3 minggu pertama di ITB

so many things happened during my first 3 weeks in ITB!

Minggu Pertama (10 Agustus 2009-15 Agustus 2009) : Pro-KM!

Minggu pertama di ITB: PRO-KM (sama acara-acara dari rektorat)! Jadi Pro-KM itu berjalan beriringan sama acara-acara rektorat. Acara rektorat itu acara resmi kayak seminar Strategi Sukses Di Kampus, Tatib, Fasilitas, Pengenalan Fakultas gitu-gitulah ya hal-hal teknis gitu. Jadi 3000-an orang dikumpulin di Sabuga buat ngedengerin info-info sama ceramah gitu. Karena acaranya rada monoton jadinya banyak yang tidur deh, serunya ada videocam jadi kadang si cameramen suka nyorot anak-anak dan ga sedikit yang ketangkep di layar tidur. Pas acara-acara tertentu, anak keamanan (disebutnya Rakshadeva) berjaga-jaga dan ngebangunin anak-anak yang tidur.

taplok 43 yang the best banget!

taplok 43 yang the best banget! (left to right: Kak Umar Telkom '08, Tiara TL'08, Kak Idham Sipil'08) kombinasi taplok gue itu sangat unik: Kak Umar nan cerdas yang selalu ngasih info dan mengayomi banget, bener-bener sosok 'ayah' deh di kelompok 43. Oh ya Kak Umar itu menurut gue hebat. Dia itu 9 (IYA SEMBILAN!) bersaudara dan dia disokong sama Sampoerna Foundation.Hebat deh, dapet beasiswa udah gitu nargetin lulus 3,5 tahun. Emang kata temen gue si Karol, dia tuh pinter banget dan kalo mau minta diajarin minta Umar aja haha. Terus ada Kak Tiara nan heboh yang penghidup suasana biar ga garing. Ada aja yang dilakuin mulai dari ramah tamah ceria sampai main tebak-tebakan atau permainan aneh macam Segitiga, Mogu-Mogu, Berpikir Sebelum Menjawab. Kak Idham yang diam-diam tapi kalau ngomong pasti garing. Untungnya sih garingnya menghibur haha. Oh itu yang kuning-kuning gambar tangan dan ada angka 43 itu namanya Panji alias akronim tak terhingga dari Papan Panji. Gunanya sih ya simbol kelompok dan gampang nyari kelompo di lautan manusia dan kelompok-klompok.

Acara orientasi di ITB disebut Pro-KM, tapi kalo ngomong sama orang awam ya Ospek kali ya biar gampang. Tadinya gue super takut gitu bakal serem ato gimana, tapi ternyata nggak. Seru malah..gue menikmati saat-saat Pro-KM. Jadi itu 3000an anak baru dibagi ke dalem kelompok-kelompok yang isinya kira-kira 20-an orang. Kan acak tuh, dan gue dapet 43. Eh weleh-weleh pas gue nyari barisan kelompok 43 ternyata oh ternyata..salah satu taploknya (istilah buat anak-anak 2008 yang mimpin dan jaga anak-anak kelompoknya) adalah kakak kelas di Sanur alias Jeng Tiara. Ya selama Pro-KM ya gue panggil Kak lah biar enak aja sama anak-anak lain. Jadi 2 taplok gue yang lain adalah Kak Idham (sipil 08) sama Kak Umar (telkom 08). Gila anjir men taplok-taploknya baiknya minta ampyunnnnn. Jadi kan kelompok-kelompoknya dikasih tugas-tugas gitu. Mulai dari bikin name tag, nyampul buku tugas, bikin diary harian, bikin poster gitu-gitulah. Nah yang sangat gue inget tentang Pro-KM adalah mobilisasi, praba amerta, rafa sagara, cakrawala, dan rakshadeva. Jadi tema Pro-KM 2009 tuh perairan, dan nama seksinya tuh bahasa (sanskerta ya?) dengan makna yang nyambung sama air. Kaos-kaosnya juga dibedain berdasarkan warna. Rakshadeva (keamanan) item, rafa sagara (medik) biru langit dan praba amerta (taplok) kuning. Di kaosnya juga ada gambar yang sangat keren yang melambangkan jabatannya. Misalnya praba amerta gambar kaosnya tuh beruang  yang maknanya tuh melindungi dan menjaga. Jadi ceritanya ibu beruang kan selalu baik dan menjaga anak-anaknya jadi identik dengan para taplok tercinta.. Mobilisasi = perpindahan. Cara mobilisasi di ITB selama Pro-KM adalah mesti jalan cepet tapi ga boleh lari dan rapi dalam barisan, jadi mesti rapet ga boleh jauh-jauh gitu jaraknya. Aneh kan? Ga boleh lari tapi harus jalan cepet? Jadi cara ngatasinnya jangan sampe ketinggalan dan langkah kaki lo harus selebar-lebarnya. Selama Pro-KM tuh kayak banyak keamanan gitu di setiap meter buat ngejagain dan traffic control, terutama pas nyeberang jalan (dari gerbang belakang ke Sabuga). Gue paling kagum sama anak Rakshadeva yang ngibarin bendera, stamina mereka oke banget. Jadi pas Pro-KM tuh bendera Rakshadeva tuh dikibarin sama pria-pria Rakshadeva di beberapa spot, jadi ada kesan dramatis gitu. Katanya sih waktu tes Rakshadeva, anak-anaknya disuruh push up ratusan kali gitu, gile pasti kekar-kekar deh, wow :p hahaha.

43

43

Acara rektorat favorit gue sih acara pengenalan fakultas. Jadi jurusan-jurusan di dalem fakultas itu dijelasin itu pelajarin apa aja, prospek ke depannya, dan keterangan gitu deh. Kita juga kenalan sama kakak-kakak ketua himpunan Teknik Industri (MTI), Teknik Kimia (Himatek), sama Fisika Teknik (HMFT). Eh iya dekan FTI (Fakultas Teknologi Industri) tuh gaul banget, asik gitu. Setelah ikut acara itu gue yakin deh pengen masuk tekkim. Di FTI itu, banyak banget yang pengen tekkim. Emang bakal atau lebih tepatnya sedang perang IP nih.

Pokoknya minggu pertama itu capek banget deh, karena selesai dari ITB, kita mesti ke base camp (dipilih kosan salah satu anak kelompok buat dijadiin tempat ngerjain tugas sepulang dari ITB, base camp kelompok gue di Tubagus Ismail, di kosan temen gue Renard STEI ’09) dan pulang dari base camp tuh suka malem, jam 8 jam 9 gitu.

16 Agustus 2009 : The Huge Breakup

Ya pada hari pelaksanaan Open House Unit 2009 gue putus dengan sang pacar, Karol Danutama IF ’08. Ya setelah 2 tahun, 2 bulan, dan 16 hari menjalani hubungan yang indah, penuh suka duka, dan kental dengan kasih sayang berakhir karena ketidaksetujuan dari orang tua gue. Ini hari yang sangat menyakitkan bagi gue meskipun kita udah sama-sama tau ini bakal terjadi, it was just a matter of time. Nyeseknya ya di antara kita secara internal between me and him tuh mulus damai adem ayem tanpa masalah, justru orang lain yang mempermasalahkan. Date terakhir kita nongkrong di Starbucks, nonton Merah Putih, sama dinner di cafe. Sedih banget deh..ga gampang buat ngelupain 2 tahun penuh kenangan itu. Perubahan status di Facebook aja dikomenin orang-orang. Emang sih, it was a huge shocker. Secara, kita tuh termasuk couple awet lah di antara teman-teman. Semua orang sih bilang: ‘Sayang banget’ atau ‘Kok baru bareng sekampus malah bubaran.’ Kita sepakat sih buat tetap menjadi teman atau bahkan sahabat jadi ga musuhan.

Minggu Kedua (17 Agustus 2009-23 Agustus 2009) : Minggu Perdana Kuliah!

Upacara 17-an: ANEH!

Jujur aja gue merasa kalau upacara 17-an di ITB tuh aneh banget, padahal gue udah punya harapan tinggi gitu. Jauh lebih keren upacara 17-an di Sanur deh. Anyway, banyak gitu anak-anak yang ga dateng. Ya pilihan masing-masing sih, ya tergantung kesadaran aja..lagian cuma 2 jam dalam setaun kan upacara hari merdeka. Lucunya upacara 17-annya ga ada amanah pemimpin (Atau pembina ya?) upacara..jadinya diganti dengan pembagian penghargaan gitu buat dosen-dosennya.

Minggu pertama kuliah..ya seru sih..jadi di kelas gue ada 78 orang, asalnya beda-beda. Ya awalnya pasti kenalan-kenalan. Ketua kelas di kelas gue tuh si Budi, anaknya lucu deh. Ya, seperti biasa pertemuan awal tahun pasti perkenalan dulu..dosennya pada baik sih, ya serulah minggu pertama kuliah. Beda lah, dari segi tempat duduk aja bertingkat gitu..Gue belom ada praktikum sih. Oh iya ternyata gue dapet kelas bahasa Inggris yang Writing. Katanya sih kelas writing tuh buat anak-anak yang pretest bahasa Inggrisnya paling tinggi nilainya. Tapi aduh pas tau gue dapet writing, pikiran gue: ANJRIT gue ga suka academic writing. Tapi lumayanlah buat belajar nulis yang baik dan ga aut-autan. Pas minggu kedua kan udah mulai puasa nih, jadinya buat saya dan saudara-saudari non-Islam yang ga berkewajiban untuk berpuasa ya harus pintar-pintar mengatasi masalah kantin tutup. Untungnya KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik) jualan nasi bungkus Rp7.000,00. Jadi pas jam kosong tuh (biasanya jam 11 sampe jam 1 atau jam 2 gitu) ke sekretariat KMK dan makan, main kartu, ya kongko-kongko sambil ngeceng lah :p (harus diingat dong, masa perkuliahan itu masanya cari ilmu, cari network, cari jodoh haha) Ya kadang gue bawa bekel sih, katering gitu, tapi ternyata katering yang gue langganin ga bisa diandalkan jadi gue stop deh.

Oh iya minggu ini adalah minggu pertama gue punya duit pecahan Rp2.000,00 alias si dua ribuan. Jadi nyokap dateng-dateng bawain gue segepok dua ribuan, ada 200 lembar gitu, jadi totalnya Rp400.000,00. Katanya sih buat bayar yang kecil-kecil gitu. Buset dehhh..langsung masukin lemari dan gue kunci deh haha. Semua orang yang gue kasih 2 ribuan entah buat bayar angkot atau makanan atau laundry heran gitu ngeliatnya haha..pada heboh gitu mau tuker-tuker haha.

Ah iya weekend di minggu kedua gue shopping nih, ga nahan. Gue beli atasan di Grande warna broken white gitu seharga Rp85.000,00. Bahannya enak, dan detailnya cantik gitu. Temen-temen gue aja ngeliatnya langsung bilang ‘Ini Monic banget’.

Minggu Ketiga (24 Agustus 2009-30 Agustus 2009) : Minggu Kedua Kuliah! Poni baru dan Weekend KMK!

Minggu ketiga udah dikasih PR…Paper bahasa Inggris, tugas dari buku cetak, sama PR kimia 20-an nomor..Lumayan sih minggu ini ada hari kosong karena belom ada praktikum. Lumayanlah hari kosong itu gue pake buat bersih-bersih kamar. Nyokap kan emang seneng dateng karena kangen jadi mumpung hari kosong ya nyokap dateng, terus bawa gue potong rambut sama lunch di Pizza Hut (sejak ngekos, makan di PH berasa elit banget haha). Mulai minggu ini gue katering gitu dianter sore-sore buat dinner. Oke banget deh dengan 10ribu udah dapet nasi lauk sayur plus buah..banyak lagi jadi bisa diparoh buat sarapan pagi..Untungnya minggu ini peralatan gue udah lengkap. Udah ada ricecooker, pemanas air yang elektrik, teh sama gula, tempe orek, spaghetti sauce, sama tambahan stok sendok, mangkok, sama keset kaki..

KMK ITB 09

KMK ITB Angkatan 2009

Yang amat sangat pengen gue highlight dari minggu ini adalah: acara WEEKEND KMK! Jadi baru aja gue pulang dari acara Weekend Keluarga Mahasiswa Katolik, acara SKB (Syukuran Keluarga Baru). Seru banget deh. Jadi acaranya diadain di Lembang. Ada outbond, hiking, ketemu senior, basah-basahan, sama misa. The best weekend ever deh. Banyak detail lainnya tapi gue pengen belajar jadi lanjut ntar deh, toodles!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s