Hacker Facebook bangsat

Hacker Facebook bangsat. Please pardon my rude language. Tapi gue semarah itu. Tadi malam Facebook gue dihack oleh Hacker bangsat yang hampir aja merugikan teman dan keluarga gue. Go ahead and mess with me, but when you mess with the people I care about…..be careful dude.

Jadi ceritanya begini. Tadi malam, Sabtu, 11 Mei 2013 gue menghabiskan hari di kampus dari pagi buat ngelab sampe siang, terus kelas sampe sore. Gue ambil mata kuliah yang kelasnya Sabtu siang sampe sore, 4 jam berturut-turut. Supposedly, gue kemaren photo shoot buat year book, tapi entah kenapa raga ini menolak. Kecapekan, migraine, dan pengen tidur banget. Gue menduga apa ada hubungan dengan zat kimia yang gue hirup. Alhasil, gue nggak jadi photo shoot kemaren, gue balik kosan, beli makan, dan ketiduran dari jam 7 malem. Tidur gue nggak begitu tenang, dan gue mimpi Facebook gue dihack. Gue kebangun jam 2 pagi dan iseng buka Facebook. DAN BENERAN! FACEBOOK GUE DIHACK! Pas sign in dengan password biasa, ada tulisan bahwa ada yang ngubah Password gue sekitar jam 10 malem. Ketika gue terlelap. HOW RUDE. Gue udah sangat takut soalnya, selain takut aneh-aneh kayak foto mesum, atau tag-tag toko HP, tapi gue cemas ada post aneh-aneh di Page yang gue juga admin-in. Gue buru-buru change Password, dan ternyata email gue juga dibobol. Setelah reset password, akhirnya gue login dan cek Timeline. Kosong, nggak ada apa-apa, clear, aman. Nah tapi kok Facebook chat gue aneh, ngechat orang-orang yang ga gue chat. Percakapan dengan orang-orang yang biasa gue chat juga ga nyambung.

That’s the moment when I found out..hackernya beroperasi via Facebook chat gue!

Si Hacker bangsat ini ngechat 3 orang (at least itu yang ketauan, kalo ada chat lagi, mungkin udah dia hapus): 1 Facebook friend yang gak gitu kenal, 1 sahabat gue yang tinggal di Amerika, dan 1 tante gue yang tinggal di Amerika. Dari pola orang-orang yang dia Chat-in, target dari penipuan ini adalah Facebook friend gue yang tinggal di luar negeri dan diminta transfer uang via Western Union.

Victim 1: Facebook friend yang nggak gitu deket dan tinggal di Eropa

Salah satu rekaman chat yang kesimpen adalah ke 1 Facebook friend gue yang nggak gitu dekat sama gue. Untungnya Victim 1 belum sempet ngetransfer uangnya karena di sananya udah malem.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Victim 2: tante gue yang tinggal di Amerika

Ini rekaman chat si Hacker sama tante gue. The creepy thing is..ini orang manggil tante gue Ambo. Untungnya Tante gue ini nggak gampang ketipu.


hacker Facebook bangsat - 1

ambo2 ambo3 ambo4

Victim 3: sahabat gue yang tinggal di Amerika

Sayangnya, rekaman chat sama sahabat gue dihapus sama si Hacker bangsat. Victim 3, sahabat gue, sudah mentransfer uangnya dengan nominal 625 USD tapi Thank God, berhasil direfund.

hacker facebook bangsat - 01 hacker facebook bangsat - 02 hacker facebook bangsat - 03 hacker facebook bangsat - 04I feel so terrible, the hacker successfully tricked my best friend. Sahabat, gue, Jasmine, adalah sahabat gue sejak gue berumur 6 tahun, pas dulu gue SD di Amerika. Orangnya emang baik banget. Dan kebaikannya dimanfaatkan oleh si Hacker bangsat. Si Hacker ternyata minta dikirimin 5 juta rupiah, si Jasmine takut gue kenapa-napa. Dia udah transfer 625 dolar. 625 dolar. Tapi untungnya gue kebangun jam 2 pagi dan dia masih bisa ngerefund, dan berhasil direfund, jadi transaksinya gagal. Gue super duper nggak enak banget sama sahabat gue. Se-nggak enak itu. I feel so bad for her and I feel so angry at the hacker, karena dia udah merugikan sahabat gue. Kalau dipikir-pikir, untung aja gue kebangun jam 2 pagi. Dan aneh banget gue bisa mimpi Facebook gue dihack. Padahal tadi hampir aja gue tidur lagi. Kalau nggak begitu, uang sahabat gue bisa hangus di tangan Hacker dan ga sempet ke-refund. Thank you, oh Divine Intervention.

Apakah ini Human Error dari gue sendiri?

Seperti kata Bang Napi di sebuah acara kriminal terkenal siang-siang bolong, “Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan!” Let’s see, gue juga introspeksi sih kenapa kejadian ini bisa terjadi. Dan melihat respon orang-orang di berbagai media yang mengandung spekulasi kalau ini ya gara-gara gue juga yang bodor.

Did I use some sort of public computer or borrow someone’s device and I didn’t log out?

Did somebody get a hold of my handheld device and change my password from there?

Well, the answer is no. Gue gak pernah ke warnet sejak di ITB ini, I always log in from my personal devices: smartphone dan laptop, menggunakan wifi di kampus atau kosan. Apakah smartphone gue jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab ketika ini terjadi? Haha, kecuali ada yang niat banget sampe ngejebol pintu kosan gue pas gue ketiduran dan gue nggak kebangun, atau ada ninja warrior yang bisa make smartphone gue pas gue tidur terus dibalikin lagi ke tempat semula, ya mungkin. But I was asleep di kosan ketika ini terjadi dan pintu dalam keadaan terkunci. Apakah gue ngeklik aplikasi-aplikasi nggak jelas? Nope. Aplikasi yang terkonek dengan Facebook yang gue gunakan adalah: 8tracks, GlassDoor, SoundCloud. Kalau ada yang ngepost link out of nowhere either via message/di wall juga langsung cepet-cepet gue hapus dari muka bumi.

Gue juga bukan tipe pemain game atau aplikasi kirim-kiriman aneh di Facebook (I always thought people who send game requests on Facebook should get a life!). Jadi begini, tahun 2013 ini gue menjadi admin dari page sebuah NGO that I work for dan sebuah event di mana gue memegang posisi di situ. Gue super duper extra hati-hati karena anything that happens when my account gets compromised bisa berefek pada page yang gue pegang itu…which is bahaya banget!

So basically, based on my personal introspection, my recent actions online pretty much gave no room for intruders. Kata temen gue bisa aja karena terkonek dengan koneksi WiFi yang nggak aman. Hmm itu bisa jadi sih, tapi bisa banget ya kayak gitu? Gue juga kurang paham sih. Entahlah, tapi I am confident to say that this situation was not a result of my own carelessness. Kalau dari analisis dan level pengetahuan IT yang awam ini, gue heran sih kenapa hacker ini tau banget gue punya teman dan saudara di luar negeri. Dugaan gue sih dia udah lama mengamati koneksi gue dan profil orang-orang yang terkonek dengan gue. Perhaps he/she thought I fit in the mold of having a bunch of international friends/family that are willing to send me money, even if it was via Facebook. Ya itu sotoy aja sih. Hahaha.

The moral of the story: be extra careful! Tujuan gue menulis ini adalah menyebar info tentang ancaman dunia maya yang berpotensi merugikan kamu dan orang-orang terdekat kamu. Don’t let Hackers ruin your life/relationships!

Kalau kamu menerima Facebook message dari teman, sekalipun itu sahabat/saudara, yang minta uang, jangan gampang ketipu! Check dan recheck melalui media lain (lebih personal lebih baik, seperti SMS/instant message/BBM, you name it). Hacker sekarang udah nggak jaman keliatannya nyebar-nyebarin link doang. Udah lebih personal, lebih smooth, dan memainkan perasaan. Be extra careful!

And to all my Facebook friends yang dirugikan oleh si Hacker ini, I feel bad and I’m so sorry! I would do everything in my power to never let this happen again.

To the Hacker, I’m gonna let Karma do the dirty work to get even. Until then, well fuck you.

arya wiguna - hacker

20 thoughts on “Hacker Facebook bangsat

  1. mon, this is very scary! is it technically possible (pardon my cupuness in informatics engineering) to trace the hacker? kalo possible, you really should. I’d love to see that kind of people be brought into justice

    • Well I could’ve checked the active sessions to track the IP Address, but I believe the hacker logged out before I could found out. What a bummer. Anyway, I’ve told a friend who works in Facebook and he’ll report this soon. I too would love to see the sucker be brought to justice, but Imma let karma do that. Ain’t nobody got time for that now, hahaha.

  2. Learn how to make a good, strong password and activate the 2 way authentication will prevent things like this to ever happen.

  3. What a horrible story. Untung aja gak sampe ada korban materiil ya..

    I don’t want to look so smart here but I think it’s not possible to hack facebook (at least for nowadays). It has hundreds of secure systems in the server. The only way to hack it (for now) is using the carelessness of the owner. Please remember when is the last time u login to ur fb. Also always care to logout and clear private data (cookies,history) when u had used it in public service (e.g. warnet, dingdong di kampus, etc).

    Be careful next time and God bless..

    • I thought the same as well! I don’t use public services anymore since I have a smartphone and I carry my laptop everywhere these days! Perhaps it could be possible this was a result of spyware or phishing (I’m not a computer whiz myself) or the hacker was one of my Facebook friends who has been ‘stalking’ me?
      Anyway, I don’t know how the person did this, but either way it’s good to be extra careful these days. Thanks!

  4. gue juga pernah kena mon! kalo di gue dia nanya ada yg jual pulsa ato nggak. dan beberapa jam kemudian gue terima email dari fb kalo acc gue log in di tempat yang ga dikenal. dan dia pun make akun fb gue buat nanya temen2 gue apakah ada yang jual pulsa apa nggak. untungnya blom ada transaksi sih. gue cuma ngebales message dia padahal dan tiba2 fb gue dihack…

    • Kehen! gila ya udah naik level sekarang dari pulsa jadi transfer internasional duit jutaan dolar. Tiati juga hen!

  5. mau kasi saran aja si. Di bagian secret question di setiap email, pastikan bahwa pertanyaan itu bukan pertanyaan yang mudah dijawab seperti nama ibu, nama sekolah pertama, dll. Bikin yang agak susah aja, seperti: “siapa nama baptis pacar pertama saya” atau “berapa ukuran lingkar perut saya pada tanggal 14 februari 2012”. Kalo bisa secret questionnya ada 2 biji.
    *curhat pengalaman

    • baru tau gue..gue selama ini taunya cracker itu yang dimakan pake keju -_- istilah awamnya hacker sih ya dipukul rata buat semua penjahat dunia maya haha but thanks for the info!

  6. wahh pengalaman yang bener-bener sesuatu ya kak..
    bersyukur banget kakak bisa terbangun jam 2 pagi ya, agak mepet dengan jam si hackernya menghubungi teman-teman fb kakak..
    thank you for sharing kak..

  7. Turut berduka dengan kejadian ini,
    just for info, cracker istilah lain dari hacker hitam, ini yang merusak dan merugikan orang lain. Bukan biskuit dengan keju ^.^

    btw, di facebook ada 1 layanan di halaman security settings > login approvals. Fitur ini mungkin bisa membantu mba, supaya facebooknya lebih aman kedepannya. (membutuhkan kode konfirmasi jika di akses pada komputer yg tidak diketahui)

  8. sis, ganti passnya pakein simbol kayak !@#$%^&* minimal passnya susah di crack, gak perlu semua, sisipin aja beberapa diantara pass lo, makin banyak simbol makin susah 1 simbol nambahin waktu ngecrack sekitar 1 tahun pake laptop biasa kalo 2 simbol 1 tahun kuadrat, 3 simbol 1 tahun pangkat 3, jangan pake pass dengan huruf berulang kayak “aaakuuukeceee” walaupun pass nya panjang tapi pass kayak gitu cuma butuh waktu 1 menit buat di crack, beberapa hacker juga memanfaatkan ad di sebelah kana halaman fb, jadi kalo ada ad yang minta pass ama email jangan mau, fb selalu ngasih notif resmi di bagian atas timeline, dan jangan pake laptop orang kalo ol

  9. Wow.. Saya pernah dimintain pulsa sama ‘dosen’ saya.. Dosen di ITB juga. (Mungkin ada korelasinya dengan kejadian kamu?) Tapi saya dari awal sudah curiga. You better try to make a strong password, sis.

    5:46pm : BA: selamat sore
    5:46pm : DW: selamat sore juga pak
    5:47pm – BA: apa kabar?
    5:47pm – DW: baik pak
    5:48pm – BA: lagi dimana?
    5:49pm – DW : di rumah pak, hehe.. apa kabarnya, pak Bambang?
    5:50pm – BA : alhamdulillah baik; oh ya,saya mau nanya sedikit
    5:51pm – DW : boleh, silahkan pak..
    5:52pm – BA : saya hanya mau nanya,punya langganan isi ulang pulsa Telkomsel ndak?
    5:53pm – DW : biasanya saya beli lewat internet banking pak… jadi belinya online..; untuk apa ya pak?
    5:57pm – BA : maksudnya sya mau minta tolong isiin pulsa Telkomsel
    5:57pm – DW : ooh; lagi kehabisan pulsa pak?
    5:58pm – BA : insya allah hari senin saya gantiin
    5:58pm – DW : bapak di mana sekarang?; minta nomornya bapak kalau begitu
    6:00pm – BA : kebetulan saya dan keluarga sedang iburan di singapore; isiin pulsa 200 ribu saja
    ke no 0852 7716 3636; maaf saya ngerepotin
    6:00pm – DW : bapak senin nanti ngajar apa pak?; nanti saya ketemu bapak di kelas aja
    6:02pm – BA : temui saja saya dikantor saya
    6:02pm – DW : masih di gedung BSC A kan pak?; pak?

  10. ya itu bukan hacker tp loe ja yang gobloookkm hahahahahaa……hacker bukan begitu itu mmasih anak kecil coii,,kalo tingkatan segitu anak sd yang sekolah di amrik juga bisa coyyy,,,ya elahh,,,hari gini,,,masak tidak tau bahasa nyha orng nipu pa kagak,,bodoh amat dah loeee, capek deh,,hahhaa

Leave a Reply

