review USM ITB 2009.

baru tanggal 30 dan 31 Mei kemaren gue ikut USM ITB Terpusat ITB di Bandung. Behh banyak banget cing yang ikut. Karena soal ITB tuh ga boleh dibawa pulang (gue denger sih abis test langsung dimusnahkan alias dibakar) dan ga ada sumber di toko buku yang secara pasti ada karakteristik soalnya nih gue taro soal-soal buat bantuin yang bakal ikut taun depan ini yang keluar kemaren berdasarkan ingatan gue secara kasar:

-Psikotest:

ya sama sih kayak psikotes klasik yang ada pencerminan, itung-itung mencongak, bentuk dasar dari gambar yang ribet banget, deret angka (susah cing!),  ritme gambar/gambar berpola,  gambar pohon, wartegg test, gambar orang, terus bikin karangan tentang impian masa depan.

cuma psikotes ini sih ga ada yang soal dalem buku yang isinya tentang kelompok pecinta lingkungan yang sedang bertugas terus di setiap halaman ada daftar tugas yang mesti dilakuin, terus kita ngurutin yang paling kita suka sama ga, misalnya menguji sampel air di lab, melobi ibu RT, membuat anggaran, membetulkan mesin jahit, membuat pahatan patung es, gitu-gitu. oh tes yang ditaro paling akhir tuh tes koran/kraeplin tes. metodenya beda sih sama psikotes yang pernah gue ikutin. jadi ini kita dikasih kertas terus isi aja sampai abis tapi nanti si psikolog bakal ngomong ‘garis’ sewaktu-waktu dan kita mesti garis-bawahin hasil jumlah terakhir yang kita jumlahin. itu sih yang penting stabil katanya.

-Skolastik:

kata-kata yang masih gue inget: avant garde, presisi, mitigasi, inferensi

kalo wacana sih cuma pertanyaan seputar ‘reading comprehension’ aja mirip soal-soal bahasa Indonesia tipa SPMB punya.

skolastik sih yang penting lo bisa CEPET.

-Inggris (tidak terlalu susah)

menurut gue yang banyak tuh kayak gerund, istilah cuma beberapa sih..simple english sih menurut gue, kayak gue inget ada soal: “The professor told the students …during the exam” pilihannya do not cheat, not to cheat, ya sisanya yang ngaco-ngaco lah ya kan udah jelas jawabnya yang not to cheat. Yang tricky sih paling ya bacaan. Sama kayak SPMB, ada paragraf bolong-bolong yang mesti diisi dengan kata yang pas. Oh soal Bhs Inggris yang kemaren bikin gue bingung tuh seinget gue ini: “Our farm is … in apa gitu gue lupa, pokoknya kata ‘terletak’ yang pas dengan ‘farm’. Setelah gue eliminasi opsi yang ada, yang tersisa tuh kata located sama stated. Akhirnya gue milih stated.

-Matematika Dasar

hmm seinget gue tuh yang banyak:

-pertidaksamaan linear

-aljabar-aljabar

-grafik..

sebenernya basic sih mathnya, cuma beda sama matdas yang biasa kita jumpain di soal simak/umb/snmptn karena ini juga tricky dan mesti mikir.ada yang gampang bgt, tapi ada juga yang tricky. misalnya yang gue inget:

-segiempat paling banyak memuat berapa sudut tumpul

-dikasih gambar kurva fungsi f(x) terus pilih grafik turunannya.

-ngurutin bilangan (akar pecahan, pecahan, bilangan berpangkat)

-trigonometri (tapi kemaren sih cukup simpel trigon-nya)

-MIPA Terpadu

ada soal yang berdasarkan naskah, ada juga soal-soal lepas. jadi tiap 2 soal itu ada pilihan A-J. Pilihannya bisa dipakai 2 kali.

Kimia:

-senyawa yang dicampur dalam pupuk superfosfat sama senyawa yang dipakai buat antasid

-gue lupa soalnya tapi kalau ga salah berbau pembuatan besi atau apa gitu, materi kelas 3 bab-bab terakhir yang tentang pembuatan unsur.

-koloid: cara mudah misahin pengotor yang ukurannya lebih kecil dari ukuran terdispersi

Fisika:

-ngitung sinar pantul

-ngitung kalor

-tentang rumus jadi apa berbanding terbalik sama apa, begitu.

Biologi:

-reproduksi manusia (tempat terjadi fertilisasi sama organ reproduksi cewek disebut apa)

-hormon tumbuhan (hormon yang menghambat pertumbuhan sama perkecambahan biji sama hormon yang terus meningkat dan yang merangsang gugurnya daun dan buah)

-tahap-tahap pembelahan (tahap pembelahan terjadi sintesis DNA, sama tahap di mana kromatin terlihat sebagai benang-benang.)

oke, sekian, semoga membantu.

-update tanggal 28 Mei 2010, besok USM ITB Terpusat 2010-

Hai! Gue seharian di kampus dan sekarang mau ke kampus lagi loh, seharian banyak anak peserta USM yang liat ruangan sama keluarganya sekalian tamasya. Udah gitu seharian check sound sirene USM gitu. Well, ngasih tau aja, taun lalu gue diterima di Fakultas Teknologi Industri lewat jalur USM Terpusat (Gue gak ikut USM Daerah) dan sensasi diterima itu luar biasa fantastic. Semangat semuanya! Pastikan istirahat cukup dan tenang, God bless you all!

Leave a Reply

