manfaat berteman dengan orang pintar.

Orang pintar dan rajin itu punya pengaruh positif ke orang-orang di dekatnya (berdasarkan pengalaman gw sih gt).

Gue termasuk orang yang gampang sekali terpengaruh. Jadi biar gue kena pengaruh positif, gue lebih dekat dengan orang yang memberi pengaruh positif. Gue juga temenan lah sama orang lainnya siapa tau gue bisa ngasih pengaruh positif, tapi lebih deket dan frequent dengan orang pintar. Why? Ini gue uraikan alasannya.

1. Orang pintar itu memberi motivasi.

Apalagi kalau soal rajin. Gue kerasa banget deh. Gue ngeliat orang pinter tuh ngerjain PR, disuruh ngerjain soal seketika dikerjakan dengan seksama, jadi keikut juga. Ya semacam rantai motivasilah. Mereka itu teladan dan melihat mereka begitu serious dan all out dalam puttin effort into what they do itu menjadi sesuatu yang pengen ditiru dan dorongan untuk mendorong diri sendiri.

2. Orang pintar itu membuat lo berefleksi.

Melihat mereka begitu sungguh-sungguh dalam tiap hal yang dikerjain, bikin lo ngerasa gw selama ini kok ga serius yah, dan bikin lo akhirnya ketemu alasan kenapa akhirnya mereka begitu gemilang. Karena akhirnya ketemu, penasaran juga gimana rasanya rajin begitu, akhirnya dicoba rasanya memacu diri untuk rajin akhirnya jadi kebiasaan.

3. Orang pintar suka berbagi tips dan kata bijak.

Sambil lalu gw suka banget nanya dan menyanjung teman-teman gw yang pinter. Misalnya, “Lo tahan banget sih di mana-mana latian soal” terus waktu itu gw cerita gw di BTA tuh sm temen-temen kalau udah tes harian tuh suka nyocokin jawaban terus temen  gw namanya Monica juga ngomong, “Ngapain mon kayak gitu, kan lebih baik lo ngukur kemampuan lo sendiri, nilai mah ga gt penting.” Gosh iya juga ya, aduh kadang gw ngerasa super bego abis gitu deh, tapi bagus sih gw jadi nyadar mana yang bener dan mana yang salah. Kan, to be right you have to admit (and realize) you’re wrong. Terus ada lagi, abang sepupu gue, dulu SMA di Canisius, lanjut ke ITB terus skrg kalau ga salah kerja di Standard Chartered, dia pinterr banget deh. Dia pernah bilang dan kata-kata dia nempel di otak gue, “Karya Tuhan itu paling tampak ketika lo rajin dan tekun.”

4. Banyak sisi lain dari orang pintar yang bisa membuka pikiran lo.

Selama ini ada semacam stereotype di pikiran gw kalau soal orang pinter. Orang pinter di sekolah gue beda dengan persepsi orang pinter waktu gw SMP. Orang pinter sekitar gw itu yang PR mau 90 nomor, itu dibikin semua, dan besoknya pagi-pagi ngediskusiin mana soal yang ga ketemu, dan tetap muka mereka terlihat segar tidak capek. Gw jujur, kagum deh. Dan mereka tipikal yang jadwalnya padat dengan les TOEFL or IELTS or SAT lah, A-Level persiapan ke Singapore lah, plus ditambah les privat untuk menunjang belajar di sekolah. Tetep aja mantep. Ternyata mereka have fun juga, jalan-jalan juga, bahkan nonton American Idol dan American’s/Brittain’s Next Top Model juga, entah dengan ajaibnya muat aja tuh di dalam jadwal. Kagum deh gw.🙂

5. Berteman buat orang pintar itu menciptakan challenge buat diri lo sendiri untuk mencapai level mereka atau bahkan menandingi.

Ketika lo udah ngerti strategi tips dan trik mereka mengatur waktu, memusatkan perhatian, dan have fun on the way juga, barulah saatnya, raise your own level, tantang diri sendiri bisa ga seperti mereka. Ga harus purelah persis, ya tambahkan lah ciri khas lo, yang bikin kepinteran lo, kepinteran ciri lo sendiri tapi juga bisa lo bagi-bagikan dengan teman lain🙂 Kalau kira-kira udah ada progress baru deh, kompetisi segera dimulai.

Selamat menjadi pintar!

4 thoughts on “manfaat berteman dengan orang pintar.

  1. beneeer!
    emang suka takjub tuh liat orang pinter tapi gaulnya juga oke.
    gimana ngatur jadwal gak tau juga deh.
    wah, yang nulis artikel juga salah satu orang pinter nih kayaknya..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s