Berobat ke dr. Rani Novian

Original Post: Januari 2012

Konsultasi Perdana

HALO HALO! Akhirnya setelah 2 tahun memakai produk dr.Rani Novian gue konsultasi dengan beliau.

Penanganan Jerawat

Pas Desember 2011 gue jerawatan lagi (gak separah dulu tapi cukup mengganggu) dan muka gue memerah apalagi pas abis mandi -_- Mumpung gue libur juga dan di Jakarta-Jakarta aja, gue konsultasi deh dengan beliau. Pas hari pertama, hari Senin gue dateng jam 3, udah tutup pendaftaran -_- yaudah balik lagi besoknya. Gue nunggu 4 setengah jam baru ketemu dokternya. -_- gue gak tau soalnya bisa bikin appointment via telefon jadinya gitu deh. Nah pas ketemu ya dianjurin minum Accutane atau pil KB karena selain jerawat di muka gue mengeluhkan jerawat di punggung dan dada. Gue milih Accutane karena kata dokternya kalo gue gak teratur minum pil KBnya, misalnya 3 hari gue skip gitu bisa tiba-tiba dapet. Males abis. Karena diliat bulu tangan gue lumayan tebel katanya gue boleh minum pil KB. Tapi kata dokternya pake Accutane lebih cepet. Jadi si Accutane ini bakal bikin jerawat-jerawatnya kering. Kalo pil KB lama. Jadinya gue milih Accutane deh terus disuruh tanda tangan surat pernyataan gitu kalo gue gak ada sakit liver dan gak akan menikah dalam 3 bulan ke depan. Jomblo ada manfaatnya juga ya bro. :p

Terus gue kan bilang gue udah pake apa aja krim-krim dan produk beliau apa aja. Yang diubah cuma pas yang malem ditambah Equinon 1 dan krim malem Retin A Glycore nya diupgrade dari 2:1 jadi 3:1. Gue nanya angka 1,2, sampe 5 itu artinya apa katanya itu kekuatan mengelupasnya. Katanya gue pada akhirnya harus naik tingkat terus sampe 5. Udah kayak naik kelas. Unlike dr.Titi gue gak diharusin untuk facial, cuma disuruh pake produknya aja.

Penanganan Bekas Jerawat

Soal treatment bekas jerawat, treatment yang ditawarkan oleh dr.Rani Novian adalah laser pixel. Kalo mau lihat kayak apa, ini gue post videonya. Kan gue nanya perbandingannya dengan dermaroller (dan gue juga cerita sebelumnya pas 2008-2009 gue ke dr.Titi Moertolo dan treatment bekas jerawat di kliniknya adalah dermaroller). Kata dr. Rani pixel itu lebih bagus (ya secara alami pasti beliau promosi lah ya). Orang yang hasil pixelnya cuma 2 kali dilaser dengan orang yang 12 kali didermaroller di tempat dr.Titi katanya bagusan hasil dr.Rani.

Tapi sayangnya gue belum bisa dilaser. Pertama muka gue harus clear dulu dari jerawat. Kedua dr.Rani menyuruh gue treatment pixel setelah beres kuliah (gue bilang gue kuliah di Bandung). Katanya kalo abis dilaser tuh mukanya diperban. Itu juga dilakukannya sebulan sekali. Kebayang sih bakal ribet dan susah beraktivitas apalagi gue di Bandung. Kalo ke kampus muka pake perban bakal heboh deh orang-orang dan ribet banget harus mengulang jawaban yang sama untuk pertanyaan: ‘Muka lo kenapa Mon?’. Kalo soal harga katanya sekali treatment 1juta. Gue sangat tertarik sih dan bakal mengagendakan ini begitu gue lulus. Nyesel juga kenapa pas libur naik tingkat kemaren-kemaren gak langsung konsul aja. 0_0

Abis berapa duit gue?

Untuk konsultasi gue kena 120rb ditambah biaya administrasi 10rb jadi 130rb. Abis itu buat obat gue kena 267ribuan lah kira-kira, buat beli Equinon 1 dan krim malem Retin A Glycore 3:1. Buat Accutane (belum sempet gue tebus obatnya! Obatnya gak ada di semua apotek, dr.Rani mengajukan apotek di kawasan Melawai gitu) katanya 1 strip 110ribu, kalo gak salah di resep dokternya 2 strip deh. Ya ditotal-total gue bisa abis sekitar 600ribu-an lah ya udah termasuk obat. Untuk yang kunjungan pertama dan belum pake produk sama sekali pasti kena lebih (buat beli sabun, sunblock, toner, Mediklin, syalalalala lainnya kalo ada).

Update Agustus 2013:

Treatment Pixel Laser dengan dr. Rani Novian

Oke, seperti yang gue tuliskan kurang lebih setahun yang lalu, gue sudah menjadwalkan akan pengobatan bekas jerawat di klinik dr. Rani Novian setelah lulus…dan ya, mission accomplished, kemaren gue baru saja melewati pengobatan pertama Pixel Laser. Setelah konsultasi dengan dr. Rani pada bulan puasa kemarin, gue menjadwalkan akan melakukan Pixel Laser yang akhirnya fix terjadwal setelah Lebaran. Saran dokter sebelum treatment adalah minum RoAccutane dan lanjutkan pemakaian krim-krim dari beliau.

Pixel Laser

Before After Pixel Laser untuk menghilangkan bekas jerawat (Source: Pixel Perfect)

Pre-Treatment: Pengolesan Salep

Sesuai janji, gue tiba di klinik dr. Rani pukul 14, mengambil nomor antrian, dan memberitahu resepsionis kalau gue hari itu dijadwalkan ikut Pixel. (Gue sudah menelfon kira-kira 5 hari sebelumnya untuk memastikan appointment treatment gue, antisipasi ke-skip, maklumlah transisi libur panjang ke hari kerja normal). Setelah menunggu giliran (rame banget!!) akhirnya gue dipanggil masuk ke ruang facial yang di lantai 2 dan disuruh tiduran. Muka gue dibersihin dan diolesin krim (yang pedih! untung boleh sambil denger musik di headset jadi nggak gitu berasa) dan diperban. Kata susternya harus 2 jam, jadi selesai diperban, gue disuruh nunggu di luar selama 2 jam. Oh iya pas sejam sebelum treatment, suster yang ngerjain gue, Suster Betty memberikan obat minum buat nahan sakit. Gue disuruh makan dan minum itu jadi oke, gue turutin.

Pixel Laser: BEAUTY IS PAIN!!

Oke setelah 2 jam………..saatnya eksekusi. Ruang treatmentnya di lantai 1, deket toilet. Jreng, pas dibuka…kayak ruang operasi Grey’s Anatomy, well a less surgery-ish type. Tau kan kalo nonton film dan tokoh utamanya kecelakaan dan pas buka mata banyak lampu-lampu di atas kepalanya. Yeah, kurang lebih kayak begitu.

haha I felt like shouting this, tapi nggak enak hahaha so I counted from 1 to 10 instead

What to expect (and trust me gue gak lebay): it is so painful. So painful, sampe gue nangis dan….ketawa-ketawa. Hahahaha.

Gue tiduran. Lampu dinyalain (dan super silau) dan gue tutup mata. Suster Betty dan dr. Yeyen sudah siap dengan senjata. The pain was excruciatingly horrific. Facial kan kadang sakit banget yah pas bagian dipencet-pencetnya. Well imagine that pain..dikalikan 100. Well, untung nyokap gue nemenin dan beliau bersedia memberikan tangannya untuk gue remas buat nahan sakit (sampe merah-merah, sorry Mama). Well good thing juga nyokap gue dan Suster Betty berkali-kali mengingatkan ‘Beauty is pain’ dan ‘No pain no gain’ dan gue juga dibebaskan untuk berteriak-teriak selama treatment (I wonder what the other patients were thinking when they heard me scream). Muke gue dilaser di 3 area: dahi, pipi kiri, dan pipi kanan. Dan setiap sebelum melaser area itu, difoto sama Suster Betty, ya untuk dokumentasi before after kali yah.

The torture…oops, I mean, the treatment berlangsung kurang lebih 40 menit lah ya. Gue ditangani dr. Yeyen, dokter di klinik dr. Rani Novian yang kulitnya super duper bagus. You know how people have really ‘poreless’ skin tapi kering? Her skin has a really healthy glow to it, bukan glow yang minyakan but a real healthy glow. The type of skin you might envy. Well, setelah treatment itu, gue naik ke ruang laser di lantai 2 untuk di laser lagi, tapi kali ini bukan pixel, tapi kata Suster Betty buat memancing pertumbuhan sel kulit baru (kan abis dilukain tuh), dan yang ini super selow dan nggak berasa apa-apa, itu selama 30 menit x 2 area (kiri dan kanan) yang ditotal selama 1 jam.

Pasca-Treatment: Maintenance di Rumah

Oke, jadi tadinya gue kira setelah Laser mukanya diperban dan baru dibuka lagi 4 hari kemudian di klinik. Ternyata salah besar. adi gue baru akan kembali ke dr.Yeyen untuk konsultasi 3 hari setelah treatment. Sampai jumpa lagi, gue bertanggung jawab mengompres muka gue dengan larutan NaCl selama 60 menit, mengoles salep luka, dan mengganti perban. Semua itu dilakukan pagi dan malam, 2 kali sehari. Nanti pas kembali ke klinik, muka gue masih dalam kondisi diperban, dan perbannya akan dibukakan oleh Suster Betty sebelum berjumpa dengan dr.Yeyen.Β Suster Betty mengajari gue cara mengganti perban sendiri di rumah dan reapplying salep luka. Rada rempong sih, tapi well no pain no gain lah ya. Oiya perbannya jangan bayangin kayak mumi yah yang diperban satu kepala dan dibolongin di mata dan mulut, tapi perbannya namanya Melolin (kapas yang satu sisinya kapas biasa, sisi lainnya material licin seperti plastik, yang ditempel pada luka). Melolin ini digunting mengikuti area yang dilaser dan ditempel pake lakban tipikal kotak P3K yang merek 3M. Rule of thumb 3 days post treatment: no sun, no water. So basically..be a vampire for 3 days. Mengurung diri di rumah dan gak boleh kena air. Mandi jangan pake shower, tapi back to basics pake ember sama gayung. Selain itu gue dikasih antibiotik untuk diminum sekali sehari untuk mencegah infeksi.

Bagaimana hasilnya? Harus berapa kali treatment?

Seberapa signifikankah sekali treatment? Apakah cukup sekali? Apakah harus beberapa kali? Well, gue sudah menanyakan ini, dan mereka belum bisa memastikan. Hal itu baru bisa ditentukan pas konsultasi H+3 dipixel, pas konsultasi dengan dokter. Dari pengalaman pasien sebelumnya sih, ada yang sekali Pixel sudah bagus, tapi ada yang 2-3 kali. It all depends on the depth of the scar and the type of the scar. Well, I’m praying for the best sih. Kalau sekali udah bagus ya Alhamdulillah banget ya, tapi kalau memang harus sekali lagi…..bring it on.πŸ™‚

Stay updated! I’ll keep posting.πŸ™‚

35 thoughts on “Berobat ke dr. Rani Novian

  1. Pingback: pindah dokter ke dr. Rani Novian « pojok monicantik | my corner to be free

  2. Halo, Monik! Wah aku lagi browsing2 malah ketemu blog kamu.
    Accutane? Tmenku abis konsumsi accutane lamaa banget 2 tahun, pas ke dr Titi Moertolo, si dokter titi ngasih tau, “Kamu gak bisa hamil sampai umur 25”. Karena memang Accutane side effectsnya mengerikan, ke arah kemandulan.

    Aku ada link nya untuk kalau mau tahu info mengenai Accutane ini lebih jauh.
    http://www.acne.org/accutane.html

    • lama bgt pake accutane mpe 2 thn.. sy yg jerawat parah aja 2 bln dah mulus abisss jerawatnya, kyk mimpi aja klo prnh jerawatan.. tu obat emang keras tapi paling ampuhhh di dunia..hihihiii… dan memang gak blh lama makenya, 3 bulan setelahnya br boleh hamil (klo mau, mksudnya..)

      • Mbak cynta, saya pake produk krim-krim dan sabun dokter rani 2 tahun, tapi accutanenya bukan 2 taun mbak..cuma sebulan haha kayaknya salah interpretasi atau saya yang ambigu..emang ampuh..tapi sedih deh setelah selesai make berminyak lagi >_<

      • Sorry, random person passing by…
        Accutane isinya isotretinoin, yang efeknya adalah kelainan kongenital (kelainan bawaan) pada janin jika diminum pada kehamilan, terutama pada trimester pertama, karena akan mengganggu perkembangan/pembentukan organ si anak ini. Tidak ada efek pada fertilitas atau kemampuan untuk punya anak. Just FYI.

  3. haiiiii monic…… wah seneng y bs consult sec.langsung di dr.Rani… btw aq juga pake tp bo gag betah sakitnyaaa….ampun deh… merah juga mpe liat kaca aja takuuut…. wajah kaya orang kerasukan setan… wkwkwkw…. padahal aq pengennnnn dapet hasil max. yah karna gag tahan jadi stop…..

  4. maaf mau tanya , quote: Karena diliat bulu tangan gue lumayan tebel katanya gue boleh minum pil KB. — hub-nya apa ya bulu tangan sm pil kb? thank you..

  5. gue juga lagi galau nih…muka gue parah bgt,gua pgn ke dr kun tp antrenyaaaaaaa gilaa…gua g kuat.thnks y infonyaaa!

  6. halooo..gw juga udah ngonsumsi pil kb itu..malahan kalo accutane ga ampuh,kalo mau yg murah beli accutane di jatinegara aja.. hubungan bulu tgn n pil kb? itu krn hormon gw,hormon androgennya tinggi,jdnya gw tuh gmpg bgt jerawatan.. jdnya hrs distabilkan sm pil kb itu, 3 bulan beturut2 make, trus lepas 2 bulan, minum lg 3x, lepas lg.. bgtu seterusnya.. kata dr. rani sih ga berbahaya, malahan menstruasi gw jd lebih traturπŸ™‚
    dr. rani novian itu bnr2 penyelamat gw deh haha..soalnya udh bertaun2 ke dokter kulit ga ada yg cocok + mahal gile…πŸ˜€

    • mba mau tanya, aku juga dikasih pil kb diane soalnya bulu tangan aku banyak. nah yang pengen aku tanya kalo aku minumnya gak berturut2 selama 3 bulan boleh gak sih?

  7. kak , bole tau gak dosis penggunaan accutane nya gmn ? diminum brp kali gt sehari , trus 1 strip itu mksdnya isi brp ??
    thanks

  8. dosis nya sekali sehari aja, 1 strip isi 10 butir. Harus konsisten deh minum accutane sesuai waktu yg dianjurkan. Karna aku berenti minum sebelum waktunya malah jerawatan lagi.

  9. sekitar setahun yang lalu saya jadi pasien dr rani. saya tertarik ke dr rani krn banyak artis2 kesana, jadi saya rasa bisa dipercayalah. jujur, hasilnya memang bagus, tapi ngelopeknya terus-menerus dan ga ada indikasi selesai ngelopek kecuali kalau obatnya dihentikan. saya pikir kalau hasil sudah bagus, tinggal di-maintenance aja. tapi kalau di-maintenance nya tetep pake obagy, ya terus-terusan aja ngelopeknya. pada saat yang bersamaan saya konsultasi ke dr kandungan, dan dia melarang saya pakai obagy krn ada kandungan retin a. buat yang lagi program hamil, harus berhenti pake retin a krn zat ini bahaya bagi janin. sekitar 6 bulan setelah berhenti dari dr rani saya baru diperbolehkan hamil oleh dokter kandungan. kata beliau, waktu 6 bulan itu untuk menghilangkan zat retin a yang sdh mengendap d dlm tubuh. oya, teman saya juga sempat pakai accutan. obatnya keras banget, kalau di teman saya itu, jantungnya jadi berdebar2 makanya dia stop. saya juga pernah baca kalau accutane itu bisa bikin mandul alias efeknya berkepanjangan.

  10. mon, cari accutane di apotik mana ya, aku dianjurin dokter cari kapsul tsb diapotik tapi susah juga. apotik di kawasan melawai, apotik apa maksudnya? udh aku cari2 blum ktemu.

    • roaccutane ada di apotik sumber rejeki, di depannya blok m square deket optik apa gitu gue lupa…dari tempat mobil2 drop off penumpang di seberangnya banyak toko emas tuh nah jalan aja ke deket optik, apotiknya di situ…

  11. Hai guys, tny donk. . obat accutane itu tnp resep dokter bisa di beli bebas? Kl aku mau mnm obatnya bs gak yaa, tnp konsul dl k dokter dl??

    • hai, bisa sih tanpa resep di Sumber Rejeki di deket blok M Square..tapi kayanya kalo saran gue sih, akan lebih baik (dan aman) jika kamu konsultasi dulu yaaπŸ™‚ always get a professional opinion when you want to insert chemical substances in your body!πŸ™‚

  12. Roaccutane itu obat keras, pengalamanku pas kuliah di oz n kosul ke dr kulit dsana, tuh dr kaget pas tahu sblmnya dr indo ku ksh tuh obat. Karena di oz, obat itu diksh kalau obat lain sdh tdk mempan. Jadi pas di oz, aku cuma diksh obat makan yg namanya minomycin…n alhasil mukaku mulus koq…jerawat bersih.

  13. Haloo.. Mau nanya. Aku jg dianjurin pake accutane sm dr rani. Tp ngeri jg wkt baca side effectsnya. Kalo km ngalamin yg aneh2 gt ngga pas minum sm pasca pengobatan?

  14. Halo monic.. thank you postingannya. It helps me yg lagi mau pindah ke dokter rani. Mau nanya dong, jarak dari berenti minum accutane sampe laser itu berapa lama ya kamu? Soalnya aku make accutane 2 bulan dan udah berenti oktober awal kemaren. Tapi pasca accutanenya ini bikin kulit jd merah gitu kalo kena panas ato matahari sampe sekarang. Ada requirement/treatment khusus gak ya kemaren sebelom kamu laser? Dan btw, hasilnya sekarang gimana? Thanks ya infonyaπŸ™‚

    • duh lupa deh jarak minum accutanenya tapi itungan minggu deh kalo gak salah. hasilnya bagus, ada improvement signifikanπŸ™‚ silahkan konsul dulu aja yaaak sama dokternya (dan jadilah pasien kritis, siapin list pertanyaan yang mau ditanya haha)

      • Hi Monica. Saya Syaza dari Kuala Lumpur. Saya nak ambil Accutane, sudah jumpa doktor pakar di sini, tspi Accutane di sini mahal sangat.😦 Kalau di tempat Monica berapa ya lepas ditukar ke Ringgit? Glad if you could help me.πŸ™‚

  15. Hai aku tertarik pakai accutane,aku lebih percaya obat oral dari pada cream2 dokter karna suka bikin ketergantungan.aku baca di acne.org kalo yang pakai accutane gak bisa cuma 2 bulan atau 3 bulan harus full course,kalo pakainya yg dosis rendah 10mg-20mg/day harus sampai 8-12 bulan baru kita acne free dan oil free yang insyallah slamanya. Kalo yang hanya sampai 4-7 bulan biasanya yang dosisnya besar 40mg-80mg/day. Kalo accutane yang di jual di apotek merek apa?
    karna aku baca di acne.org,tumblr,youtube yang bagus itu roche atau claravis. Accuatane juga tidak bahaya ko asal kita dosisnya benar dan tidak sexually activeπŸ™‚

  16. Haloo postingnya bantu bgt… bisa minta info step by step perawatan after pixel laser. Mulai dari kompres NaCl, mengoles salep luka (merknya apa?), dan mengganti perban melolin. Soalnya kmrn saya sudah beli paket pixel laser d tmpt lain, udh nyoba sekali laser ga ada perawatan kayak gitu after laser. Please infonya… thx.

  17. yg pasien dr Rani Novian spkk kalo mau beli krim RM 3:1 sama sunblock oil free ke aku aja ya! Aku jual hanya ada 4pot krim dan 2pot sunblock oil free. aku salah beli krim dan gak bisa dibalikin ke depo nya! niatnya mau nyetok buat di luar kota tp malah salah stok dibeliin yg RM harusnya obagi πŸ˜₯ sayang bgt ga dipake ya mending aku jual lagi deh biar uangnya balik lg kan. Line aku aja kalo ada yg mau beli, vnyp ya, harga ga aku naikin kok sama aja. Thx ya toling bantu kalo ada yg mau beli

    • mau mba saya krim malam 3:1 nya kebetulan saya di medan, saya udh 3 tahun lebih pasien dr rani dan gamau coba dr lain di medan jd saya butuh krim buat stock.. via line? line mbak apa

Leave a Reply

