New Toy: Canon Powershot G15

Halo semua! Di post ini gue mau mereview mainan baru gue nih: Canon Powershot G15 dari mata seorang awam yang nggak punya skill fotografi. Jadi sebelum gue ke US 2 bulan yang lalu, gue berniat beli kamera baru (karena kamera digital gue udah tuir banget, udah sekitar 5 tahun umurnya). Yang gue cari saat mau beli camera (considering gue zero skill): hasilnya bagus terutama pas indoor karena acara gue bakal banyak di indoor dan gue akan sering pake buat social events, videonya juga bagus, masuk budget (< 5 juta), no hassle alias nggak ribet mesti bawa tas khusus kamera dan asesoris banyak-banyak. Setelah rekomendasi teman dan cari-cari di internet…voila pemenangnya adalah Canon Powershot G15.

canon_powershot_g15_review-275x221

Jadi setelah gue pake buat foto-foto selama di luar negeri dan di dalam negeri, kesimpulannya….IT IS AN EXCELLENT CAMERA! Kenapa?

Hasilnya bagus

Yup, hasilnya bagus. Tajam. Ya, bisa dibilang setara kamera SLR lah. Ya di mata seorang awam kayak gue sih begitu. Hahaha. Selain itu kamera ini banyak settingan yang lucu-lucu kayak filter (semacam settingan warna ala Instagram yang sekarang lagi ngetop) nostalgic, toy camera, lomo, macem-macem deh!

Camera ini juga dilengkapi pilihan-pilihan filter warna. Ini filter nostalgic.

Camera ini juga dilengkapi pilihan-pilihan filter warna. Ini filter nostalgic.

Ini team-mate HNMUN gue, Tiffany & Poppeng pas di Washington DC. Foto ini diambil pake kamera gue dengan filter nostalgic. Foto ini nggak diedit loh...

Ini team-mate HNMUN gue, Tiffany & Poppeng pas di Washington DC. Foto ini diambil pake kamera gue dengan filter nostalgic. Foto ini nggak diedit loh…

Ini foto philly cheese steak yang kita cobain di Philadelphia.

Ini foto philly cheese steak yang kita cobain di Philadelphia.

Foto ini diambil tengah malam pas lagi main ke Times Square (makanya sepi) tapi terangnya kayak siang-siang.

Foto ini diambil tengah malam pas lagi main ke Times Square (makanya sepi) tapi terangnya kayak siang-siang.

Foto ini diambil di Columbia University, NYC, deket hostel tempat kita nginep di Upper West Side. Foto ini berasa jadul-jadul gothic gitu ya.

Foto ini diambil di Columbia University, NYC, deket hostel tempat kita nginep di Upper West Side. Foto ini berasa jadul-jadul gothic gitu ya.

Foto ini diambil di MoMA (Museum of Modern Art)

Foto ini diambil di MoMA (Museum of Modern Art)

 

Selain hasil photonya yang baguus…videonya juga bagus

Jadi waktu gue ke US gue juga bertugas sebagai jurnalis Indonesia Mengglobal, yang meng-shoot dan mewawancara mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Harvard, MIT, Columbia, dan NYU buat video Indonesia Mengglobal alias hashtagnya #IMVideo. Gue mengshoot semuanya pakai Canon Powershot G15 dan hasilnya sangat memuaskan. Videonya HD gitu. Well, kekurangannya sih, karena perekam suaranya built in, dia sensitif banget. Suara angin ketangkep semua. Tapi itu sih bisa diedit sih ya…in terms of gambar sih oke banget!

Nilai plus: bungkusnya lucu dan praktis!

Bungkus kamera gue..(fotonya jelek nih, maklum fotonya pake BB doang :p)

Bungkus kamera gue..(fotonya jelek nih, maklum fotonya pake BB doang :p)

Gue seneng banget nget nget sama bungkusnya yang kulit ini. Lucu banget dan vintage gitu. Kalau orang liat kamera gue, nggak cewek, nggak cowok, pasti memuji bungkusnya yang lucu…dan pas liat hasil jepretannya muji fotonya.

Kesimpulannya:

Canon Powershot G15 super duper recommended buat lo yang pengen kualitas gambar bagus baik video maupun photo dan nggak mau ribetnya pakai SLR. Ini shortcut camera kali ya? Dengan harga 4,5 juta kamu bisa dapet kamera bagus, lucu, dan praktis.😀

Untuk review yang komplit silahkan buka tautan-tautan berikut:

Canon PowerShot G15 CNET review

Canon PowerShot G15 PCMag review

Canon PowerShot G15 PhotographyBlog review

2 thoughts on “New Toy: Canon Powershot G15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s