total nilai UN monica + tips menghadapi UN.

WOOHOO! NEM UN GW 55.00

GILA! Ga nyangka tercapai juga cita-cita total UN gue minimal 54.00!

(maaf ya pamer gue seneng banget haha karena gue waktu itu berasa bener-bener underdog waktu UN UAS haha soalnya semua orang sangat menggebu-gebu sementara gue hanya berpegang pada ingatan kolektif dari mendengarkan dan memperhatikan di dalam kelas)

Berikut rinciannya:

Bahasa Indonesia : 9.20 (man gw ketawa deh pas liat ini karena ironis aja gue merasa UN B.I. paling sulit eh tau-tau gw tertinggi satu IPA..haha)

Bahasa Inggris : 9.80 (respons pertama: shit! gue salah di mana? tapi yasudlah haha)

Matematika : 8.75 (sial! padahal udah nargetin 100 haha tapi yasudlah not bad lah haha)

Fisika : 9.00

Kimia : 10.00 (ini dia nih yang mengejutkan! Puji Tuhan! pas banget gue kan mau masuk Teknik Kimia hehe)

Biologi : 8.25 (pelajaran yang paling gue suka malah nilainya paling rendah..emang rada susah sih bio kemaren, belajar ya adek-adek Sanur ’10)

Dengan total 55.00, rata-rata NEM UN gue 9.17. Ya lumayanlah..pokoknya one down a million tasks left to go!

Tips gue untuk menghadapi UN ’10 dan tahun-tahun berikutnya:

1. PERCAYA DIRI (jangan gara-gara lo ga pernah dianggep pinter lo jadi punya mindset kalau lo ga mungkin melampaui orang-orang yang biasanya lebih jago dari lo!)

2. Kalau lo dari sekolah swasta kayak gue usahakan deh punya banyak temen anak sekolah lain baik negeri maupun swasta. Kongkalikong aja tuker-tukeran soal tryout, karena variasi soal tuh gilak tak terhitung deh, kan lumayan lo jadi makin lihai ngerjain soal-soal karena udah disuguhin berbagai macem soal. Karena sekolah gue bisa dibilang belakangan mulai sibuk TO (kita aja waktu itu bingung kapan nih mulai TO), yaudah kita ngatur mekanisme perburuan soal TO anak sekolah lain. Gue sih waktu kelas XII kemaren gue memulai dengan ngatur ketemuan dengan temen gue anak SMAN 70 Bulungan di tempat bimbel dia demi ngefotokopi soal TO dia, setelah itu gue perbanyak buat anak-anak dan buat guru gue. Jadi semua bisa punya dan bisa latihan. Persiapan UN kemaren bener-bener deh temen-temen dan gue berhasil mengumpulkan soal-soal dari bermacam-macam soal ada dari SMAN 8, SMAN 70, SMAN 21, SMAN 39, SMA Theresia, SMA Kanisius, SMA Fons Vitae, dan masih banyak lagi.

3. Punya buku dari sumber selain buku cetak. Udahlah rugi-rugi dikit gapapa, atau pake bekas kakak kelas lo atau cari yang murmer di Senen. Gue sih pake buku ya ringkasan-ringkasan Ujian Nasional sama SeribuPena (buku sakti nih Seribupena, gue udah pake dari SMP). Gue ga punya bank soal sih karena gue dikasih modul-modul soal dari BTA dan soal-soal TO anak-anak sekolah lain.

4. Kuasai bener-bener SKL (itu loh daftar materi yang harus dikuasai siswa buat UN). Waktu itu sih semua anak dapet SKL semua pelajaran. Gue inget banget guru bio tuh bener-bener nekenin buat kuasain seluk beluk SKL karena cakupan SKL tuh luasss banget dan yang bisa ditanyain bener-bener bermacam-macam jadi mesti ga cuma rajin latihan tapi dibuka bukunya buat refreshing yang udah agak usang kelupaan.

5. Jaga kesehatan. Saran klasik namun sering terabaikan. Kalau emang butuh suplemen ya konsumsi aja kayak vitamin C. Gue sih paling sari buah kurma kalau ga multivitamin gitu. Oh dan jangan begadang. Gue inget banget gue tuh selama heboh-heboh TO gue tidur jam 8, paling telat jam 9. (Seringnya ketiduran sih di ranjang sambil megang soal-soal haha gw selama persiapan UN tuh tidur dengan sangat mesra dengan soal-soal dan buku tercinta)

6. Jujur aja nyet! Serius deh! Oke gue berani bilang deh dari mulai tryout-tryout sampai detik terakhir UN dan Ujian Sekolah gue bersih men, bersih dari kecurangan. Masak sih lo mau ngebuang 3 tahun masa-masa terakhir lo berseragam nasional dengan perbuatan bego yang akhirnya akan membuat lo malu dan menyesal. Udahlah serius deh belajar dan berusaha tuh bikin waktu bener-bener ga terasa cepet banget berlalu. Ntar karena saking sibuknya lo belajar dan nyiapin diri eh tau-tau udah lulus, hehe.

7. Kenali diri lo dan cara belajar yang paling pas buat lo. Yang pas buat gue belum tentu pas buat lo. Gue sih jujur mood-moodan. Tapi yang pasti gue harus listen dan pay attention saat dijelasin. Ga peduli deh dibilangin ansos ato apa, tapi karena gue tau, ketika gue udah malas dan ngantuk di rumah untuk kembali buka buku, ya at least gw punya modal dari apa yang gue dengerinlah. Ya make mental notes gitu loh pas merhatiin penjelasan.

begitu aja sih tips dari gue. gue akuin saat-saat terakhir pas mau UN justru udah capek dan males buat belajar UN, apalagi yang udah dapet kuliah. Tapi ya cari kek motivasi buat lo. kalau motivasi gue sih pengen at least kontribusi biar angkatan gue bisa dibanggakan lah, dan buat diri gue sendiri tentunya biar NEM gue pun bagus.

SEMANGAT YA!

2 thoughts on “total nilai UN monica + tips menghadapi UN.

  1. Pingback: UN aja mandi kembang? | pojok monicantik : my corner to be free

Leave a Reply

