I <3 MY SCHOOL LIBRARY | KERENNYA PERPUSTAKAAN SEKOLAHKU!

keren kan?

emang perpustakaan baru SMP dan SMA Santa Ursula Jakarta tahun ini resmi dibuka dan bisa diakses murid-murid, guru, staf, dan bahkan alumni SMP dan SMA Santa Ursula Jakarta. Perpustakaan ini adalah sebuah gedung terpisah dari gedung sekolah SMP dan SMA Santa Ursula Jakarta. Perpustakaan ini memang sangat-sangat kerenn! Meskipun sekolah gue berumur lebih dari seabad, persisnya tahun 2009 nanti 150tahun, tapi Sanur tetap up to date dengan perkembangan teknologi! Untuk hal ini salut deh. Ya seneng aja, ga sia-sia bayar mahal-mahal, karena jelas duitnya kemana dan gunanya pun sangat sangat terasa.

Pertama-pertama pas masuk ada scanner gitu (kayak di toko-toko di pintu masuk yang bunyi kalau ada yang ketauan nyolong)…NAH! kalau misalnya ada anak yang ga meminjam buku dengan prosedur alias menyelipkan buku itu ke dalam tasnya, wah pas keluar bunyi deh tit tit tit tit..,haha. Tapi belum ada sih yang secara sengaja. Palingan kebawa secara sengaja karena buru-buru udah dijemput, haha. Terus pas masuk kita harus ngescan barcode yang ada di kartu pelajar kita di komputer absensi. Kalau barcodenya udah kescan tertera deh nama, alamat, nomor induk, bla bla bla. Terus udah deh kita bisa ke perpusnya. Perpustakaan kita lantainya ada 4. Lantai 1 itu semacam lounge lah. Isinya sofa-sofa banyak banget sama koran hari ini, dan majalah-majalah terbaru, dan tabloid, dan jurnal terbaru. Kayaknya kita langganan banyak majalah gitu deh, soalnya ada Nat.Geo, Reader’s Digest, Kartini, Gadis, Hai, Bola, Info Komputer, Gatra, Tempo, bahkan waktu itu gw baca2 majalah Elle, Harper’s Bazaar, dan masih banyak lagi.. Buku-buku juga diperbaharui terus… Jadi di lantai satu deket tangga kayak ada Buku-buku baru yang dipajang. Emang itu kusus tempat buku baru, jadi emang persis kayak buku baru yang di toko buku. Juga ada semacam panggung pendek kayu gitu dengan bantal-bantal besar untuk anak-anak yang demen tidur-tiduran atau lesehan sambil baca-baca. Di lantai satu juga ada counter librarian, yaitu di mana para petugas memproses buku yang mau dipinjam atau dibalikin. Di counter itu juga ada tempat penitipan barang. Emang udah kayak di toko buku besar aja. Lantai 2 itu berisi buku-buku fiksi sama sastra. Nah di tiap lantai ada beberapa komputer yang emang khusus buat nyari buku. Jadi tinggal ngetik judulnya atau pengarangnya atau satu kata aja yang ada pada buku itu, keluar deh nanti bukunya, letaknya, dan status peminjamannya.

Di tiap lantai juga ada meja-meja panjang buat bikin tugas sepulang sekolah. Di lantai dua khususnya ada semacam kelas, isinya kursi lipat yang ada mejanya banyak, sama rak-rak buku juga. Di situ ada komputer sama LCD proyektor. Mungkin kalau persediaan di sekolah udah dibooking semua jadi ruangan itu bisa jadi alternatif.. Lantai 3 itu isinya buku-buku nonfiksi, ensiklopedia, kamus-kamus, dan lainnya deh biasanya buat cari tugas…juga ada year book, sama karya tulis para alumni. Di lantai 3 itu paling banyak sofa sama mejanya. Lantai 3 ini sangat PEWE buat bikin tugas kelompok pulang sekolah. Tinggal bawa laptop aja, sama adaptornya, di deket meja-meja ada colokan jadi enak buat laptop. Di perpustakaan tersedia wifi jadi tinggal beli voucher sama petugas perpustakaannya. (huhu ga gratis >.<) di lantai 3 ini juga ada WC sih jadi gausah ke wilayah sekolah buat pipis.

Nah lantai 4 itu lantai yang banyak banget komputer sama ada 2 LCD HD TV. Sebenernya di lantai satu deket kantin udah ada ruangan multimedia yaitu semacam lab komputer sama ada kayak semacam ruang bioskop gitulah buat nonton, tapi ini dilengkapi lagi karena sering kali multimedia itu komputernya ga cukup karena dishare SMP dan SMA. Kalau jam pelajaran akses internet di lantai 4 itu gratis tapi kalau udah jam istirahat sama jam pulang sekolah bayar. Oya, di lantai 4 itu ada koleksi VCD dan DVD. Jangan sangka itu VCD dan DVD ilmu semua, tapi juga ada film-film romantis, komedi, yang sesuai umurlah tentunya jadi kadang kalau lagi nganggur dan males pulang tinggal ke perpus aja nonton DVD di komputer, haha. LCD HD TVnya itu dilengkapi kabel TV Indovision, dan bebas bisa ditonton, boleh pulang sekolah, jadi silahkan aja haha. TV-TVnya juga dilengkapin sama wireless headphone jadi ga mengganggu orang lain kalau nonton. Gue pernah tuh pas pulang cepet dari sekolah dan gw males pulang yaudah naik aja ke lantai 4 terus gw nonton Project Runway di Discovery travel and living sama nonton MTV. Haha..

Ya kurang lebih begitu sih…makanya kita paling seneng kalau pas jam pelajaran ke perpustakaan. Biasanya jamnya Bahasa Indonesia. Atau pas guru ga bisa hadir kita biasanya ke perpustakaan untuk bikin tugas yang ditinggalin guru itu.

Gue berharap semua anak-anak SMP dan SMA Sanur bisa menjaga deh ‘harta’ bersama yaitu si Perpus tercinta. Karena sayang banget udah keren-keren gitu tapi cepet lapuk. Jadi tergantung sikap menghargai masing-masing orang, sama sense of belongingnya sih. Untung aja di dalem perpus sama sekali ga boleh ada makanan…

Sekian deh tentang si lovely library..oia terahir…gue suka banget pemandangan di perpus, gw lupa persisnya lantai berapa tapi ada pemandangan istiqlal, jalanan jakarta…karena jendela-jendelanya gede, udaranya adem ayem pake AC, dan penerangannya bener-bener pas……I score my school’s library a 10 out of 10.!

mon<3sanurlibrary.

tambahannn.

kalau misalnya kamu/atau punya saudara atau teman alumni dari SMA/SMP Santa Ursula jakarta dan berminat menjadi anggota perpus, silahkan aja…dateng aja langsung, terus isi formulir, terus bikin kartu..seinget gue sih kartunya cepet prosesnya..soalnya si tiara yang komen di bawah aja dia dateng dipoto, isi formulir, langsung jadi kartunya sama barcodenya karena di ruang mulmed ada mesin bikin kartu jadi cepettt. gue lupa musti bayar berapa hehe but feel free to come asalkan anda ALUMNI SMP/SMA SANTA URSULA JAKARTA. other than that, dengan berat hati, NO WAY! hehe =)

7 thoughts on “I <3 MY SCHOOL LIBRARY | KERENNYA PERPUSTAKAAN SEKOLAHKU!

  1. hahaha!
    lulus bukan jadi halangan.
    nongkrong aja di perpus kalo lagi di jakarta..hehe
    kan udah buat kartu alumni kan sama pak anton..kartu perpus instan haha serasa bikin sim, dipoto di tempat langsung jadiπŸ™‚

  2. brosur kayaknya ga ada deh bos kalau mau survey dan kunjung-kunjung mesti bilang dulu sama kepsek dan kepentingannya mesti jelas buat apa..
    perpus ini tertutup buat murid SMP~SMA Santa Ursula, guru, staf, dan alumni SMP~SMA Santa Ursula, selain itu ga bisa maaf ya, ke perpus depdiknas yang deket Ratu Plaza aja, atau Perpusnas Salemba,πŸ™‚

  3. maksudnya ya terbuka buat anak SMP/SMA Santa Ursula atau alumni bukan buat umum..baca deh alinea terakhirnya baik-baik..

    kalau misalnya kamu/atau punya saudara atau teman alumni dari SMA/SMP Santa Ursula jakarta dan berminat menjadi anggota perpus, silahkan aja…
    but feel free to come asalkan anda ALUMNI SMP/SMA SANTA URSULA JAKARTA. other than that, dengan berat hati, NO WAY! hehe =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s