Sayonara Semester 5!

Semester lima beres juga akhirnya, awww yeah!

Sayonara Labtek 1!

Lewat juga semester yang waktu itu bikin deg-degan karena..LABTEK! Labtek itu apa sih? Labtek itu mata kuliah tingkat 3 di program studi (which we call prodi for short) teknik kimia dengan bobot dua SKS tapi memakan 2 hari++. Selasa dan rabu, dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore praktikum, dua minggu sekali, dengan 4 modul. Pas labtek praktikan gak boleh cabut duluan, dan ke WC dan makan aja harus absen dan tanda tangan disaksikan asisten. Gak cuman praktikumnya yang seru, sebelum dan sesudah labtek juga.

Syarat praktikum adalah lolos pembicaraan, dry run (semacam test drive alat-alat praktikum gitu), dan cek alat. Pembicaraan itu semacam tes lisan dengan dosen. Pembicaraan ada dua ‘season’: pembicaraan awal pas sebelum praktikum dan pembicaraan akhir sesudah praktikum. Untungnya labtek itu dijalani berdua dengan partner dan kali ini setiap praktikum berempat (dua pasangan). Pasangannya itu ditentukan (jadi waktu nunggu-nunggu dapet siapa buat pasangan labtek deg-degan jugak!). Nah pas pembicaraan itu ditanya-tanya seputar praktikum dan ilmu yang berhubungan sama praktikum. Jadi persiapan pembicaraan jelas nggak cukup kalau mau baca-baca jurnal praktikum doang, tapi harus belajar dari mata kuliah yang berhubungan karena yang ditanya dosen pas pembicaraan itu bisa ajaib banget haha. Pembicaraan itu bisa santai, bisa dibantai, bisa bolak-balik, bisa lamaaaa banget, bisa menegangkan. Beuh banyak deh suka dukanya dan banyak juga pembelajarannya. Boro-boro pembicaraannya, terkadang bikin janji aja sulit, ada dosen yang sibuk, atau malah kitanya yang sibuk susah cari waktu. Dari pembicaraan, kami bisa belajar gimana berkomunikasi efektif dengan orang yang lebih tua dan ‘atasan’ . Pada pengalaman labtek gue ada sedikit duka, di mana pembicaraan ada yang busted sehingga labtek tertunda. Nah jadi kalau dari pembicaraan praktikan dinilai belum siap praktikum, ya udah ditunda aja gitu labteknya di slot waktu lain. Pada saat itu sedih banget jadi gak bisa selesai labtek barengan yang lain tapi pada akhirnya ada hikmahnya juga.

Nah yang menyusul setelah dua hari labtek itu beres adalah…*jeng jeng* pembuatan laporan dan pembicaraan akhir! Untuk 4 modul praktikum, 3 modul dibikin laporan singkat, 1 modul dibikin laporan lengkap. Soal modul yang mana yang dapet laporan lengkap itu ditentukan. Laporan singkat itu tulis tangan, di HVS dengan border yang udah ditentukan formatnya, gak boleh ada tip ex, dan dikumpul H+1 paling lama jam 12. Jadi dari rabu ke kamis itu sudah jelas pasti begadang. Kenapa? Biarpun lo selesai labtek Selasa sore misalnya, kan harus tetep dateng hari Rabu tuh, itu nggak boleh ngerjain laporan! Gue gak ngerti juga sih kenapa ada peraturan itu. Lo ketauan bikin laporan sama asisten (jadi asisten itu suka dateng ngeliat-liat, kalau ada pelanggaran, di-SP!) bisa di-SP. SP itu surat peringatan kalau melakukan pelanggaran. Ini jadi momok anak-anak yang labtek. Kalau lo di-SP tiga kali, terancam tidak lulus mata kuliah labtek. Ngeri beut kannn. Jadi kalau ada yang kena SP pasti diomongin anak-anak..Partner gue pas labtek 1 adalah si Ricky gendut. Untungnya gue sama si Ricky udah cukup berteman baik jadi enaklah kerjasamanya. Kalau abis labtek 1 itu gue sama Ricky langsung cari tempat buat bikin laporan. Pas modul-modul awal masih nyari kafe 24 jam tuh, sambil dinner. Tapi akhirnya lama kelamaan karena pengen cepat kelar akhirnya langsung nonstop abis kelar labtek jam 5 langsung bikin laporan di kampus tanpa makan haha. Pas modul yang terkenal lama bikin laporannya, gue, Ricky sama partner paralel gue, Elsa dan Okky nginep di kosan Elsa buat bikin laporan (padahal besoknya UTS juga, materinya susah pula). Untungnya kamar kosan Elsa besar dan selow, jadi cowok boleh nginep. Bayangin aja, demi ngerjain laporan akhirnya cewek sama cowok berempat menginap haha. Gak usah mikir yang macem-macem, gak mungkin ada chemistry apa-apa di antara kita, udah bro-zone banget hahaha.

Pembicaraan akhir itu lagi-lagi pembicaraan berempat plus dosen yang megang modul yang udah dijalani praktikumnya. Pas pembicaraan akhir biasanya bahas laporan sih, ada tipe dosen yang bahas kata per kata, sampai diperhatikan EyD-nya, susunan kalimat, tanda baca, dsb. tapi ada juga yang secara garis besar aja dan cuma bahas data hasil praktikum. Dannn biasanya sesudah pembicaraan akhir dosen minta revisi laporan. Fiuh banget deh begitu semua beres haha.

Kegiatan dan social life pas semester ini

Kesibukan gue di semester ini lebih banyak di himpunan dan jurusan. Contohnya jadi MC pas seminar Indo-Jerman, STKSR 2011, dan Himatek Berkarir. Oh iya pas semester ini kan gue ulang tahun, dan gue disurprise dua kali, seneng banget deh rasanyaπŸ™‚ Selain menerima surprise ulang tahun, semester ini juga banyak ngasih surprise ulang tahun dan makan-makan hahaπŸ˜€ Kalau kesibukan di luar itu adalah jadi bagian dari panitia ITB Fair 2012 khususnya di divisi Entertainment and Culinary, di bagian pertunjukan yang kerjaannya adalah ngurusin panggung dan hiburan yang mengisi panggung tersebut. Semester ini menjelang November gue juga sibuk di kepanitiaan Reuni Akbar 70 Tahun Teknik Kimia ITB. Gue di bagian food beverage and exhibition..basically konsumsi dan pameran digabung, cuman berdua ngurusnya dengan kawan seperjuangan Santi. Meski repot dan rempong banget pas hari H, puji Tuhan Alhamdullilah lumayan digaji dengan jumlah di luar ekspektasi..lumayan buat shopping baju cantik hahhaha. Untuk kegiatan di luar itu, jujur aja gak sempet karena mungkin memang gue yang belum jago ngatur waktu dan tenaga gue.

Hari-hari combo maut semester ini

Entah kenapa semester ini gue sering banget kena kombo maut di mana pas pekan labtek banyak ujian..Pas semester ini pernah gue menjadi satu-satunya di angkatan dengan kombo mulai dari jumat-sabtu-senin ujian nonstop tapi senin deadline laporan lengkap labtek. Dan di weekend tersebut gue kena muntaber sehingga ada satu ujian gue yang sudah gue rencanakan harus A malah faill banget karena sakit gue bikin gak bisa konsen belajar. Gimana mau belajar dikit-dikit mau muntah dan ke WC =_= Anyway kombo-kombo tersebut gilalah, bikin jam tidur mengurus dan tubuh menggendut karena makan tengah malem dan gak sempet bikin/cari makanan yang bergizi dan rendah kalori.

New stuff this semester

Pada semester ini gue mempunyai dua hal baru (Alhamdullilah, puji Tuhan…) yaitu rambut baru dan ponsel baru!! Setelah semester ini gue bolak balik salon rapiin rambut, akhirnya gue memutuskan untuk dipotong pendek aja (agak kontradiktif ya dengan post gue yang ‘Pentingnya punya rambut panjang’). Kenapa? Buat apa rambut panjang kalau rusak dan rontok! Gue gak ngerti banget, semester ini kerontokan rambut gue menjadi-jadi. Gue pikir daripada rambut gue panjang tapi tipis dan bikin gue terlihat tua, mending dipotong aja, ditebelin dulu dan biar fresh juga. Gue motong di New Black Salon, di depan kosan gue di sebelah kafe Potluck. Gue suka sih motong di situ karena cocok dan mengerti model rambut yang cocok dengan muka. Jujur aja, gue cuma bisa memercayakan nasib rambut gue di tangan seorang *maaf banget* banci. Karena doi itu biasanya seleranya oke dan jago. Dan benar saja gue puas banget dengan hairstyle gue dan menerima banyak komentar positif (meskipun dibarengi kaget karena rambut panjang gue sudah tiada). Udah lewat berminggu-minggu pun masih oke kok modelnya dan gampang dimanage..tinggal diblow bentar setelah keramas terus udah deh. Yang penting mah dirawatnya bener, pake conditioner, tonik/serum dan rajin keramas. Akhirnya gue punya potongan rambut selain the usual shaggy panjang berponi. Enak juga loh gak punya poni, gak usah ribet kalo ketiup angin Bandung yang disastrous banget bagi rambut. Nah selain rambut baru, gue punya bb alias blackberry baru. Setelah bersama dengan si gemini korengan dari TPB (yap bb gemini gue korengan, lapisan karetnya banyak yang udah copot jadi chip-chipnya terekspos ke dunia luar -_-) orang tua gue begitu baik hatinya membelikan blackberry Torch 2 9810. Sumpah pas hari itu sesuatu banget. Jadi hari itu hari Sabtu, paginya ada ujian Pengelolaan Limbah Industri. Nah sesudah ujian, gue dan anak-anak pada ke himpunan. Hari itu emang tanggal 22 dan gue emang berniat mau ke Starbucks, bawa tumbler dan beli beverage dengan half priced, dan menghabiskan waktu di situ dengan belajar buat ujian pekan depannya. Kebetulan temen gue si Bonjay juga punya niat sama, dan gue akhirnya ngajak temen gue si Santi. Nah ya udah si Bonjay bawa mobil jadi gue minta dianter ke kosan buat ngambil buku-buku yang gue perlu terus langsung cabut ke Starbucks BIP. Bodohnya pas mampir di kosan bb gue ketinggalan tapi gue pikir yaudahlah gapapa, sekali-sekali hidup tanpa BB. Nahhh, sebelum ngebucks si Bonjay mau ganti tinta printer di BEC ya udah deh gue temenin. Pas udah kelar lewat toko handphone entah kenapa gue mampir dan nanya-nanya harga BB dan ngeliat-liat dengan mupeng dan berangan ganti BB. Nahh setelah itu kita di Starbucks, baca-baca materi tentang filter, ngobrol bentar, terus mampir di Hypermart beli keperluan terus balik. Begitu balik nyampe kosan kan buru-buru tuh cek HP, siapa tau ada yang penting…eh tau-taunya entah ada berapa puluh missed call dari nyokap, message di Facebook, BBM, dan SMS yang semuanya isinya: ‘Monik kapan pulang? Papa beliin kamu BB Torch 2, kapan mau diambil?’ Sumpah deh gue langsung teriak (kecil tapi, gak heboh). Kebetulan banget baru aja nengok BB baru, eh tau-tau dibeliin. Udah feeling kali yak. Tanpa pikir panjang dan karena emang hari Minggunya gue gak ada kegiatan gue ke Cititrans dan naik travel ke Bintaro. Akhirnya, pensiun juga BB Gemini di tangan gue dan pindah tangan ke adek gue haha. Sejak gue punya Torch 2 jadi gak sembarangan lagi naro BB dimana-mana, hati-hati banget. Karena di kosan gue wi-finya super asik jadinya gue ngebrowse Tumblr, 9gag langsung aja dari BB, discroll pake jari :p Udah gitu kamera Torch itu cukup oke sehingga tanpa kamera pun gue bisa ngambil foto dengan kualitas yang lumayanπŸ™‚

Akademik semester ini

Semester ini gue ngambil 19 SKS..jadwal semester ini juga cukup padat terutama pada hari Kamis dan Jumat. Jumat gue full dari jam 7 sampe jam 5, istirahat cuma pas solat jumat..Nilai gue ya begitulah, ada yang bagus ada yang jelek..kemaren pontang panting bangetlah pas UAS. Gue berharap hasil semester ini gak buruklah..Aminn.

Diet dan fitness selama semester ini

Nah pas awal semester diet gue berjalan baik dan disiplin (karena pas awal belum stress dan belum sesibuk bulan-bulan setan, as I call it, di mana bulan itu banyak ujian, deadline tugas, kegiatan). Fitness juga teratur dua hari seminggu dan di hari pas nggak fitness lari pagi di taman dekat kosan. Gue akhirnya memilih Equinox Setiabudi sebagai gym gue karena alatnya lengkap, bersih, dan walk in pas weekend itu cukup murah yaitu 30rb. Di Equinox itu cukup mahal sih, sebulan untuk student 400ribu. Tapi karena kepadatan jadwal yang sulit buat disempet-sempetin fitness pas hari biasa, akhirnya gue memilih untuk gak jadi member..toh pada akhirnya kalau gue member pun gue bakalan sempet fitness weekend juga, jadinya jatohnya lebih murah gue per dateng aja bayarnya haha. Equinox itu peweeee banget. Alat cardionya banyak banget, dan tiap alat cardio terhubung dengan TV pribadi yang dilengkapi cable Indovision. Jadi tinggal bawa headphone atau minjem headphone yang udah tersedia di situ terus udah deh bisa nonton Starworld sambil power walk di atas treadmill. Buat anak kosan tak ber-TV macem gue, cardio sambil nonton Indovision sih sangat menjadi penyemangat ngegym HAHA. Nah pas sekitar bulan Oktober-November itu mulai kacau semuanya. Yang tadinya gue gak jajan kue-kue atau gorengan yang ada di himpunan/Oktagon akhirnya jadi beli juga, apalagi kalau gak sempet sarapan. Pernah gue sebulan gak fitness sama sekali karena sibuk, weekend padat dengan kegiatan/ngerjain tugas/nyiapin ujian atau malah ujian pas Sabtunya. Berat badan gue juga fluktuatif. Sampai sebelum Lebaran berat badan turun terus, ditambah lagi sakit diare parah gue sebelum Lebaran sehingga pas sebelum Lebaran itu sempet kurus banget haha. Nah setelah Lebaran naik turun sih…menjelang UAS turun juga sampe nyokap gue pas dateng ke Bandung komentar, “Kurus kali kau Mon, makanya makan yang teratur gak usah minum teh macem-macem.” Emang sih pas pekan-pekan itu gue sering skip makan tapi kalau soal teh sih gue paling cuma minum teh hijau pagi-pagi..Pada hari itu bokap dan nyokap nyuruh gue makan banyak mulai dari Sindang Reret, Kartika Sari, dan Treehouse. Gue jadi sering berandai coba gue suka nge-gymnya dari TPB atau lulus SMA di mana banyak waktu kosong instead of sekarang dimana jadwal menggila haha -_-

Foto-foto semester ini

STKSR 2011 (kiri ke kanan: gue, Mellisa, Denissa)

Arak-arakan HIMATEK di wisuda Oktober 2011 (kiri-kanan: Herditya, Mellisa, Santi, gue)

Bareng cewek-cewek 2009 di syukuran wisuda Himatek Oktober 2011 (Kiri ke kanan: Denissa, Tyas, Santi, Elsa, gue, Ribka) Kita bikin mahkota bunga di pedagang bunga di Jl. Wastu Kencana. Jadinya super lucuuu. Elsa calls it her best 15 thousand rupiah purchase ever, haha.

Labtek perdana! Lengkap dengan jas lab, name tag, sarung tangan, dan gogglesπŸ˜€

Makan-makan divisi Hubangan Luar Himatek di hotel Luxton

Karokean sama anak-anak UKSU 2009πŸ˜€

Labtek terakhir bareng partner dan paralel: Ricky, gue, Elsa, OkkyπŸ˜€

di Ciater rame-rame bareng anak TK09πŸ˜€

Himatek Berkarir! (kiri-kanan: Elsa, gue, Bibil)

Sete;ah potong rambut langsung ngesot ke sebelah, belajar bareng buat ujian di PotluckπŸ˜€

Foto ITB dari atap labtek biru

Beres UAS...jalan bareng! Gue sama beberapa teman jalan kaki dari kosan ke Ciwalk (lewat Pelesiran, dan ternyata cukup dekat loh!) nonton Mission Impossible 4, makan eskrim, foto-fotoπŸ˜€

One thought on “Sayonara Semester 5!

Leave a Reply

