Hitam putih bulan Februari

Tanggal ini, tahun lalu. 05-02-2012 adalah tanggal di mana aku dan sekian banyak orang kehilangan sosok sahabat, Angelina Yofanka, atau dipanggil Fanka.

Tahun lalu, jam segini, gue abis riweuh ngurusin ITB Fair dan lagi mau ke kosan Denissa buat ngerjain tugas Pengendalian Proses.

Tahun lalu, sekitar jam 10-an aku syok membaca linimasa Twitterku ketika membaca ada anak KMPA ada yang hilang. Kontan, aku langsung mem-BBM temanku Yodia, karena setahuku di unit KMPA yang menangani ORAD (untuk arung jeram) adalah dia. Dan jantungku berdegup kencang ketika membaca status BBM-nya: ‘Cikandang’. Aku semakin khawatir ketika BBM: ‘Yod lo ga kenapa-napa kan?’ masih pending.

Aku semakin syok ketika membaca Twitter @rubahkelabu dan mengetahui ternyata yang hilang adalah sahabatku dari SMA, teman sekosanku yang jarak pintu kamarnya cuma beberapa langkah. Fanka hilang? Nggak mungkin! Kan Fanka bukan anak ORAD? Kan sekarang musim hujan, kok bisa rafting (maklum pikiran aku pikiran orang awam yang nggak gitu menguasai olahraga alam).

Tahun lalu, hari ini, ketika sudah malam dan aku kembali ke kosan, tangisku pecah. Kosan nyaris nggak ada orang.

Tahun lalu, hari ini, sampai tanggal 8, aku nggak bisa konsen ikut kuliah. Sebentar-bentar cek grup BB yang isinya anak Santa Ursula, untuk tau update-an kabar.

Tahun lalu, tanggal 8, usai doa novena bersama anak KMK, aku menerima telfon dari Johan. Ternyata Fanka udah ketemu. Dan Fanka telah tiada. Aku menangis meraung-raung, “Nggak mungkin, Jo, nggak mungkin.” Johan: “Fanka udah nggak bisa diselametin, Mon.”

Everything after that was a blur.

One thing I know for sure is that, losing Fanka is the first time I lost someone who is truly close to me. And the heartbreak of being left without having the chance to spend more time with her, or to simply say goodbye, still painfully remains. Tears come to my eyes when the memory rushes into my mind. 

But as my grandma would say: yang hidup bernyawa, yang mati berhantu. Well terserah sih, mau diinterpretasi gimana, but my mom keeps reminding me to let her go and move on, katanya ‘biar dia tenang.’

5 hari lagi aku berangkat ke New York dan melanjutkan perjalanan ke Boston, Washington DC, Philadelphia, dan New York City untuk mengikuti kompetisi internasional HNMUN di Harvard. Dulu ketika aku menge-set target untuk diterima dalam tim HNMUN aku sudah memvisualisasi bakal heboh bersama teman-teman kosan: Fanka dan Yodia untuk berangan-angan nanti di USA gimana, mereka minta oleh-oleh apa, dan ngobrol ngalor ngidul. Tapi ternyata angan-angan itu hanyalah angan-angan. Entah kapan aku bisa berjumpa dengan Fanka, entah di mimpi atau nanti di alam baka. Earlier this year, aku kehilangan saudara yang paling dekat sama aku, Ambo Ina. Entah apa maksud Tuhan membuat aku harus endure kehilangan 2 orang yang sangat dekat denganku. Terkadang aku suka mikir, semoga ketika waktuku tiba, mereka nanti yang jemput. Entahlah, angan-angan aneh.

Hari ini pun aneh. It was a strangely beautiful morning. Ketika aku keluar kosan, cuaca sangat cerah. Udah lama, cuaca di sekitarku nggak secerah itu. The clouds looked fluffy, mentari bersinar cerah, temperatur pun hangat dan bikin semangat. Yang lucu lagi, ya mungkin terdengar klise, ketika aku menginjak keluar kosan, ada kupu-kupu yang terbang dekatku. Pas udah sampai ITB pun, kupu-kupu itu terbang di dekatku, bahkan kupu-kupu itu terbang dengan jarak yang sangat dekat dengan keningku sehingga aku bisa merasakan angin dari gerakan sayapnya. If you’re a romantic atau kebanyakan baca Chicken Soup/nonton film, mungkin kamu bisa berimajinasi kalau kupu-kupu itu Fanka, atau kiriman dari Fanka untuk mengingatkan aku kembali untuk bersyukur masih diberi kesempatan untuk menikmati keindahan pemberian Tuhan. Pagi tadi yang begitu cantik yang bertepatan dengan 1 tahun kepergian Fanka nggak akan aku lupakan.

Fanka dan Ambo Ina, I really really miss you. Till we meet again ya. May you rest in peace ♥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s