Kilas Balik 2012: Tahunnya Kehilangan dan Pembelajaran

2012 = completely unforgettable

2012 adalah tahun saya kehilangan, hampir kehilangan, pencapaian, perjalanan dan pembelajaran. Tahun ini saya kehilangan sahabat saya yang sangat saya sayangi, Fanka. Tahun ini saya hampir kehilangan adik saya karena stroke ringan. Tahun ini juga merupakan tahun pencapaian…nilai saya naik, saya menjadi bagian dari tim delegasi ITB untuk Harvard National Model United Nations, I won my first blog contest (meski ‘hanya’ juara 3, lumayan hadiahnya), dan saya dipercaya memegang tanggung jawab penting. Tahun ini adalah tahun perjalanan: di awal tahun ada kuliah kerja (kulker) Teknik Kimia Angkatan 2009 ke Jawa Timur, pada Juni-Juli gue kerja praktek di Gresik, Jawa Timur, dan November gue ke Bali. Tahun ini begitu banyak pembelajaran berharga: mata terbuka tentang keprofesian teknik kimia dan begitu banyak option setelah lulus, pembelajaran mengatur waktu, pembelajaran letting go, and moving on. 

Telfon masuk yang begitu signifikan dengan reaksi yang sangat berbeda terjadi pada tahun ini.

Februari, 2012: telfon masuk dari Johan tentang ditemukannya Fanka dalam kondisi wafat memicu tangis histeris gue pecah.

Juni, 2012: telfon masuk dari panitia seleksi Ganesha MUN Club tentang diterimanya gue sebegai delegate membuat gue girang

Tahun ini tahunnya pertemanan.

Februari, 2012: when Fanka died, all my friends were soo….nice. Bibil datang bawa martabak, Elsa nemenin gue nangis di kamarnya dan menghibur gue. Temen yang gak gitu deket pun menghibur dengan berbagai cara, bahkan ada temen yang nggak gitu deket ngirim DM.

September, 2012: pada hari gue ulang tahun temen-temen bikin surprise super unyu..kalo boleh gue bandingin, surprise gue cukup menghebohkan…sampe ada lampu flip-flop (ala lampu pohon Natal), balon, dan kertas-kertas bentuk hati yang isinya ucapan-ucapan. It took a lot of effort dan sampai sekarang it’s a memory I cherish.

Semester genap 2012: bertemu teman baru dan rekan perjuangan baru dari berbagai angkatan dan jurusan di Tim Delegasi untuk HNMUN 2013.

Sejak meninggalnya Fanka, gue jadi lebih dekat dengan Yodia. Setelah Fanka meninggal, anak Sanur di kosan kami satu per satu pindah dan sampe sekarang yang masih di sini tinggal gue sama Yodi. Irisan kedekatan kami selain our love for music dan film adalah persahabatan dengan Fanka.

Tahun ini tahun pekerjaan.

Juni-Juli, 2012: gue kerja praktek di PT Petrokimia Gresik, Jawa Timur. Dari pengalaman ini I clearly learned that life as a process engineer is totally not for me. Ironic ya.

Agustus, 2012: gue ikut acara sharing session Indonesia Mengglobal tentang sekolah di luar Amerika Serikat.

bcg nametag

Oktober, 2012: my first job fair!! menjelang wisuda, biasanya di kampus ada Job Fair besar yang digelar di Sabuga ITB dan kali ini udah giliran gue buat dateng…jadi gue dan ciciwi setrong (sebutan buat temen-temen cewek di Teknik Kimia 09) menyambangi Job Fair itu dengan pakaian rapi ala kantoran, bawa CV, transkrip, dan excitement. 

Oktober, 2012: gue ikut BCG (Boston Consulting Group) networking dinner. Dinner ini membuka mata gue akan dunia consulting yang selama ini gue cap untuk anak-anak genius ternyata cocok dengan minat gue.

Oktober, 2012: gue ikut seleksi Schlumberger. Berbeda dengan seleksi Schlumberger yang pernah gue ikuti sampe tahap final interview dengan HR, kali ini gue terhenti sampe technical test. Hemm, jadi pembelajaran juga sih. Gue sama @marshafaradina yang sama-sama sampe tahap itu langsung evaluasi dan mencatat kurangnya kami dimana buat seleksi berikutnya. Dari seleksi situ, 2 temen ceciwi strong lolos dan tinggal interview user. Melihat temen yang biasa belajar bareng dan main-main bareng diterima di Schlumberger itu rasanya bittersweet :”)

Sepanjang semester ganjil 2012: selain Schlumberger, gue menyaksikan teman-teman gue mulai job seeking dan dipanggil-panggil interview: ada yang di Exxon dan di McKinsey. Di tahun inilah gue sadar, jadi anak ITB itu memberikan convenience besar saat job seeking. HRD tuh ada yang langsung ke dosen gue loh nyuruh anak-anak daftar atau langsung lewat TU. That’s something we should not take for granted.

kp-akhir

Tahun ini adalah penyadaran akan pentingnya kesehatan.

Juli, 2012: di Gresik gue mendapat telfon dari nyokap yang bilang salah satu tante kesayangan gue divonis kena kanker yang stadiumnya sudah berat. Tante kesayangan ini baik hati and generous. Miris banget tau Tante gue sakit parah gitu. Tapi syukurnya sampe sekarang tante gue is standing strong in her fight against cancer. God bless her.

Agustus, 2012: beberapa hari setelah tiba di Jakarta setelah 2 bulan di Jawa Timur, adik saya sakit parah. Setelah demam tinggi, dia kejang-kejang, masuk UGD RS Dharmais karena bokap salah belok pas keluar tol, gue literally memohon agar dokter melayani dia (karena saat itu ada pasien lagi banjir darah), masuk ICU dan sampai sekarang masih undergoing medical treatment. Setiap buka kulkas, tampak sebungkus obat dengan tulisan ‘jika kejang’. It still gives me shudders.

Agustus, 2012: ketika adek gue dirawat selama beberapa minggu di RS Dharmais, gue dan orang tua berteman dekat dengan pasien sekamar adek gue, a little girl umurnya paling baru 5 tahun yang menderita kanker otak. Dia berasal dari keluarga nggak mampu. The thing is, anak ini bukan tipe yang ‘gue sakit, kasihani gue lah’. Anaknya ceria banget dan semangat. It was such a pity to see such a beautiful soul stuck in a sick body.

Tahun ini adalah tahun perjalanan.

Januari, 2012: Kuliah kerja TK angkatan 2009!!

Juni, 2012: geng anak TK yang KP di Jawa Timur (Gresik dan sekitarnya) berhasil tamasya ke Bromo dan Sempu.

tahun ini gue berhasil ke Gunung Bromo..foto ini hasil jepretan gue sendiri loh😀

November, 2012: gue ke Bali cuma untuk 48 jam. This marks my first business trip. Kenapa business trip? Kalau ditanya ke Bali untuk business atau pleasure, well it’s for business. Gue dan 2 perwakilan panitia RFEC 2013 menghadiri seminar teknik kimia regional di Kuta, Bali untuk promosi dan networking dengan akademisi teknik kimia se-Asia Tenggara.

Tahun ini adalah tahun sulitnya hidup dalam keluarga.

Tahun ini gue sadar, keluarga gue, baik dari pihak nyokap maupun bokap makin jarang berkumpul dan tahun ini ada beberapa masalah signifikan where feelings got hurt and permanent damage was done. Tahun ini, batas antara pihak A dan pihak B dalam keluarga besar gue semakin kentara, and the awkwardness during gatherings exist. Gue kangen jaman-jaman kumpul-kumpul seperti dahulu.

Tahun ini adalah tahun penuaan (setiap tahun sih sebenarnya).

201026_4330568516892_47704024_o

Semester genap, 2012: penuaan yang gue maksud adalah: tahun ini berasa udah tua! Kenapa? Well, pertama gue udah jadi swasta (mahasiswa stres tingkat akhir, sebutan buat anak-anak tingkat 4 di ITB). Aneh banget rasanya, kakak-kakak 2008 yang dulu mengkader dan always around eh sekarang udah tersebar di berbagai perkatoran, universitas di belahan dunia. Kalau lihat sekeliling pas lagi di kampus, di sekitar itu adek kelas (kebanyakan) dan beberapa 2009 yang mukanya familiar dan kakak kelas yang belum lulus/S2/atau emang belom move on dari kehidupan kampus. Kalau pas tingkat 1/tingkat 2 kalau lihat ke sekeliling itu senior-senior berjaket himpunan yang terkadang bikin hati berdebar-debar. Sekarang gantian, gue yang jadi senior berjaket himpunan, tapi nggak tau deh bikin hati berdebar-debar atau nggak :-/ Tahun penuaan ini juga terasa ketika buka facebook dan dikit-dikit muncul foto nikahan si ini, terus foto bayi si itu, atau pengumuman tunangan si ini, wisuda si itu.

287062_4793501721814_851537819_o

Sayangnya…tahun ini belum menjadi tahun percintaan.

So yes of course I have a couple of crushes here and there (atau kecengan) but none of them lead into anything serious. Whatever. Haha.

Di balik semua cerita yang membuat tahun ini hitam dan putih, gue bersyukur sekarang ada di sini, masih utuh dan sehat. Semua sudah di-set kan sama Tuhan. Meski akal gue gak akan paham kenapa Tuhan membiarkan Fanka terjepit di batu di Sungai Cikandang, atau membiarkan Afriyani menabrak begitu banyak orang di Tugu Tani pada awal tahun, atau membiarkan Adam Lanza menembak begitu banyak anak-anak menjelang Natal, atau membiarkan kekerasan terjadi di Gaza atau di Rohingya, atau membiarkan Indonesia belum move on dari perkara tempat ibadah di GKI Yasmin atau HKBP Filadelfia, yaaa Tuhan punya jalan. In the dark, let the Lord be the guiding light. Post ini masih berlanjut dan pasti akan bertambah seiring semakin dekatnya menuju akhir tahun dan kalau gue boleh berjumpa kembali dengan tahun 2013, semoga di awal tahun nanti semua pembelajaran ini menjadi bekal untuk entah apa yang sudah disiapkan Tuhan di tahun 2013.♥

Leave a Reply

