earth hour versi ‘the simarmatas’

Sekarang kan lagi heboh-hebohnya Earth Hour, mulai dari iklan TV sampai sms-sms forward-an yang tentang global warming lalalala. Jadi mikir, selama ini kontribusi gue untuk memerangi global warming gimana ya? Ikut organisasi juga nggak, wong pergi misa ke gereja dan aktif di gereja aja ga sempet, boro-boro organisasi lingkungan. Jadi ya start from the basics-lah, a little thing called starting it from yourself, mulai dari diri sendiri.

Kalau gue pribadi ya paling hal-hal kecil kayak menolak kantong plastik dari toko, terus makan kalau bisa makan ga dibungkus, atau kalau mau bungkus pakai tempat bekal sendiri..terus kemana-mana bawa sendok biar meminimilasir penggunaan sendok plastik, terus hemat pakai kertas, terus mand, air yang tanpa sabun ditampung di ember dan disirem ke taneman (daripada pakai selang kan sayang..) Kalau di keluarga gue sih kalau dipikir-pikir emang sejauh ini udah lumayan sih melakukan action. Misalnya waktu di komplek ada yang nawarin bikin biopori di halaman, nyokap langsung hebring, langsung bikin biopori 34 biji di halaman rumah. Udah gitu rumah gue emang banyak bgt taneman, kadang berasa tinggal di greenhouse. Mau ngambil piring aja mesti menembus gelombang cinta segede-gede bagong mana kena-kena pala lagi, jangan ampe ada aja tuh uletnya.

Terus abis itu di rumah gue itu ga ada AC. Yap, bener, temen-temen gue aja kaget denger itu. Gue sendiri dan keluarga gue ga keberatan sih dengan hidup tanpa AC, seumur hidup gue, ga pernah tuh rumah ataupun apartment gue (waktu di NY) ber-AC. We never minded. Makanya bonyok selalu ngusahain sekitar rumah itu banyak pohon, anti deh bonyok ama perumahan-perumahan baru yang gersang dan panasnya setengah mati. Di rumah gue sih ga pernah berasa kepanasan, udah kebiasa kali ya, hahaha. Waktu itu, kawan gue si Melati, main ke rumah dia ampe komentar,  haha rumah lo kayak rumah sodara gue di Jogja, pakainya kipas angin, haha gw cuma ketawa ajaa.🙂

Terus selain itu hmm..oya di mobil juga pagi-pagi kan gue berangkatnya sama bokap, terus bokap tuh ga pernah tuh mau nyalain AC pagi-pagi sayang energinya, wong udara jam 5.30 pagi kan yaa ga terlalu panaslah, paling kalau tiba-tiba ada kepulan asap tebal yang emang maksa nutup jendela dan pakai AC.

Kalau transportasi, kalau gue sendiri sih, kalau emang pulang normal jam sekolah tanpa remed atau pelajaran tambahan atau tanpa rapat pulang sekolah ya gue pulang sendiri naik busway terus lanjut naik kendaraan umum. Kalau emang udah capek bgt, dan cuaca atau fisik ga dukung buat pulang sendiri baru deh minta dijemput. Gue gapapa sih naik kendaraan umum yaelah panas dikit masak ga bisa nahan sih, wong siapa juga yang bikin bumi panas. Lagian gue juga kasian sih sama temen-temen yang setiap hari dijemput dan sampai ga boleh naik kendaraan umum. Ga fair juga sih kalau gue nge-judge mereka manja atau apa siapa tau emang orang tua mereka yang emang begitu tapi mennn you learn by living it the hard way. Ya dukanya sih ya secara gue anak Sanur emang udah wajib hukumnya bawa tas kayak bule-bule backpacker, minimal dua tas deh. Satu tas backpack untuk buku terus satu tas tenteng atau ecobag gitu untuk bekal+buku cetak tebel atau tugas gitu. Paling sebel sih kalau orang lain ngedumel-dumel sendiri, “Banyak banget sih bawaannya” atau “Ribet banget sih”. Kadang sih kalau lagi jengkel-jengkelnya gue pengen banget teriak aduh, tuntutan sekolah gue emang gitu, kan gue yang susah, udahlah gausah banyak komentar haha. Tapi ya cukup dalam hati sajalah. Menghibur diri caranya adalah saying to myself: “One day, this will all pay off, Monica, just relax and take it easy.” terus dengan assuring myself kalau yaa at least gue ga ngeluarin emisi karbon dari mobil pribadi hahaha🙂

Oya jadi inget, tadi gue pulang sore dijemput nyokap sekalian nyokap pulang dari ancol (adek-adek gue libur seminggu terus tadi nyokap bawa mereka ke Ancol, nyokap prefer bawa ke tempat-tempat begitu daripada bawa ke mall.), ada rombongan kenegaraan, dengan ciri khas, big fancy black cars, ushered by police cars, pas lagi di Sudirman. Terus boo salah satu mobilnya asepnya banyak banget ya bo ya behh. Tadi jadi mikir, sekali jalan satu hari berapa banyak bensin yang dipake pejabat-pejabat itu demi menjaga keamanan mereka? Pasti banyak, belum lagi emisi karbon yang mereka keluarin… Atau mungkin mereka pakai biodiesel (hopefully)? Mobil gue sih ga pake, ah ntar mo bilang papa deh, hahaha. Aaaah, what humans do for the sake of safety, security and well-being. Apalagi setelah kasus penembakan orang di kepalanya pas dia di dalem mobil BMW-nya. Orang perusahaan aja bisa digituin apalagi orang pejabat pemerintahan ya. Aaah, the complexity of life.

Yaudahlah apa daya, time to continue life dan melakukan perubahan dari hal sekecil upil.  Kepikir sih ide-ide iseng untuk memerang global warming haha. Ide gue sih waktu gue lagi mandi (ilham tuh kadang datangnya pas mandi, somehow mungkin ada chemistry khusus saat manusia sedang bersama air haha) kayak kirim Agen Rahasia untuk dikirim ke daerah-daerah. Gue jadi inget waktu pelajaran bahasa Inggris si Mr.John lagi cerita-cerita tentang kunjungan beliau ke Manado (kalau ga salah). Jadi si Mr.John ini orang bule, dari Inggris. Sekolah gue satu jam pelajaran seminggu tuh pelajaran bahasa Inggris sama native, dua-duanya dari UK. Anyway beliau cerita dia tuh sangat menyayangkan, government officials tuh sama developer terlihat lebih fokus ngembangin shopping mall, mulai dari square, trading center, plaza, hahaha macem-macem. Dia bilang, kita orang bule kan kaga dateng jauh-jauh buat shopping wong di kampung kita di barat sana tuh juga ada bahkan lebih bagus kadang. Kita dateng bela-belain untuk lihat keindahan alam di Indonesia. Yang nancep di otak gue adalah saat dia bilang, “I guess the government doesn’t give a shit about that, huh?” Men, bull’s eye banget. Tepat sasaran banget haha kata-katanya. Gue sih membatin, “duit truk pemadam kebakaran aja ditilep, don’t expect much lah”. Terus dia cerita kan dia di Manado untuk diving. Terus dia ngeliat gitu di pinggir laut gitu ada pasar-pasar gitu, terus dia bilang (ini juga nancep di otak gue) kalo ga salah kata-katanya begini: “Like the true Indonesian fashion, they just swept the garbage into the sea, just like that. That’s just disgusting, to imagine there are people going there to dive” Menn, bule aja ngomong gitu. Tau artinya? Literally sama aja dia ngomong begini: “Ya tipikal gaya orang Indonesia, sampah disapu aja dibuang ke dalam laut” Behh, men haha jujur dikritik bule tentang Indonesia apalagi dengan kata-kata begitu yang nancep yaa gue juga berasaa ya sedikit tersinggung, tapi emang ga bisa dipungkiri, wong dia saksi mata dan emang benar itu adanya.

Makanya waktu mandi gue mikir gimana kalo dikirim Agen Hijau jadi mereka pura-pura jadi penduduk dan mengawasi gimana lingkungan dan sikap masyarakat terhadap lingkungan. Selain itu gue juga mikir: “Kalau gue tinggal di desa, siapa ya yang paling berpengaruh dan kalau ngomong apa-apa langsung gue turutin?” Terus kepikir ya kalo ga Kades, Pak RT, dan tokoh agama setempat entah Pak Haji, Kyiai, atau mungkin Frater, atau para Bhikku. Ya gue mikir kan negara kita tuh orang-orangnya berpegang teguh pada agama, ya kenapa ga dimaksimalin karakter kita yang satu ini? Via pemimpin agama yang berwibawa ya disuruh ngedidik, nanemin nilai-nilai menghargai lingkungan…Terus caleg mah daripada kampanya dangdutan mending kerja bakti bersama terus dikasih makan gratis deh hahaha. Yah entahlah, sebenernya kalau kita kreatif, dan sadar betul ini tanggung jawab kita sebagai penghuni bumi sebenernya tidak mustahil kita antisipasi si global warming.

Udah ah udah kelamaan pakai komputer, sayang energinya. Toodles! Comments are warmly welcomed. ;D

eh iseng tiba-tiba di facebook ada foto bonyok gue gitu hahahaha🙂 buset rambut bokap putih banget yaa.

Bonyok+adek gue di kawinan orang

Bonyok+adek gue di kawinan orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s