ujian nasional, beres!

PUJI SYUKUR ALHAMDULILAH HALLELUJAH!

Ujian nasional kelar juga, yippie!

Gue cukup puas menempuh UN. Seperti prediksi, soalnya tidak sesusah itu kok. Yang paling oke…Kimia Fisika gampang cuma pas fisika gw salah-salah dodol..taelahh..Biologi ya beberapa nomor agak tricky tapi sisanya gampang. Mat..hmm..sebenernya yang susah paling 4-5 nomor, sisanya  bisa kok. Yah, emang mikir dikit dan caranya ada yang panjang tapi cukup banyak jg yang cukup mudah.Bukannya nyombong, tapi gue bingung kenapa anak-anak sekolah lain, terutama yang negeri pada ga bisa gitu ya, padahal pasti soal sekolah negeri tuh ga sesusah soal di sekolah gue (konon katanya sih begono..). Yang nyesek sih soal mat, ada satu yang ga ada 0ptionnya! Soal transformasi tuh rese banget, disuruh cari titik sebelum ditransformasi. Udah itung berulang kali hasilnya tuh (2,15). Padahal optionnya (2,1), (2,-1) terus sisanya gw lupa. Gue kira gue doang yang salah, ya ga teliti tapi ternyata setelah kelar, gue cocok-cocokin sama anak-anak lain juga sama (2,15). Akhirnya gw pilih jawaban yang paling waras, yang absisnya dua dan ordinatnya positif, ya satu-satunya (2,1)..tau deh angka 5-nya ketelen ama yang ngetik soalnya kali.. Terus ada lagi tuh, soal diferensial. Soal klasik, jari-jari yang bikin volume tabung jadi maksimum. Anehnya tuh ga ada arahan, nilai phi dianggep 3, atau 22/7. Ternyata ga banyak anak yang kepikiran nganggep phi-nya 3, jadi ga ada yang ketemu jawabannya. Gue sih kepikiran, tapi karena kesenengan kepikiran malah salah, masak akar 4 tuh 4, sial rugi 1 nomor deh gue! Sisanya lumayan sih..gitu sih UN. Mesti latihan speed dan ketelitian.

Kalo fisika kimia, lumayan kok. Fisika gw salah-salah dodol, sebel deh, rugi 4 nomor. >.< Kalau kimia, so far gue udah salah 1..semoga jangan ada salah-salah lagi deh..bahasa Inggris gampang meskipun ada 2 nomor yang rancu. Bahasa Indonesia..aduh itu sih gausah ditanya deh. Kapan sih soal B.I. ga rancu kecuali kata baku sama hal-hal teknis. Kalau sastra+nilai moral+amanat yailah relatif kan penafsiran orang beda-beda. Ada tuh soal amanat puisi Teratai, buset optiannya mirip semua coy! Susah bener, haha.

But the struggle is not over yet, masih ada UPRAK (alias ujian praktik) dan UAS (ujian sekolah buat pelajaran di luar bahasa + mafikibi seperti Penjaskes, Religiositas, Kewarganegaraan, sama Bahasa Asing!). Jujur, gue lebih takut uprak, which is on Monday! Uprak IPA entah kenapa sangat horor bagi gue karena semua dilakukan sendirian dan tiap gerak-gerik lo dipelototin guru. GRAORR!

Pokoknya harus tetap semangat! 3 minggu lagi, udah ciao dari sekolah ini dan menjadi pengangguran haha nunggu kuliah. YIPPIE!

One thought on “ujian nasional, beres!

Leave a Reply

