Persiapan menuju semester terakhir

tumblr_mgcwqf6vxq1qhmhdfo1_500Semua bermula ketika beberapa hari ini anak-anak angkatan gue pada heboh soal…pengisian KRS atau Kartu Rencana Studi. Heboh kenapa karena pada diskusi soal pemilihan mata kuliah: mana yang nilainya oke, tugasnya rebek, dosennya enak, ilmunya bagus, dsb. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, IPK is sure a big deal. So the easy way out is….mendaftar pada mata kuliah easy A atau istilah bekennya paket A. Gue dari kemaren rada menunda mengisi KRS di situs ol.akademik karena gue pikir sama dari semester-semester sebelumnya, pemilihannya berdasarkan minat dan rekomendasi kakak kelas. Kali ini, pengisian KRS harus didampingi dengan kalkulator. Gue tadi dibilangin salah satu senior gue, pemilihannya juga harus disertai proyeksi nilai buat mempertahankan/menaikkan IPK. Ternyata oh ternyata jam-jam pengisian KRS ini sungguh ribet.

Semester ini kondisi gue cukup challenging karena keikutsertaan gue di ajang Harvard National Model United Nations pada bulan Februari (bakal memakan belasan hari dari absensi pelajaran), tanggung jawab gue di acara Regional Future Energy Challenge 2013 pada bulan April dan di Indonesia Mengglobal. Ditambah lagi ambisi untuk menaikkan IPK demi masa depan yang lebih baik.  Jadi apa yang gue lakukan? Mencerna input dari kakak kelas dari berbagai perspektif: 1 yang bolos 2 minggu di semester 8 karena ikut HNMUN di Boston, 1 yang bolos 2 minggu karena ikut Danone di Paris, dan 1 yang gak bolos karena ikut apa-apa. Setelah mencerna masukan tersebut dan mengolahnya dengan pengalaman, kapasitas, dan minat dan memencet-mencet kalkulator akhirnya gu memutuskan untuk tetap mengambil mata kuliah pilihan dengan tujuan menimpa mata kuliah pilihan yang AB dengan catatan, tugas akhir Rancang Pabrik, Penelitian, dan Ujian Komprehensif tetap harus nomer 1. Tadi gue udah melakukan kalkulasi kalau gue mau IPK gue lulus sekian, nilai gue harus sekian. Gue juga udah meneror senior gue menagih pinjeman buku persiapan ujian kompre, haha.

Selain mengatur strategi dari segi akademis, well I did what I do quite well: I got organized. Gue punya Agenda Sakti yang tampilannya monthly. Di setiap tanggal lo bisa liat to do list gue yang banyak. Style gue dalam organizing adalah membuat to do list harian yang spesifik, gak ngawang-ngawang. Gue baca, target itu harus kuantitatif dan sespesifik mungkin. So that’s exactly what I did.Kalau spesifik, jadinya lebih jelas target pencapaiannya dan kecenderungan buat ditunda lebih kecil. Tekad gue keras untuk membuat semester ini sukses! I will give 110% effort. Karena di saat kita udah memberikan upaya 110%, apa pun hasilnya, it would hardly matter. Sekalipun emang harus kurang tidur setiap hari, gue siap (tapi tetep harus jaga kesehatan juga). I’d rather be satisfied by succeeding because of working hard daripada kecewa karena effort setengah-setengah dan tidurnya enak. Memang, mungkin life would be a whole lot easier dan lebih nyaman di dalam comfort zone kalau tanggung jawab yang gue pilih gak ada, but…I chose to do it because I chose to grow. I chose to stand out. I chose to challenge myself.

Semua tanggung jawab yang ada pada pundak gue adalah hasil dari pilihan gue, so it won’t be mature to complain. Instead of complaining, I choose to formulate a strategy that is tangible and optimistic. Maybe if you see my agenda and zoom in on my targets this semester, you can say that it is impossible but well, I believe I can do it. I believe God will strengthen me to do it. I’m driven to do it and I aim to achieve excellence. Other than that I plan to enjoy every bit of my life as a student. Time is running out, so might as well give your damn best and have fun while doing it. May God bless this semester. \(ᵔᴥᵔ)/

One thought on “Persiapan menuju semester terakhir

Leave a Reply

