Kuliah Itu Mahal Ya

Bener-bener ga terasa gue udah mau kuliah aja!

Dan baru terlintas gila biaya kuliah itu mahal banget ya, padahal gue masuk negeri loh bukan swasta! Jadi kepikiran setelah perbincangan gue dengan Bapak Sopir Taksi. Jadi minggu lalu pas mau jalan ama temen, gue naik taksi ke PIM. Biasalah, ada small talk antara gue dan Bapak Sopir Taksi. Eh perbincangan bergulir ke topik PTN  (Perguruan Tinggi Negeri) dan tes masuk PTN dan tetek bengek itulah. Kebetulan Bapak Sopir Taksi punya anak yang masih SMA jadi topik itu udah mesti dia pahami betul-betul. Dia juga ngeluh sih tentang betapa mahalnya biaya kuliah. Jadi kepikiran deh gue (dasar selama ini I just took it for granted, maafkan akyu!) Nih rinciannya.

Sebelum diterima

Tes masuk aja mahal! Karena rata-rata biaya tes masuk itu Rp 200.000,00 (kecuali tes masuk ITB sebesar Rp 850.000,00) dan gue udah bayar untuk 5 tes masuk (tapi cuma ikut 4 yaitu SIMAK UI, UTUL UGM, USM ITB, dan UMB PTN gue ga ikut tes UNPAR karena udah diterima di ITB). Itu aja udah sekitar Rp 2 juta. Belum lagi ongkos ke Bandung bolak-balik nganter berkas dan formulir.

Terus biaya akomodasi di Bandung pas tes dan pas daftar ulang. Akomodasi+bensin+konsumsi aja udah berapa.

Terus setelah diterima juga mahal euy! Misalnya:

SDPA (semacem sumbangan anak yang baru masuk gitu) sebenernya sih minimal untuk FTI itu (untuk yang ikut USM Terpusat di Bandung) Rp 25 juta, tapi orang tua gue ngasih lebih. Tauk deh kenapa, padahal ITB itu (katanya sih) ga matre, soalnya ada temen nyokap nyumbang Rp 100 juta ga diterima tuh anaknya, kesian juga. Kayanya sih karena bokap alumni jadi semacem nyumbang juga atau apalah haha.

Biaya Semesteran: Kemaren nyokap udah bayar tuh biaya semester pertama, totalnya nyaris Rp 5 juta. (Untung aja gue ga di UI, katanya di situ per semesternya Rp 7,5 juta)

Belum lagi biaya kos…kosan gue aja ntar sebulan kurang lebih Rp 1 juta, belum termasuk biaya hidup.

Jadi total-total untuk gue yang baru masuk ini orang tua gue udah keluar nyaris Rp 55 juta hanya untuk pendidikan S1 gue! Belum lagi biaya masuk adek-adek gue yang masuk SMP dan SD.

Emang sih tahun 2009 ini jackpot banget buat orang tua gue, habis jarak umur gue dan adek-adek gue pas sih, gue dan adek gue yang pertama 6 tahun, dan gue dan adek gue yang terakhir 12 tahun. Tuh tahun lahir gue dan adek-adek gue.

Monica Michael Maggie

1991 1997 2003

Masuk Kuliah Masuk SMP Masuk SD

Gimana gue ga enak ama bokap minta duit 8 juta buat dermaroller dan skin treatment? Hahaha😉 Makanya nih gue lagi ikut lomba-lomba buat nyari duit buat dermaroller plus lumayan sebagai pengisi waktu dan pengasah otak.

Ah the things we do to look beautiful and not feel bored.😉 Gosh I sound so desperate, don’t I? Hahaha, whatever.

3 thoughts on “Kuliah Itu Mahal Ya

  1. saya minta bantuan doanya.. saya ingin masuk FTI ITB. bertemu dengan orang2 hebat disana. salah satunya anda..
    trimakasihh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s