Gearing up for senior year

So..senior year alias tingkat akhir sudah di depan mata.

GUE UDAH JADI SWASTA COY

alias mahasiswa stres tingkat akhir, kasta teratas dan tertua dalam jenjang sosial mahasiswa ITB. Di penghujung kerja praktek ini rasanya banyak yang pengen gue tumpahkan. Perasaan, impian, target, pencapaian, kekhawatiran, ketakutan, excitement, dan harapan. Ya dimulai aja ya satu per satu sebelum meledak.

Senior Year = senior level responsibilities

Oke jadi ada 2 hal besar (non-akademik) yang bakal gue jalani untuk satu semester ini:

1. Keterlibatan dalam Model UN

Ganesha MUN Club

Gue memang bukan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional tapi yap untuk setahun ke depan kehidupan gue akan akrab dengan urusan hubungan internasional. Setelah melalui tahap-tahap seleksi mulai dari essay, interview singkat, presentasi, lalu simulasi caucus gue lolos menjadi 1 dari 14 delegasi ITB untuk Model UN internasional (bisa HNMUN, bisa MUN yang lain tapi kita semua sih milih HNMUN hehe). Artinya Februari nanti gue bakalan berangkat ke Boston, US! *joget-joget* Mohon doa supaya semua lancar ;”)

Sejak terpilih menjadi delegasi ITB untuk Model UN internasional (dalam hal ini Harvard National Model UN atau HNMUN 2013) gue akan serius mempersiapkan diri buat mewakili almamater tercinta di kancah internasional (duile, asik amat bahasa gue yak haha). Gue masih sangat newbie dalam per-MUN-an tapi karena gue punya latar belakang pernah ikut ekskul debat, suka bacot (especially in English haha), dan suka isu-isu global well I’m pretty damn excited and I’m up to it! Gue sangat terinspirais juara 3 Mapres Nasional, dan juara 1 Mapres ITB, kak Hendra Kwik yang menyabet penghargaan di HNMUN 2012 lalu (interview menyusul, I really hope I can interview him for monicantik :)). Anyway, HNMUN 2013 itu diadakan pertengahan bulan Februari 2013. Until then, gue bersama 13 delegate lainnya akan latihan rutin dan gigih mencari sponsor😀

Selain HNMUN 2013, gue juga bakalan ikut Indonesia Model UN (IMUN 2012) yang diadakan oleh UI (dan secretary general-nya sohib main pas SMA, si Gadis). Gue dan partner delegate gue, si Santi, lolos seleksi buat jadi delegate di committee ECOSOC. Tarif IMUN itu agak pricey yaitu 450 ribu tanpa akomodasi, kalau mau ditambah dinner jadi 550 ribu. Tarif ini bakal gue rogoh dari tabungan jadi rasanya bakal sayang banget kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kyaaaa doakan aku yah!🙂

2. Regional Future Energy Challenge 2013

HIMATEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB) setiap tahun selama 13 tahun terakhir mengadakan Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional alias LRPTN. Tahun 2013 nanti, ketika angkatan gue, 2009, yang memegang jabatan, LRPTN ini akan naik skalanya menjadi skala regional, mengundang mahasiswa-mahasiswa dari Asia Tenggara dan sekitarnya. Tadinya gue berpikir mau jadi ketua, tapi setelah menganalisis LRPTN yang sudah ada dan mempertimbangkan gue juga mau ikut HNMUN, gue memilih menjadi Ketua Divisi Acara aja. Lagipula peran gue ini nyambung dengan latar belakang gue yang lebih banyak megang acara. Menjadi kadiv berarti memimpin tim dan ini juga bakal jadi tantangan. Satu, tantangan buat mengembangkan acara dan tantangan buat mengembangkan anak-anak divisi gue. Gue pengen acara ini rame, memberi impact, menstimulasi action lebih lanjut, dan berhasil lah secara overall. Gue gak pengen anak-anak divisi gue cuman dapet capeknya doang, tapi gue pengen mereka dapet pembelajaran yang berharga. So far dengan keadaan vakum 2 bulan (interaksi secara langsung maksudnya) karena angkatan 2009 KP dan angkatan lain di Bandung atau liburan di rumah sih cukup menantang.

Dalam rangka promosi RFEC, networking, dan memperkaya ilmu, gue diutus untuk ikut RSCE (Regional Symposium on Chemical Engineering) di Bali November nanti. Sebagai kadiv acara, gue bertanggung jawab buat mencari pembicara seminar yang excellent. Menurut gue ini sih kesempatan melatih soft skill komunikasi. Semoga semuanya lancar!

Kedua tanggung jawab non akademik di atas sih udah pasti, fix, bakal butuh:

1. Stamina yang senantiasa fit

2. Etos kerja bagus

3. Time management and energy management.

4. Doa yang tekun supaya senantiasa diberkati dan dikuatkan dalam setiap tantangan

sayonara to this vicious cycle! *crossing fingers*

Perasaan gue?

Ya, campur aduk antara deg-degan gak sabar memulai semester, khawatir kegiatan gue akan berbenturan dengan kegiatan akademik, takut kalau suatu saat berantakan, excited karena gue suka tantangan dan gue suka bidang yang gue pegang, senang karena hidup gue nanti dinamis, ketemu orang baru, pookoknya KYAAAA!! All in all, let’s just do it. Satu-satu dikerjakan dan diatur.

Strategi?

Komandan perang sebelum terjun ke medan perang udah sepatutnya punya strategi. Strategi gue so far belum fix karena….jadwal akademik juga belum fix (karena semua berawal dari jadwal kuliah). Prinsip yang senantiasa dipegang sih: give my best effort, jaga kesehatan, and enjoy the process! This will be my last year in college *sembari menjerit amin dalam hati* so I hope I’ll make each moment matter.

One thought on “Gearing up for senior year

Leave a Reply

