Cookies with chunks of Chocolate Monggo

Dark chocolate with 58% cocoa and pure cocoa butter.

Dark chocolate with 58% cocoa and pure cocoa butter.

Selama liburan nunggu masuk kuliah gue menekuni hobi baking! Karena kendala ga punya oven, gue menggunakan microwave. Minggu lalu gue bikin cookies dengan resep Mrs. Fields. Enak banget, semua orang di rumah bener-bener suka. Nyokap minta gue bikin lagi, yaudah tapi kali ini pengen gue variasi. Kali ini gue pake ‘chunks’ (chunks = potongan/bongkahan) Chocolate Monggo yang Dark. Gue beli di Total Buah Segar Bintaro, 100 gram itu harganya kira-kira Rp26 ribu lebih dikit.. Pengen nyobain coklat bikinan Indonesia. Selain pake Chocolate Monggo, gue tambahin pistachio (semacem kacang gitu). Nih resepnya:

1 cup U.S. = 16 sendok makan U.S.

1 cup butter = 225 gram

cookies

cookies made by ME

Pistachio Dark Chocolate Chunk Cookies and Raisin Cookies

1 cup butter tawar (gue pake Orchid Butter yang dikotakin karena 1 kotak itu pas 1 cup, bukan yang kaleng, harganya Rp22.290,00 di Hero/Giant)

3/4 cup gula

3/4 cup gula palem

2 telur (yang besar)

2 sdm susu

2 sdt ekstrak vanilla (gue pake vanilli kristal sih)

2 cup tepung terigu

1 sdt soda kue

1 sdt baking powder

1 sdt garam

2 1/2 cup oatmeal yang diblender sampai halus (gue pakai Quaker yang Quick Cook dan pakai juicer buat ngehalusinnya)

pistachio (gue beli yang Hero Save, 100 gram kira-kira Rp23 ribu)

Chocolate Monggo Dark yang 100 gram (potong jadi kecil-kecil pake pisau yang tajem)

Raisin 2 kotak kecil (1 kotaknya kira-kira goceng lebih berapa ratus perak gitu)

Cara Kerja

1. Pertama campur butter dan gula (putih dan palem) dengan mixer kecepatan tinggi (gue ga pakai mixer, ga punya mixer gue, jadi pakai garpu/whisk  dengan kecepatan tangan yang tinggi hehe). Ntar ini jadinya tebel dan coklat gitu.

2. Tambahin telur, susu, dan vainlla. Mix selama 3 menit.

3. Di wadah terpisah, campur bahan-bahan keringnya (tepung, oatmeal, soda kue, baking powder, garam). Habis itu, tambahin ke adonan basah.  Campur sampai rata. Kalau gue sih pakai tangan gue benyek-benyekin biar rata. Nah, karena coklatnya ga cukup buat adonannya, adonan ini gue bagi dua. Yang pertama pakai coklat, yang kedua pakai raisin.

4. Kalau udah, masukin deh ke microwave. Alasin pakai kertas roti. (Karena kemaren di Hero gue ga nemu kertas roti, gue pakai kertas yang buat bungkus nasi goreng, yang coklat-coklat itu. Untungnya tu kertas ada sisi yang licin, jadi abis cookiesnya dikeluarin dari microwave, gampang dilepas kertasnya). Kalau pakai microwave, panasin dengan High selama 2 menit. Ukuran cookies terserah lo, yang asoy aja hehe😉 Kalau pakai oven, panggang selama 8-10 menit dengan panas 350 fahrenheit (kalau pakai oven jangan lupa dipanasin dulu ovennya pas langkah pertama).

Udah deh, tunggu sampai adem cookie-nya, dan voila! Mantep deh rasanya, dan enak banget loh Chocolate Monggo-nya melting gitu mmm.. Resep ini udah gue sesuain buat lidah Indonesia, cookiesnya ga terlalu manis, pas deh. Selamat membuat!

cookies!

cookies!

kalau udah jadi, masukin ke stoples yang lucu, jadi cookie jar deh.

my favorite cookie jars

4 thoughts on “Cookies with chunks of Chocolate Monggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s