Hore aku lulus dari ITB!

aku luluuus!

aku luluuus!

setelah 3 tahun 10 bulan menempuh perjalanan di ITB….aku lulus! yippie!

Setelah perjuangan melewati 4 Β Tugas Akhir yaitu:

  1. Kerja Praktek (KP, dilakukan pada masa liburan naik ke tingkat 4, penyusunan laporan dan pembicaraan, alias bimbingan atau ‘ujian lisan’ durasinya tergantung pembimbing sama yang dibimbing. Ada yang beres di semester 7, ada juga yang berlanjut sampai penghujung semester 8).
  2. Penelitian Sarjana (dilakukan secara berkelompok isi 2 orang dengan penulisan laporan penelitian dimulai dari semester 6 dan penulisannya dilakukan sampai bab Tinjauan Pustaka. Pelaksanaan penelitian, pengambilan data, sama analisis dilakukan pada semester 7. Selesainya kapan, is a function of a lot of variables)
  3. Rancang Pabrik (RP, dilakukan secara berkelompok isi 3 orang pada semester 8, dengan sistem tiap 2 minggu pengumpulan laporan bagian tertentu. TA yang ini nyaris hampir pasti beres di semester 8)
  4. Ujian Komprehensif (Kompre, ujian penutup dari semua TA nomor 1-3. Syarat ikut kompre adalah TA 1-3 udah harus beres dan nilainya keluar. Kompre di TK ITB dilakukan secara tertulis, bukan lisan seperti di jurusan lain, dan serentak, macem UAN/SBMPTN gitu dengan 4 sesi x 100 menit = 400 menit dan 25 soal x 4 = 100 sesi. Bahan ujiannya mencakup dari tingkat 1 atau TPB macam fidas, kalkulus sampai tingkat 4…ada PG dan esai dan ada sistem minus kalau salah. Terus kalau nggak lulus harus nunggu sekitar 2-3 bulan untuk ikut kompre berikutnya, which means wisudanya harus mundur. Sebenarnya nggak pernah ada official statement syarat lulus nilainya berapa, tapi kabar berhembus sih kalau mau aman itu bener 50 soal. Untuk peserta ujian kompre Juni, waktu belajar bersih setelah TA dan urusan akademis beres itu 2 minggu. Yeah, 2 minggu mengejar materi 4 tahun. Overwhelming at first, but possible.)

akhirnya perjalanan usai! Lelahnya begadang ngerjain RP, hektik-hektik seminggu nginep di lab yang berujung gue gak belajar buat UAS mata kuliah pilihan, dan keracunan makanan sampai muntah-muntah dan masuk UGD usai dengan manis dan haru biru di Galeri Multimedia TK ITB saat diumumkan bahwa 100% peserta ujian komprehensif lulus. Padahal tahun-tahun sebelumnya, peserta kompre Juni biasanya ada yang nyangkut 1-2 orang, dan denger-denger sih terakhir lulus 100% di kompre Juni itu angkatan 2005. Itu yang bikin gue waswas sih ikut kompre Juni, tapi Allah sungguh baik dan membantu kita bertempur dan melewati ini semua.

Puji Tuhan! Terima kasih Tuhan! By the grace of God banget loh, penelitian gue bisa kelar dan pas banget seminar di hari terakhir batas seminar..dan dapet nilai AπŸ™‚ Dan by the grace of God gue bisa belajar bahan 4 tahun dalam 2 minggu, terima kasih kepada Tyas, bro kesayangan gue semester ini karena selab dan sepermainan yang udah ngadain kompre camp di kosannya (gue nginep di kosan Tyas seminggu lebih demi belajar day in day out dan melahap beberapa mata kuliah dan latihan soal dalam sehari sampe eneg!). This is the end of one of the best chapters of my life. 4 tahun terakhir, begitu banyak orang yang gue temui. 4 tahun terakhir, the memories itu dibentuk dari begitu banyak dan beragamnya orang yang gue temui, dengan berbagai macam karakter dan impian, cara hidup dan cara pandang yang masing-masing menimbulkan impresi tersendiri ketika namanya tercetus. That’s why, gue selanjutnya mau bikin seri tokoh ITB, yang meng-capture orang-orangΒ superΒ yang that crossed my pathΒ selama di ITB ini. The high achievers, the entrepreneurs, the leaders, the competition hoppers. Every one having a story to tell, an inspiration to share, dan kiranya semangat yang ditularkan. Nantikan selanjutnya! Until then, gue menikmati masa-masa pengangguran dengan rajin fitness demi kebaya wisuda, packing my social life agenda dengan bertemu dan bermain dengan teman-teman sebelum sulit bertemu, dan mengisi waktu dengan produktif di kampus, entah dengan bantu dosen proyekan atau ngerun penelitian. Until then….the long and winding road to the next chapter (hopefully grad school) starts now.πŸ™‚

kado wisuda monic

Kado sidang dari temen-temen. Mulai dari rainbow cake, cheesecake, celengan, surat-surat unyu, bunga matahari, boneka domba. Kyaaa makasi sahabat-sahabatku :3

sidang 19 juli - 4 sidang 19 juli - 1 sidang 19 juli - 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s