Weekend: a mix of visits to the cancer hospital and the mall

It’s 9 past 11 and I’m unwinding after a tiring weekend. Weekend ini begitu random, aneh, and impressive that I just had to blog it. So here we go.

Saturday: marhobas, belanja, dan malam minggu di rumah sakit

Saturday, which is usually the day for sleeping in, eating out and hanging out but this Saturday my aunt invited me to the mass held at her house. I live near my uncle (my dad’s big brother). Our houses are like a one minute bike ride away. Bapak Tua gue ketua lingkungan (lingkungan maksudnya lingkungan di Gereja; hierarki di Gereja Katolik Indonesia itu Paroki membawahi wilayah, wilayah membawahi lingkungan dan lingkungan langsung membawahi keluarga-keluarga) Santo Dominikus dan misa di rumahnya itu dalam rangka pesta perayaan penamaan lingkungan. Sekalian kumpul-kumpul dan makan-makan anggota lingkungan juga buat merayakan ulang tahun dan ulang tahun perkawinan. Anyway, Bapak Tua dan Mama Tua gue ini gak punya anak cewek so she needed help. Mereka juga udah tua jadi gak segesit dulu buat nyiapin misa buat 50 orang. Basically I became tenaga marhobas gitu bahasanya, buat melayani. Mungkin tuntutan marhobas buat cewek Batak itu salah satu faktor yang mendukung kesigapan cewek Batak. Yaudah deh sampe siang gue stand by di dapur, untungnya dapurnya deket altar jadi bisa tetep ikut misa. Berasa sih capeknya. Biasanya kalo ada kumpul-kumpul kan tinggal santai aja, urusan dapur dikerjain pembantu. Eh kali ini tuker peran. Capek sih apalagi melayani emak-emak yang rempong minta kantong kresek buat bungkus-bungkus sembari ngelap-lap piring yang udah dicuci, walah seru deh. Tapi terbayar sih melihat Mama Tua dan Bapak Tua senang. Makanannya juga enak-enak haha :p

Beres dari situ aktivitas berlanjut ke running errands for my mom. Gue di-BBM list apa-apa aja yang perlu dibeli di supermarket buat keperluan rumah dan rumah sakit. Gue juga sekalian bawa adek gue yang satunya (yang gak dirawat di rumah sakit) keluar beli buku. Bokap nyokap gak tega dia di rumah doang, takut merasa dia neglected selama mereka sibuk di rumah sakit. Meski gue berasa sangat ngantuk karena capek dan kurang tidur dibela-belain. Itu juga ada special request yaitu membeli barang pesanan buat Calista.

So my brother is admitted in a cancer hospital in Jakarta. Bukan karena dia kena kanker tapi karena waktu keadaan darurat minggu lalu rumah sakit yang pertama keluar tol ya itu, dan RS Harapan Kita juga udah kelewatan. Scared to risk a minute karena dia waktu itu lagi darurat, langsung aja di RS Dharmais. Sebenernya di hari dia masuk UGD mau transfer ke Carolus, pake ambulans RS Dharmais, bahkan udah nyuruh saudara ke sana urus surat dan pemesanan kamar. Tapi waktu itu keadaannya nggak stabil dan bahaya kalau dibawa jalan jadi so be it lah akhirnya keterusan di situ. Untungnya RS itu emang bagus, dokternya bagus-bagus (direkomendasi temen bokap gue, kakaknya Sri Mulyani) jadi ya sudah. Nah setelah beberapa hari di HCU adek gue pindah ke bagian anak. Dia sekamar dengan 1 pasien. Namanya Calista. She’s 4 years old and she’s diagnosed with brain cancer. Gue gak tau udah stadium berapa. Anaknya cantik, ceriwis, dan lucu. Such a little beautiful girl that is so full of life. Nyokap gue nelfon tempo hari gak lama setelah adek gue pindah kamar dan cerita tentang dia. From her voice I can tell that she was touched by the little girl. Nyokap gue berperasaan lembut sekali dan gampang terenyuh. She’s great with kids too and she makes friends easily. I could easily tell that she grew close to her quickly. Anak ini, Calista, didampingi ayahnya sementara ibunya bekerja di Bengkulu. A girl her age would most likely want to cling to her mommy during scary times like chemo or days at the hospital, but she’s here with her dad instead. My mom told me in the phone that she was smart and she was such a good girl. Gak cengeng, gak needy yang annoying gitu. Nyokap meminta gue untuk membelikan dia buku mewarnai, stiker, sama topi (dia botak karena chemotherapy). That’s just typical for my mom. Always so generous even in her hard times. Kadang itu di-judge boros oleh saudara, tapi gue sih bersyukur aja. Buat apa sih menahan 100-200 ribu kalau itu bisa bikin hari seseorang menjadi lebih cerah? Apalagi kalau orang itu emang bener-bener butuh. Yaudah deh, itu jadi misi hari Sabtu sebelum ke RS. Get some presents for the beautiful 4 year old brain cancer patient, Calista.

So off I go to Bintaro Plaza membawa adek gue. Pokoknya target gue jam 4 udah beres biar sempet siap-siap dan pulang biar keburu ke RS pas jam besuk. Setelah ke supermarket, toko buku, dan toko pernak-pernik beres deh belanja, a bit off schedule about 5 past 4 PM. Kondisi rumah gue emang lagi gak ada supir jadi gue kemana-mana naik taxi (kalau bawa adek gue). Padahal di rumah ada mobil nganggur cuman gue belom bisa nyetir aja jadi naxi ke mana-mana. Bawa tentengan berat-berat gue nyebrang nyari taxi (Blue Bird di dalem lagi kosong). 40 menit nunggu gak ada. Yang lewat banyak tapi semuanya penuh. Ojek-ojek udah ngarep tapi nooo gue lagi bawa anak kecil dan banyak belanjaan berat (ada buah, susu 2 liter, air mineral setengah lusin) mending nggak deh. Baterai BB udah lowbatt akhirnya gue nelfon sepupu gue minta jemput biar sekalian dari situ langsung aja ke rumah sakit. Diiyain, jadi gue ke Starbucks ngade sambil nunggu. Itu udah hampir jam 5. Gue di-BBM kalau ternyata yang jemput gue sepupu gue yang lain jadi yaudah di detik-detik terakhir batere gue sms ngasih tau posisi. Terus zing batere mati. Yah gue pikir paling juga setengah jam lagi sampe. Nunggu. Nunggu. Nunggu. Ziiinnng, jam 6 dan belum dijemput. Gue car call akhirnya jaga-jaga kalau udah dateng. Gak dateng juga. Udah 6.30. BB mati. Gue bawa anak kecil dan banyak belanjaan. Kondisi badan udah capek, khawatir, dan mood udah down karena jam besuk udah mau abis jadi udah gak keburu ke RS. Udah nyaris jam 7 dan gak kunjung dijemput. Car call juga udah nyebut nama sepupu gue berapa kali. Ridiculous banget, 3 jam nunggu gak bisa pulang akhirnya gue mutusin buat naik taxi pulang. Pas udah masuk taxi lagi muter balik eh keliatan mobilnya. Gue turun dan langsung lari ke mobil. Akhirnyaaaa. Kombinasi capek, BB mati, nunggu lama, gak ada kepastian, bawa anak kecil, rempong itu bikin stress. Sepupu sama namboru gue (adek bokap yang masih single dan suka ke rumah kalau weekend) memutuskan buat langsung ke RS tapi ngedrop adek gue di rumah karena kasian dia udah capek dan belum makan. Lega akhirnya ke RS juga. Sekalipun cuma ketemu di lobby, udah kangen banget sama Mama, udah berapa hari gak ketemu.

Tiba di RS gue langsung menuju kamar adek gue dengan buah-buahan dan kado buat Calista. Ternyata lucu bagian anak-anaknya dilukisin binatang-binatang gitu, ya khas anak-anak lah. Setelah stress karena nunggu di mall barusan tapi begitu ketemu orang tua dan adek gue yang sakit….menguap seketika stressnya. Apalagi pas gue dikenalin dengan Calista dan gue ngasih kadonya. Matanya berbinar-binar banget. The look on her face was priceless. Seneng banget dia dengan buku mewarnai, sticker, dan topi barunya. Super kyaaaaa banget. Gue juga ngobrol dengan adek gue. Itu kali pertamanya ngobrol selama seminggu, setelah dia akhirnya sadar. I also noticed a change in my sibling. Sebelumnya dia itu ignorant dan masabodo, even when he’s sick. Sekarang dia terlihat lebih care, lebih nrimo. It was so nice to talk to him again. Selain adek gue yang kelihatan berubah, bokap gue juga berubah. Bokap gue tadinya lebih longgar soal kesehatan, makan bisa apa aja. Sejak pengalaman ini bokap gue lebih aware (mungkin karena dapet banyak input tentang kanker) dan peka soal makanan. Bisa duduk di lesehan di sebelah ranjang adek, sama mama papa sambil ngobrol dan makan buah…it was kinda like being at home. Never again, gak akan pernah lagi gue take for granted berkumpul di rumah dengan keluarga pas malem minggu, it may not be as hip as being in da club but it does make me happy. Bisa kumpul aja, sekalipun itu di rumah sakit kanker, rasanya senang.

Sunday: misa, #HBDmelati, ketiduran, @america USA study talk, malam senin di rumah sakit

Minggu. Minggu = gereja = bangun pagi. Kali ini lebih pagi dari biasanya karena adek gue (yang gak dirawat di rumah sakit) harus ikut kelas persiapan penerimaan sakramen Komuni, which is jam 7 pagi 0_o lagi-lagi harus bangun pagi padahal lagi-lagi semalemnya juga kurang tidur. Biar jadwalnya sekalian, gue dan bokap misa 6.30 di St. Matius Bintaro, our parish. What I usually love about coming home is going to church as a family, all 5 of us. Namun kali ini karena adek masuk RS, nyokap mendampingi terpaksa harus ber-3 saja.

Anyway hari ini super sahabatku ulang tahun! Melati Nurguritno, atau yang gue juluki Meng for short (karena lidah gue susah ngomong Mel Mel, emang Mel Gibson dan somehow orang-orang ikut-ikutan manggil Meng dan itu jadi panggilan dia.. -_- maafkan aku Meng haha :-P) Melati ini anaknya manis, cantik, pinter, pinter bergaul, lovable, aktif di mana-mana, baik, menyenangkan, great listener, selera musiknya oke, woah sahabat gue dari SMA deh. Selama pengalaman seminggu ini (peristiwa darurat adek gue sakit sampe masuk RS) dia yang gue curhatin dan setia banget nanya-nanya kabar. This girl is so good I’m not sure if there’s a guy out there that deserves her. Hopefully there is. HAPPY 21 CANDLES FOR MENGGGGGG. Kalau di Bandung udah gue tepungin kali haha.

Okay back to Sunday, jadi pulang gereja selesai nyiapin barang yang mau dibawa bokap ke RS gue masuk kamar, nyalain AC, selimutan dan tidur-tiduran istirahat dan baca novel. Selama minggu ini tugas utama gue adalah jaga adek gu di rumah: memastikan dia makan, jemput ke sekolah, ngerjain PR, sikat gigi, bayar uang sekolah, nganter ke tempat les, belanja keperluan di rumah, beli roti buat bekal woah mommy duty deh. Di waktu luang bokap pasti ke RS nemenin nyokap dan monitor adek gue yang sakit. Tadi bokap ke RS dan gue dan adek gue di rumah. Gue di rumah nemenin adek gue sih biar gak kesepian. Di kamar gue whatsapp-an sama sepupu gue, Kak Chei buat janjian di Pacific Place jam 2 sebelum acara USA Study talk di @america. Udah janjian, pokoknya gue jam 1 ciao biar ada waktu buat ngobrol dan makan dulu sebelum acaranya mulai.

Niatnya memejamkan mata sejenak tapi bangun-bangun panik periksa BB…………..14.57. Padahal acaranya jam 15.30. BB gue di sebelah kuping dan gak disilent ada beberapa missed call, email, whatsapp, BBM. Gue gak inget kapan gue ketiduran dan bingung kok gak kedengeran suara BB. Emang udah berapa malem kurang tidur kali ya jadi kebo abis. Gue langung nelfon Kak Chei minta maaf ketiduran, ambil tas dan ciao. Untung macetnya cuma bentar di Cipulir dan pas mutar balik dari Semanggi; perjalanan rumah-PP cuma 30 menit (untuk ukuran orang Jakarta ini termasuk deket). Telat dikit tapi untungnya bisa ikut (dan Kak Chei dateng duluan jadi udah nge-tag tempat duduk). Tentang isi presentasinya bakal gue ulas di post lain. Acara di @america ini diadakan oleh Stanford Club, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Stanford. Mereka membagikan tips dan pengalaman kuliah di U.S. Sesi sore (yang gue ikutin) tentang graduate school alias S2 S3. Acaranya bagus banget, pembicaranya top ada alumni Stanford, Harvard, dan yang sekarang di Wharton Business School UPenn. Inspiring and enlightening banget lah. Gue seneng sesudah sesinya pembicaranya menyediakan waktu untuk berinteraksi langsung secara personal dengan anak muda yang hadir. Gue nanya-nanya dengan seolrang PhD chemical engineering Stanford dan alumni TK ITB angkatan 2002 yang sekarang di Wharton Business School. Mereka semua terbuka dan oke banget. Mereka juga ngasih kontak jadi kita bisa nanya-nanya. Fantastic. Untung gue ikutin insting tetep dateng! Dan hokinya lagi Kak Chei dijemput Mama Tua dan Bapak Tua yang mau ke RS jenguk adek gue. Jadi sekalian deh biar pulang bareng Papa. Meski di PP gak sempet makan-makan cantik, dari acara @america dapet sesuatu banget lah. Haha.

Tiba di RS, gue nyari makanan. Makanan yang terakhir di makan adalah bakpao yang dibeli di gereja paginya. Untung di RS ada tempat makan yang buka dan pas banget dengan yang gue idamkan tadi: chinese food. Pas lagi capek bawaannya mau makan nasi anget dengan lauk berkuah kayak sapo tahu dan minum teh anget. Langsung deh enak perutnya. Tadi gue juga ngobrol dengan adek gue. Rambutnya tadi funky kayak Jimmy Neutron, naiik semua. Mungkin karena tiduran melulu kali ya. Tadi adek gue udah mulai tampak normal: main BB. Tube-tube dan alat yang dipasang di badannya juga udah berkurang. Thank God.

Calista, si bocah cantik umur 4 tahun tampak riang seperti biasa. Dia tadi lagi asyik mewarnai buku mewarnai yang gue bawain hari sebelumnya. Awalnya sih anaknya malu-malu, cuman ngeliatin aja. Padahal kata Mama anaknya ceriwis, mereka suka cerita-cerita. Tadi gue liat anaknya susah makan, agak ogah-ogahan pas mau disuapin ayahnya.  Yaudah gue temenin mewarnai deh. Bokap gue yang biasanya reserved agak jaga jarak sama orang lain (apalagi di momen adek gue sakit begini) tampak mengakrabkan diri dengan Calista dan ayahnya dan bahkan terlihat concerned. Bahkan Papa suka jalan ke tempat tidurnya ngecek makanannya udah abis  apa belom dan becanda-canda gemes sama Calista. Kalau nyokap sih gak ditanya. Nyokap bahkan menjuluki dirinya Mama Bear, bokap gue Papa Bear, ayahnya Ayah Bear, adek gue Abang Bear dan gue Kakak Bear. Calista pun nyebut nyokap gue Mama Bear. Jadilah gue, kakak Bear, nemenin Calista Bear mewarnai buku mewarnai buku mewarnai Pooh dan kawan-kawannya. I love little kids. Jadi tadi seneng dia akhirnya mulai open up dan gak malu-malu. Kita juga mainan buku stiker dan becanda-becanda. She reminds me of my sibling pas masih kecil. Kalau makan harus di-distract biar mau makan. Ternyata Calista besok chemotherapy jadi harus makan biar kuat. Nyokap gue dengan pandainya men-distract dia dengan pura-pura makanannya itu lagi naik kuda dan harus masuk mulut Calista. Woah, manjur. Oh iya Calista itu kanker otak dan sudah lumpuh (lupa kanan/kiri) jadi dia nggak bisa jalan. Kasian sih. Tapi kita kasian gini, anaknya tampak riang dan gembira. Entah itu faktor kepolosan anak umur 4 tahun apa gimana tapi seneng melihatnya, nggak rewel, nggak cengeng. Riang aja anteng, duduk mewarnai sambil nonton Cherrybelle di DVD player portabelnya. Kebahagiaan anak polos begitu meski di situasi yang membuat dia berdaya is truly humbling. Kadang gue yang dulu suka kesel kalo cuma bisa di rumah, pengen ke sini ke situ, main ini main itu jadi malu. Tadi pas mewarnai Piglet lagi pegang kincir angin kecil gue ceritain, kalau kincir angin itu kena angin muter. Dalam hati, kamu anak-anak, harusnya bisa lari-lari dan mainan kincir angin di taman. Cliche or lame, whatever you call it, pilu juga mikirnya. Di usia segitu dia harus diam di rumah sakit, kemoterapi, radiasi, dll. Melihat dia riang gembira dan tetep senyum-senyum…it’s completely amazing.

Gak terasa tadi udah jam 9, harus pulang. Setelah ngobrol dan nemenin adek gue serta main sama Calista harus pulang karena adek gue di rumah kasian ditinggal kelamaan. Selama perjalanan pulang gue merenung, gila wiken ini berwarna banget. Dari bantuin orang gereja, belanja di tengah hektiknya mall Bintaro menjelang Lebaran, nunggu dijemput selama 3 jam, ketiduran dan hampir gak ikut acara USA study talk, acara USA study talk yang bagus, momen bahagia berkumpul sama keluarga dan melepas rindu dengan adik, dan sampai kedamaian menemani anak riang umur 4 tahun pasien kanker otak yang besoknya mau chemo. Weird, happy, dan pastinya bersyukur. Thank God for the weekend I just had.

One thought on “Weekend: a mix of visits to the cancer hospital and the mall

Leave a Reply

