my java jazz festival 2010 experience

My highlight of my life lately: going to Java Jazz Festival 2010!

My friend and I bought tickets a few months beforehand so we got our tix for really nice prices (Rp 287.000 for one 3 day pass, not bad eh?)

Ya gue sih waktu itu sangat antusias untuk nonton JJF karena wishlistnya yang sangat sangat menggiurkan dan memuat banyak musisi favorit gue! Sebut saja waktu itu di wishlistnya ada Adele, Corrine Bailey Rae, Al Jarreau, David Foster, Santana, John Legend (meskipun ujung-ujungnya gue juga kagak beli tix special shownya karena mahal huhu). Yaudeh, gue bela-belain deh tongkrongin website JJF sampe muncul early bird tix gelombang pertama yang paling murah. Yasud, gue langsung beli online dan transfer lalala.

Lah lambat laun, itu wishlist makin sepi, makin sepi sampe yaaah yang paling gue anticipate malah kagak jadi. Ya udeh, apa boleh buat, tapi gue pikir ah yaudahlah buat refreshing sama hiburan jazznya yasudlah, lagian murah ini tiketnya. Yasud abis UTS Kalkulus langsung ciao Jakarte tuh sama sohib gue Melati sama mobil keluarganya, kebetulan emak sama kakaknya juga nonton, dan rumah doi jadi penampungan gue selama JJF hehe, big thanks banget dah buat keluarga Melati dan Jeng Tiara!

Nah kan hari pertama which is hari Jumat kan tuh, pokoknya hari Jumat gue ngincerin Eric Benet. Untung ajeh di BlackBerry gue udah gue install aplikasi Java Jazz jadi bisa browse jadwal, denah, info artis, sampe info tiket segala. Demi kemudahan BB-an gue pake layanan BB One yang goceng sehari tuh, padahal biasanya pake yang murah BB Gaul yang 2ribu sehari haha. Yaudeh nyampe lokasi sempit-sempitan deh sama orang-orang. Panjang bok antrian ngecek tiket sama discan metal detector. Lucunya pas hari pertama, tiketnya kagak discan barcodenya, jadi waktu itu sangat memungkinkan banget kalo ada yang memperbanyak tiket secara ilegal (ya gatau sih habis cuma diliat bentar, kagak discan!). Begitu masuk, foto deh di semacam ‘red carpet’nya JJF terus langsung liat lokasi. Kesan pertama: ribet, sumpek, rame. Sumpah, entah kenapa kok dulu perasaan di JCC kagak sehektik itu dah. Yasud, kita langsung ke tempat Eric Benet main. Masih ditutup kan tuh pintunya, bodo amat deh gue jabanin aja deh ngantri situ, masih sepi cuma ada crew dan beberapa orang lagi. Sementara yang lain pada beli makan, gue tongkrongin aje tuh. Setelah nunggu…eh antrian makin padet, makin panjang. Karena gue udah setia dari lama nongkrong depan pintu gue terdepan dalam prestasi, eh salah, dalam antrian maksudnya. Lucunya, itu pintu dibukanya tiba-tiba dan super duper all of a sudden pas gue lagi asik ngobrol sama si Melati. Entah kenapa ya, naluri gue begitu pintu dibuka langsung ngibrit SPRINT! Ya, SPRINT dan gue lari super cepettt. Dapet deh duduk di barisan kedua hihi😉 sebenernya pas masuk, si Ron King Big Band rupanya masih latian-latian, cek sound gitu haha, tapi ya kita mah penonton ya fine-fine aja asal udah pewe di tempat duduk masing-masing haha. Kebetulan samping gue juga seorang alumni TI ITB haha, jauh-jauh eh anak ITB lagi ketemunya haha. Setelah nunggu akhirnya Eric Benet keluar!! Doi membawakan hits-hits jazz seperti ‘The Way You Look Tonight’. Aduhh suaranyaaaaa, AAAAA bagus dan doi super duper gantengggg🙂🙂

Nah hari kedua. Hari kedua kita nyampe sore-sore gituu. Begitu masuk langsung nonton si Alexandra Sherling. Wah doi suaranya juga kerennn.😉 Si Alexandra kuyusss banget.

Highlight gue di hari kedua shownya Diane Warren. Sebenernya itu gue cukup hoki sih bisa duduk nonton show Diane Warren paling depan. Kan waktu itu abis bubaran nonton Andre Hehanusa di hall yang paling besar. Yasud karena gue tau Diane Warren abis itu, ya sama kayak show Eric Benet, gue tongkrongin ajeh tuh pintunya. Bahkan gue sempet masuk bentar pas orang-orang masih pada keluar buat liat keadaan dan letak panggung. Nah, kan disuruh keluar tuh sama crewnya, keluar terus ga lama kemudian antrian memadat dan memanjang. Pintunya cepet sih dibuka, gak selama show Eric Benet. Begitu dibuka, jeng jeng jeng, seperti biasa gue SPRINT LAGI ke barisan paling depan. Emang terasa deh manfaat mata kuliah olahraga. Semua ibu-ibu gue balap, sehingga gue mendapat barisan paling depan. Oh iya secara kebetulan pas ngantri gue ketemu temen FTI ITB, si Mitha. Doi sendirian sama gue juga sendirian. Yasud kita bareng aja, terus temen-temen doi nyusul. Nah pas itu tuh ada insiden..Melati sama emaknya kepisah, entah kenapa emaknya ilang. Pasti lo sekarang mikir, lah kan tinggal nelepon. NAH ITU DIA KENDALA SELAMA JJF. Gue gak tau sinyal yang bapuk atau apa, tapi telfon, SMS, kagak bisa masuk!!! BlackBerry Internet Service juga kagak nyala! Gue BBM orang-orang pending, browsing kagak bisa, nge-tweet juga kagak bisa. SMS orang pending, nelfon kagak bisa. Anjritlah stress bangettt!!!!! Gosipnya sih, sang provider yang jadi sponsor utama acara JJF itu seakan-akan ‘monopoli’ sinyal di venue jadi yang jalan sinyal doi ajeh, sinyal provider lain jadi bapuk. Ah entahlah, pokoknya itu bener-bener bikin negative impression JJF bagi gue. Okay back to the Diane Warren show, okay gue dan Mitha berhasil duduk paling depan dan gue nge-tag tempat duduk buat Melati ama emaknya (kakaknya misah, nonton sama pacarnya). Setelah gue tunggu, kagak dateng-dateng deh itu Melati. Nah karena sinyal provider gue sangat bapuk di venue JJF, telfon nyambung itu super duper ALHAMDULILAH, nah setelah ribuan kali gue mencoba menelfon Melati ternyata doi masih nyari emaknya sampe nangis segala buset deh. Yah kagak heran sih. Handphone kagak berguna gitu karena sinyal bapuk, mana ramenya pol banget susah banget pasti nyari orang. -_- Yah udeh, ahirnya gue nonton Diane Warren sama Mitha sama grupnya. Yah lumayanlah untung paling depan deh. Seneng dapat snapshot oke haha, coba punya kamera kerenan haha. Kaget aja loh gue dalam show Diane Warren ada Sandy Sondoro dan Eric Benet muncul! Anjrit seneng banget, jackpot banget gue paling depan dan ketemu Eric Benet lagi!! Ihiiyyy😉 Sebelom acaranya mulai, gue gak sengaja nguping pembicaraan yang duduk di belakang gue, tante-tante muda gitu, kayanya crew yang ngatur seat VIP deh. Kan VIP macem Peter Gontha, SBY, kan duduknya di atas gitu kan, katanya ada orang penting gitu ngeluh maunya dapet tempat duduk di depan. Ah elah, bacot ah haha si tante-tante muda itu menjelaskan dengan sabar, kalau untuk special show doi bisa guarantee best service untuk si VIP songong, tapi karena show Diane Warren itu umum dan siapa cepet dia dapet, kagak bisa doi..haha kesian-kesiann, makanya kayak gue, ada effort nongkrongin pintu dibuka dan sprint sampe row terdepan! Haha😉

Hari ketiga gak ada yang bener-bener pengen gue tonton sih…gue asal masuk hall aja nonton apa yang ada. Keren-keren sih overall. Karena gue udah cukup lelah, dan ilfeel dengan kehektikan, kemahalan, dan kebapukan sinyal, antusiasme JJF gue berkurang drastis. Pokoknya seiring berjalannya waktu 3 hari itu, grafik antusiasme JJF gue menurun deh. Sangat.

Bagi gue berikut hal-hal yang mengecewakan dari JJF 2010:

– Sinyal provider gue dan kalau gak salah provider lain di luar provider sponsor JJF 2010 sangat sangat bapuk, bawa handphone nyaris gak ada gunanya karena SMS, BBM, telfon itu gak bisa masuk begitu masuk ke dalam venue. Masak begitu gue keluar ke jalan raya yang depan JiExpo, dan masuk ke dalam mobil, yah elah, langsung masuk deh SMS-SMS ‘lo dimana mon?’ gitu-gitu, dan sms dari customer service tentang ‘Nomor blablabla menghubungi Anda pada pukul lalalallala’ Anjritlah itu bener-bener bikin gedek

– Rebek ah mesti pake kartu isi ulang segala yang semacam kartu Flazz BCA yang mesti diisi ulang segala. Untung beberapa gerai cincay aja sih pake tunai.

– Mahal banget anjinggg harga-harga di dalem. Mana kagak boleh bawa konsumsi sendiri lagi, anjrit lahhh. Ada kali di dalem gue beli suvenir plus makan sampe 600ribuan. Dalam 3 hari. Buset.

-WC-nya KURANGGG BANGET! Ngantri WC terutama pas jam-jam 11-an dan hari Sabtu, hari ter-ramai JJF, itu udah kayak ngantri BLT. Aduh mana pas JJF hari kedua, gue ada masalah di sistem pengeluaran gue, entah kenapa gue beser dan pengen pipis terus, jadinya gue pipis, terus ngantri lagi. Walhasil gue gak nonton Sandy Sondoro.

-Venuenya hektik hektik hektik, banyak yang ngemper di lante, ngerokok. Anjrit gak nyaman banget nyet untuk sebuah acara jazz yang harusnya nyaman gitu.

Temen-temen gue yang JJF, saking kecewanya, udah kagak mau nonton JJF lagi haha. Ck ck ck, I hope my blog reaches the eyes of the event organizer or the crew so it can be considered for evaluation.

Kesimpulannya..

Untuk tahun depan, JJF 2011, gue bakal mikir-mikir deh beli tiket JJF, kalo di JiExpo lagi aduh gak deh, ilfeel gue nyet, tapi kalo artisnya yang bener-bener wajib tonton, dan beneran jadii dan tiketnya terjangkau yaudeh gue jabanin deh, tapi kalo nanggung-nanggung ah mendingan nggak.

Jadi, dengan skala 1 sampai 10, overall JJF gue berikan nilai 5,5. Terlalu banyak kekurangan yang sangat mengganggu kenyamanan dan pretty much spoiled semua kenikmatan dan ekspektasi gue akan JJF yang oke.

Good luck for the next JJF!

~cheers, Monica R.S.

p.s.

all the pics below are mine and one is my friend’s. We took them by ourselves using our digicams, so please handle them with care.

after the Eric Benet show

eric benet!

me❤ eric benet

mister eric doin his thing

the fab Alexandra Sherling. She's super skinny!!

eric benet in the diane warren show

the diane warren show

java jazz

2 thoughts on “my java jazz festival 2010 experience

Leave a Reply

