bandung hot spots vol. 1

Setelah hampir satu tahun merantau di Bandung, berikut adalah daftar tempat makan asik yang sudah gue kunjungi. Trust me, the list is growing๐Ÿ™‚

1. Black White Cafe

Oke kafe ini gak mungkin absen dari list ini karena ini tetangga gue. Yak kosan geu dan kafe ini sebelah-sebelahan, jadi di kala hujan atau mager (males gerak) jauh-jauh buat cari makan biasanya tinggal turun, mesen ke mbak-mbaknya, terus minta tolong anter ke depan kamar๐Ÿ™‚ Well, selain itu kafe ini juga lumayanlah buat wifi-an, jadi tinggal bawa laptop aja atau gadget ber-wifi lainnya. Selain itu ada tivi dengan proyektor gede dan shisha (gue sih gak penggemar shisha tapi). Untuk makanan juga lumayan kok dan gak terlalu murah. Akhir-akhir ini gue sering pesen chicken soupnya, itu semacem cream soup gitu seharga 10 ribu perak aja. Selain itu kalo pengen nasi pake lauk sih gue suka chicken teriyaki, sekitar 14 ribu deh kalo gak salah. Di sini ada live music dan asik buat nobar.

2. Kafe Kebon

Nah kafe ini juga deket kosan gue, sejalan gitu deh cuma mesti jalan gak kayak Black White yang tinggal ngesot. Kafe kebon itu tempatnya kecil dan terbuka. Di sini yang spesial tuh pizza-nya, tipis gitu. Gue sih seneng mesen spaghetti carbonara. Di sini juga asik buat wifi-an. Pas bulan puasa, gue siang-siang ke sini kan sepi banget tuh gue bawa laptop, wah download speednya 200-an kbps! Haha langsung deh download frenzy๐Ÿ™‚ Range harga disini masih terjangkaulah..pizza kecil sepuluh ribu, spaghetti yang sering gue pesen sekitar 19ribu ya pokoknya belasan ribu rupiah tapi nyerempet ke 20 ribu. Selain pizza dan pasta ada juga makanan Indonesianya.

3. Potluck

Lagi-lagi tempat hang out yang dekat kosan gue, yang ini tinggal nyeberang. Potluck itu cafe yang dilengkapi library. Apa library yang dilengkapi cafe? Pokoknya mereka saling melengkapi. Tempatnya cozy, urban, jazzy, dan modern. Pas gue ke sini gue pesen waffle topping coklat (gue lupa nama menunya) dan orange juice. Wafflenya gede, mengenyangkan (gue aja yang laper gak habis), dan orange juicenya entah kenapa berasa enak banget. Tapi Potluck ini cukup mahal sih, gue makan sendirian di sini habis 57ribu rupiah. Kinda expensive untuk ukuran anak kosan sekali makan gitu.. Tempat ini asyik buat ngumpul, wifi-an, ngansos, baca buku yang ada di rak-raknya. Makanannya juga asik-asik, ada counter dengan basket-basket berisi pastries dan salah satunya cinnamon roll, one of my faves (tapi belum gue coba cinnamon roll keluaran Potluck). Di sini juga sering ada event-event ciamik cem penampilan jazz gitu. Kalau punya duit lebih, pengen waffle/pancake tapi males jauh-jauh ya pilihan gue ke Potluck.

4. Treehouse

Resto ini cute dan girly banget decornya. Letaknya deket RS Borromeus, which is dekat kosan dan dekat kampus, yaah kinda in the middle of both. Ada juga cabang baru di Ciwalk, tapi gue sih prefer yang di deket Borro. Makanannya juga lumayan dan tempatnya asik juga buat wifi-an. Pancakenya sih biasa aja, pastanya juga biasa aja. Gue sangat senang membeli sosis dan pie disini. Sosisnya enak banget, produksi Treehouse. Jenis favorit gue adalah Cheese! ย Kalau orang rumah ke Bandung pasti mampir deh ngeborong buat dibawa ke Jakarta. yPienya enak, ngenyangin, dan bisa pilih chicken atau beef. Jangan bayangin cem Pia Apple Pie, ini pie isi cream gurih, daging, dan sayuran. Enak deh pokoknya๐Ÿ™‚ untuk appetizer gue sangat suka quasadillas’nya. Segar!

5. Warung Pasta

Yak Warung Pasta..letaknya segang sama kampus Ganesha tercinta. Asik buat dinner, kongkow, buka bareng (buka puasa maksudnya :p), dan wifi-an. Biasanya sih kalo ngampus sampe malem dan bingung mau makan apa ya makan disini (kecuali kalau lagi krismon pribadi). Secara gue pecinta keju yang creamy, gue pesen yang banyak keju, entah dipanggang atau nggak pokoknya yang penting cheesy๐Ÿ™‚ pasta yang rasa kari juga enak, namanya Amitabachan. Kalau minuman biasanya gue ice tea refill, secara gue anaknya kuat minum kalo pas lagi makan. Tempatnya rada kecil sih dan kadang suka rameee banget, kayak pas USM 2010 yang Terpusat (USM 2 yang di ITB) widih penuh banget, isinya peserta USM semua. Ya kalo lagi ngidam pasta ya ke WarPas.

6. Nanny’s Pavillon

Gue baru sekali sih ke sini. Jauh sih lagian, rada rempong angkotnya. Tempatnya kecil, cozy, dan lucu. Menunya juga lucu. Pas disana rasanya mau nyobain semuaaaa๐Ÿ™‚ makanannya variasi pancake/waffle dan pasta-pasta dan nasi keju gitu. Waktu itu gue nyobain fettucine carbonara (gue emang mesen menu ini dimana-mana mau nyari yang terenak soalnya haha). Sayangnya waktu itu di makanan gue ada rambut, tapi setelah complain diganti sih sama waitressnya, jadinya super kenyang deh gue haha๐Ÿ™‚ Gue belom nyoba waffle/pancakenya yang konon katanya super enak itu. Next time deh..ini juga cukup agak mahal sih jadi mikir juga kesananya hehe๐Ÿ™‚

7. Kartika Sari

Mungkin Kartika Sari lebih dikenal sebagai pusat beli oleh-oleh lah ya. Keluarga gue sih demen makan di sini, di restonya. Bisa beli oleh-oleh sekalian makan, jadi one stop aja..adek gue juga bisa main di wahana anak-anaknya. Makanannya enak. Pastanya lumayan. Gue sih demen soto betawinya. Enakk๐Ÿ™‚ Dari harga juga lumayan..gak terlalu mahal lah. Ini tempat oke deh buat ngajak keluarga๐Ÿ™‚ tempatnya juga enak, lega dan cukup elegan, cukup terpisah dari grasak-grusuk kehebohan turis membeli oleh-oleh.

8. Mie Jawa Dipati Ukur

Ini mie jawa emang enak deh, nagih. Gue biasa pesen yang mie goreng. Mie jawa tak lengkap tanpa teh poci dengan gula batu. Yummeehhh๐Ÿ˜€ Harganya juga cukup ramah di kantong. Katanya ini emang terkenal sih. Dan terlebih lagi ini mudah dijangkau dari kosan dan kampus. Cukup naik angkot sekali, yang ke arah DU, atau bahkan kadang jalan kaki kalau pulang misa dari Borromeus.๐Ÿ™‚

9. Kedai Buntut

Kalau lagi pengen sop buntut, gue ke sini. Sama, letaknya juga di Dipati Ukur. Tempatnya kecil banget, lumayan cozy. Gue pernah makan disini sama sohib gue si Melati, terus kejebak hujan deras. Di sini sop buntutnya gak sekedar buntut biasa, goreng, atau bakar tapi flavornya di-variasi. Gue biasa pesan karamel lada hitam, well I have a demanding sweet tooth, alias senang yang manis-manis. Range harga, not bad lah, dan makan disini cukup mengenyangkan. Sayang aja gak bisa rame-rame karena tempatnya mini!

10. Bajak Lauk

Bajak Lauk juga terletak di Jalan Dipati Ukur. Bajak lauk menyajikan seafood dengan cara di-grill. Ada macem-macem, ada gindara, cumi, pari, dan lainnya. Gue sih biasa pesan gindara. Bentuknya fillet gitu ukurannya setangan orang dewasalah kira-kira. Yang gue seneng disini di samping grilled seafoodnya adalah..sambelnya! Jadi di resto ini sambelnya ada berapa jenis (kalo gak salah ada 4). Keempatnya itu rasanya unik dan enak! Terus paling mantep deh makan ikannya dengan cah kangkung, nasi pulen hangat dan es teh manis. Behh mantap. Udah gitu harganya juga ramah di kantong๐Ÿ™‚ Asik juga buat rame-rame, tempatnya gak gede sih, tapi bawa 12 orang bisalah, meja digabung-gabungin.

11. Gang Sempit (Beware! Ini Haram!๐Ÿ™‚ )

Malam-malam ngidam daging babi, kami biasa ke sini, minta tolong salah satu teman kami setirin. Tempatnya turun ke Bandung bagian bawah, seinget gue ke Braga gitu, (gue lupa nama jalannya). Tempatnya gak mewah, jadul-jadul gitu. Hidangannya bervariasi, dan rasa-rasanya ya rasa Chinese food gitu, gurih-gurih sedap MSG haha๐Ÿ™‚ Well, kita sih biasa pesan hidangan babinya. Ada juga hidangan lain yang biasa kami pesan tapi lupa. Gue sih senangnya makan disini, selain enak, porsinya gede dan harganya cukup ramah di kantong untuk ukuran porsi sebesar itu, jadi makan kenyang dengan hidangan yang macem-macem paling kena 20 ribu lah maksimal. Kayaknya disini juga ada yang halal, waktu itu berapa kali gue liat ada yang berkerudung makan disini. Ya gak tau juga sih, ya amannya yang boleh makan makanan haram, wajib banget cobain!๐Ÿ™‚

Uncategorized

Leave a Reply

