padat, ya itu menambah stress juga (tidak disediakan shuttle). Terus giliran Speaking itu baru ketauan pas kita tes, di hari-H. Gue dapet giliran pertama jam 12 siang hahaha ya bagus sih, gak harus digantungin sampe sore. Tapi jadinya kelar tes yang Listening, Reading, Writing jam 11.45-an gue langsung fast and furious ke tempat tes Speaking (yang ternyata sampai sana juga nungguin panitianya tiba dari Mercure ke IDP). I think this is an important thing to consider sih, kalau gue retake, honestly, under these circumstances, akan gue pertimbangkan opsi lain yang semua section sudah secure di bawah satu atap.

Okay let’s move to independent preparation. Sama kayak TOEFL, bagi gue, buku yang cocok itu bobotnya gede banget  untuk menentukan tesnya berhasil atau nggak. Apa buku yang gue pake?

How to Master the IELTS

BUKU INI ENAK BANGET DIPAKE!

Kenapa?

Berhubung gue gak les, ya sumber terpercaya gue yang bisa nge-guide ke jalan yang benar adalah kunci jawaban! Kunci jawaban yang gak sekedar huruf jawaban tapi lengkap dengan penjelasan. This book has that, so that brings me to the conclusion that this book is awesome.

Gue menerapkan trik yang kayak toefl: latian soal terus. Tapi dalam persiapan karena suasana liburan gue sempet mood-moodan juga, jadi belajarnya sebenernya kalo diitung-itung efektifnya cuma 8-10 jam kali ya kalau diakumulasikan. Latian soal reading, latian soal listening, sama nontonin video speaking sambil fitness. Gue gak latian writing sama sekali…………which turned out to have an impact on my results. Pas hari H, esai Writing Task 2 gue gak kelar, karena salah strategi pembagian waktu (padahal di awal pengawasanya udah bilang, porsi Writing Task 2, bikin esai dengan topik, lebih gede dari Writing Task 1, ceritain isi tabel/chart/grafik tapi dalam eksekusi seperti biasa, sisi perfeksionis gue merasa WT 1-nya kurang lengkap dan gue terlalu focused on making the essay sophisticated dengan kalimat beranak pinak dan kata-kata advanced). Alhasil di Writing Task 2, gue udah sampe paragraf kesimpulan, udah memasuki kalimat kedua, eh waktunya abis. Daripada gue kehitung curang dan hasil gue gak keluar karena gue masih nulis padahal waktunya udah abis, yowis… Aku relakan!

Selebihnya untuk reading, listening, dan speaking relatively mudah sih. Kalau udah ngerasain TOEFL IBT, I bet you’ll say the same. Di IELTS gak ada section yang integrated: listening, reading, writing. Most answers are given, paling yang tricky adalah penyamaan persepsi kita dan pembuat soal. That takes practice. Untuk Listening yang tricky adalah mendengarkan logat British/Aussienya. Terus speakernya itu 1 buat rame-rame di ruangan, bukan di headset. Jadi harus fokus ekstra sih.

Speaking sih, cincailah. Banyak nonton YouTube dan santai aja. Gue pas speaking, ya kurang latian juga, jadinya gue inget banyak ‘umm’ dan ‘like’ (yeah that made me sound like a high school teenager). Oh iya, speaking di IELTS itu kan sama orang beneran ya, unlike TOEFL IBT yang kita ngomong di headset. Bagi gue sih enakan sama komputer hahaha, tapi dari segi substansi jauh lebih mudah speaking IELTS. Kayak ngobrol sama temen aja gitu. Gue pas Speaking dapet topik tentang pengalaman di kala orang lain minta maaf sama kita. EAAAAK. Speakingnya curhat. Mosok ceritain mantan, nanti keluar tes mewek-mewek pulak ye kan. Jadi ya gue karang-karang aja cerita yang acceptable untuk konteks tes dan punya ruang untuk improvisasi dan menggunakan kata-kata sophisticated.

Jadi berapa skor tes IELTS gue?

Dengan persiapan satu minggu (yang efektifnya 8-10 jam) tanpa les, gue mendapat overall band score 8.5.

Dengan rincian yang bisa dilihat di gambar di bawah. Gue gengges sama skor Writing yang 7.0 (sementara salah satu sekolah yang gue targetkan minta 7.5 di semua section….so I do have to retake the IELTS, syedih gan). But overall, gue cukup senang dengan hasil gue, cukup senang tapi belum puas.

Skor IELTS Monica

Skor IELTS Monica: Overall band score 8.5 (tapi writingnya bikin gengges, cuma 7 karena esai gue ga kelar)

Jadi sekian sharing pengalaman IELTS perdana gue, jangan malu atau ragu untuk bertanya-tanya (semoga gue bisa jawab juga haha).

On the Repit Hot Brush

After years of having long hair and holding on to the belief that it suits me best, I have finally cut my hair shorter than its usual length. After the chop came another challenge: making it look good everyday. That’s the role Repit’s hot brush plays in my life now.

It all began after meeting up with my best friend when he told me how I needed a new hairstyle. After doing a little research and noticing how going from long to short is currently the hottest hair trend, I did it! I went to my favorite hair stylist, Om Thio from my go-to salon, Irwan Team in Bintaro, and he did his magic. Voila!

After a few days of adjusting to my new hair, I discovered that my hair length didn’t go very well with my naturally wavy hair. That’s a thing I love about having long hair, at least I’ve always thought long hair requires less maintenance. That’s when I decided that I need to learn how to style my hair, but with a routine that’s quick and easy.

I went to the mall and walked directly to the hairstyling tools section. I did a little research on Youtube and I had a few brands in mind, but honestly Repit wasn’t one of them. I chatted with the store attendant and she recommended me the Repit brush. The store had 2 kinds: the 2 in 1 flat iron and brush and the hot brush. I never use flat irons because I’ve always thought that they make my hair look flat, so I ditched the 2-in-1 brush and opted for the hot brush instead. I chose the 32mm hot brush because I like large curls instead of small ones. The store attendant told me it was all the rage with beauty bloggers writing reviews on it like Andra Alodita and Lizzie Parra (of course I didn’t know that because I don’t read their blogs regularly). So while the store attendant performed trial runs on my hair, I read how positive the reviews were and boom! I walked out of the store with a Repit hot brush in my shopping bag. It cost me IDR 1.9 million (about 143 USD).

So here are some photos to give you a picture of the steps of my (now) daily hair routine.

The steps

After washing my hair using Peter Thomas Roth Mega-Rich Shampoo, I spray heat protection product on my damp, towel dried hair. The product I use is Tresemme Keratin Smooth Flat Iron Smoothing Spray. The last thing I need is my hair to be damaged due to my new routine.

After spraying the product, I blow dry my hair until it’s dry (photo on the top left). The store attendant told me that for best results using the Repit Hot Brush is using it on dry hair, and I tried using it on 50% dry hair and the results weren’t as great. Once my hair is dry, I run my fingers through my hair and comb it (photo on the top right, before combing).

This is when the Repit hair brush comes in. If you watch videos you’ll see ladies dividing their hair into sections and clipping them. Well, I guess I’m just too lazy or in too much of a hurry to do that, so I dive right in, rolling a section at a time (photo on the bottom left). I usually start with the bottom of my hair and roll it inwards. For volume, I do the upper part of my hair last. The Repit hot brush has four temperature settings, all in degrees Celsius: 130, 150, 170, and 190. For maximum staying power, use the highest temperature. I never use the highest temperature because I’m still not comfortable using it that hot, so 150 and 170 is enough for me. Besides, my hair is already soft and the strands are thin, so experience shows that those temperatures prove to be sufficient.

So let me weigh in the pros and cons of the Repit hot brush.

Pros:
  • It saves you a lot of time. It only takes 2 minutes to heat. No need to go to the salon for a blow out!
  • It’s very easy to use. You are in full control of the movement of the brush.
  • The bristles are not heat conductors, so you can actually touch them when you use the brush.
Cons:
  • Honestly, it is pricey for a brush, right? But don’t worry, many stores have 0% credit card installment programs.
  • For a frequent traveller like myself, it doesn’t come in a travel friendly size. It’s pretty big to put in a suitcase/travel bag.

But all in all, it’s 4.5 of 5 to me (the non-travel friendly size was a significant let down). So after using the brush in all parts of my hair, voila!

Repit Review Monicantik_2

Not bad, right?

Untuk Kamu yang Aku Tinggal dengan Diam-Diam

M

Matthias Church, Budapest, 2015

It’s strange how a song,  a scent, a face of a stranger, or a nuance can sound an alarm in your brain to revisit a certain memory. It reminds of you of an occurrence you have kept hidden for a while, tucked under layers of distractions. In my case it’s the following lyrics of a new single released by one of my favorite Indonesian musicians: “Izinkan aku pergi dulu, yang berubah hanya tak lagi ku milikmu.” Listening to the whole song from start to finish, it’s obvious how I’d strongly relate to it. And you, kamu yang aku tinggal dengan diam-diam, mungkin merasa hal yang sama ketika mendengar lagu itu, meski dengan perspektif berbeda, di lagu itu aku menjadi aku, dan kamu menjadi kau. Ironically, though this memory was evoked by this song, Pamit which literally translates to saying goodbye, that is exactly what I didn’t do. Aku tinggalkan kamu dengan diam-diam, which happens to be the exact opposite of pamit.

“Sudah coba berbagai cara agar kita tetap bersama.
Yang tersisa dari kisah ini hanya kau takut kuhilang.
Perdebatan apapun menuju kata pisah.” – Tulus 

Our bond was like cancerous cells, spreading to all parts of the body. Leaving it weak and in pain. It made me grow bitter instead of grow better. It was a gas chamber and I was gasping for air.

Respect yourself enough to walk away from anything that no longer serves you, grows you, or makes you happy.

I did what was necessary.

Untuk kamu yang aku tinggal dengan diam-diam, what I did was an attempt to save myself. Bear in mind that we, both you and I, deserve to be happy. Why hold on to something that is not worth holding on to?

So you may or may not be reading this, forgive me for saying goodbye this way. Forgive me for vanishing and keeping silent all this time, leaving you wondering what you did wrong (and if you’re still wondering, well..I don’t know what else to say). Well honey, you did me wrong. Big time. But I’m not writing this to rant on how much you hurt me and the permanent scars I have because of you. We have had enough fights that ended in tears and bitterness.

So, I am writing this as an effort to detach, to let go. I am writing this as a part of my struggle to forgive you. I am writing this to confront that struggle. To confront that it is not something that happens over night. Has it been weeks? Months? Nonetheless, I owe it to myself to do so.

We met for a reason, either you’re a blessing or a lesson.

Between those two, I guess it’s pretty clear which fits our scenario. I hope life treats you kind. You will always be in my prayers.