Film Jerman Keren!

The White Massai

The White Massai

Tadi pas pelajaran bahasa Jerman, kita nonton DVD Jerman, Die Weisse Massai, atau dalam bahasa Inggris ‘The White Massai’. Sayangnya karena bahasa Jerman gue dan teman-teman kurang mahir dan tidak ada subtitle English apalagi Bahasa, ya kami mengerti film dari plok gambarnya aja. Frau juga membiarkan kita menikmati film dengan modal bahasa Jerman kita dan berusaha mengerti sendiri. Filmnya cukup unik! (GUE BERSYUKUR SABTU INI GUE GA BOLOS. Jadi gini ceritanya, tadi malem, gue dan si BF ada masalah, jadi gue nangis ampe tidur ampe pagi, padahal sabtunya which is HARI INI gue ulangan math notasi sigma sama deret aritmatika. Gue tadinya minta ama nyokap gausah sekolah belum belajar, tapi karena inget hari ini Jerman nonton film ya bikin semangat. Selain itu gue juga yaudalah hajar bleh aja, jangan pecundang lari dari masalah.) Well lanjut! Jadi ceritanya tentang si Carola si cewe Switzerland sama Stefan, pacarnya yang lagi ke Nigeria. Kata Frau sih ini BOTS atau Based On True Story.

Jadi begini kurang lebih alurnya.

Hari terakhir Carola di Africa–>ketemu cowo Afrika tulen namanya Lemalian–>mereka hang out pas malem terakhirnya di club dan dansa bareng–>Carola memilih untuk ga pulang–>ngejar Lemalian ke kampungnya–>ketemu Lemalian terus mereka had sex (graorrr, film ini tidak baik ditonton anak di bawah 17tahun,karena adegan itu cukup eksplisit.)–>Carola balik ke Swiss mau minta ijin dan say goodbye ke keluarganya–>carola dan si cowo afrika,Lemalian kawin–>Carola mulai menemukan kejanggalan-kejanggalan pada budaya Afrika–>Carola bikin toko buat menyambung hidup–>Carola hamil–>Carola melahirkan sendiri–>Carola mengalami KDRT–>Carola ga tahan,terus dia pulang ke Swiss jadi single parent.

Film ini dengan bagus menggambarkan Cross-Cultural Love. Si Carola yang dari negara maju, salah satu negara terkaya, dan liberal dan mengenal persamaan hak wanita dan pria dihadapkan dengan budaya bener-bener bertolak belakang. Dia mengalami cultural shock. Misalnya pas setelah dia kawin dia kaget ngeliat cewek 15 tahun kepalanya digundul terus dia mau kawin jadi dia dikumpulin di tengah-tengah ibu-ibu tua dan dia disilet. Ga diperlihatkan apanya yang disilet tapi kayaknya sih dia disunat. Cobaa bayangin! Cewe men disunat, BEHH! Terus ada lagi. Dia ketemu cewek yang lagi kesakitan karena mau melahirkan. Ga ada yang mau nolongin dia. Bukannya ga mau, tapi emang ga boleh. Cewe harus melahirkan sendiri. Jadi si Carola nganterin dia sampai ke balai kesehatan. Padahal dari selangkangan tu cewek udah ada tangan bayi. Tapi karena udah terinfeksi banyak debu dan emang medan perjalanan yang ditempuh ga karuan si ibu dan bayi mati. Di film itu juga keliatan banget kalo si suami, Lemalian super cemburuan dan dia ga ngerti hak-hak wanita. Emang film itu dengan kuat menunjukkan pribadi pria jaman dulu yang posesif sama cewenya. Sayang karena waktu bahasa Jerman emang terbatas jadi nontonnya ga ampe abiss.

Sebenernya film ini ada ga masuk akalnya.. Masak gara-gara beberapa jam bersama di club si Carola memutuskan buat ga pulang dan jatuh cinta sama Lemalian. Dan dengan mudahnya keluarganya ngasih? Dan ga ada penolakan dari lingkungan si Lemalian? Ya mungkin emang love at first sight dan keluarganya SEGITU LIBERALNYA.. Keren-keren..keluarga gue apalagi nyokap gue sih kalo gue mau kawin sama orang luar negeri aja nih, atau sempit lagi deh orang beda agama atau orang beda suku aja BEHH,,jangan harap! hahaπŸ˜€

Therefore, dengan nonton film itu, gue sangat bersyukur dilahirkan ke dalam keluarga Indonesia di zaman peradaban so called modern!

Gue merekomendasikan film tersebut, mungkin di Indonesia belum dijual karena Frau aja dapetnya dari temennya dan temennya beli di Jerman. >.< mungkin di Youtube ada kali, pokoknya nonton deh! Bener-bener membuka mata.

3 thoughts on “Film Jerman Keren!

  1. wah filmnya tentang budaya ya….!! emang seh susah ngerti budaya orang, apalagi kalau kita masuk ke dalam tanpa mengerti terlebih dahulu. oh iya kalo ada filmnya boleh dibgai dong hee..he bukan dibajak lho, dibagi!

    salam kenal y

  2. haha iya emang. that’s why aku ga mau kawin sama bule. ahha budaya beda mah susah. hehe
    wah kayaknya ga dijual di indonesia deh coba cari aja di youtubeπŸ™‚
    nice to meet you

    • sehr interessant..
      sebenarnya ada banyak film2 jerman yang seru, Z.B: Good bye Lennin, das Parfum und die andere.
      kebetulan saya ngajar bahasa Jerman juga..
      salam y sama Fraux Monic.πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s