Masuk Kementerian ESDM Lewat Tes CPNS 2013

Aloha semuanya! Memasuki bulan Agustus, di media massa sudah terdengar heboh-heboh mau CPNS. Sehubungan dengan hal tersebut (ce ileh bahasa gue surat banget yak hahaha), udah banyak juga temen-temen yang menjapri gue dengan bombardir pertanyaan seputar CPNS, seperti pakai buku apa, ada formasi untuk jurusan apa saja, tahap tesnya apa saja, dan lainnya. Akhirnya daripada gue repost gan terus menerus ke orang-orang, gue putuskan untuk menuangkannya di blog saja, hitung-hitung membantu banyak orang. Buat disclaimer saja, saat ini gue termasuk salah satu dari sekitar 400-an CPNS di Kementerian ESDM yang ikut tes CPNS 2013 dan masuk mulai April 2014 jadi seputar pengalaman ikut seleksi masih (lumayan) seger di otak. Pada saat masa-masa seleksi tersebut, gue pun mengubek-ubek Google, mencari blog, buka-buka forum untuk mencari info yang komprehensif tentang CPNS, terutama untuk Kementerian ESDM karena CPNS untuk setiap kementerian dan lembaga itu cukup variatif ya tahapan dan timelinenya. Agak sulit memang karena infonya tercecer dan seringkali hasil Google search results yang cukup menjanjikan, eh ternyata PHP, iklan buku/software latihan soal CPNS. Huftness.

Jadi, pas gue tes CPNS, portal resmi semua informasi seputar tes CPNS Kementerian ESDM itu lewat situs yang gue screenshot ke bawah. Unlike rekrutmen perusahaan yang biasa lewat portal Experd, atau bahkan yang orang HRnya menghubungi secara pribadi lewat email atau bahkan tilpun, informasi CPNS Kementerian ESDM itu lewat satu pintu: website cpns2013.esdm.go.id😀 Info lewat media sosial pun nggak ada. Jadi selama proses seleksi emang kerjaan gue tiap pagi siang sore ya mantau website ini. Terutama buat liat tulisan merah Updated nya berubah tanggalnya. Karena kan, ya kayak gue bilang di atas, kalau ada update terbaru nggak ada pemberitahuan via email. Jadi kudu kita yang proaktif ngecek terus bro. Informasi di website ini semuanya bentuknya PDF-PDF jadi kalau buka di HP yang jadul rada-rada susah.

online platform

Online Platform informasi seleksi tes CPNS ESDM.

 

Timeline Seleksi

Timeline. Perihal waktu itu vital banget ya, bahkan buat gue yang pada saat itu freshgrad dengan kerjaan fleksibel (proyekan dosen) juga gelisah soal waktu. Gue aja yang freelancer gelisah, gimana yang statusnya karyawan dan harus resign dengan 3-weeks notice gitu kan? I bet a lot of you are wondering about the timeline, dan sayangnya pada saat itu, di portal informasi memang tidak ada info apapun tentang timeline dari awal sampai akhir. Paling banter ya tanggal tes tahap berikutnya, tapi soal kapan pengumuman keluar, itu nggak pernah jelas kapan, hanya Tuhan dan panitia penyelenggara yang tahu. So, to get a picture of how it went this year kira-kira begini:

  • Tes Kemampuan Dasar: Oktober (akhir)
  • Tes Kemampuan Bidang: November (akhir)
  • Pengumuman Akhir Lulus CPNS: Januari (awal)
  • Daftar Ulang dan Melengkapi Berkas: Januari (tengah)
  • Mulai aktif kerja: April (awal, tanggal 1)

Tahap Tes

Tahap tes yang dilalui untuk CPNS Kementerian ESDM antara lain:

1. Seleksi Administrasi

Jadi di awal itu, portal resmi merilis pengumuman umum soal deadline seleksi administrasi, dan apa aja yang harus dikirim (via pos loh pake amplop coklat) sama pendaftaran online buat ngeprint kartu peserta. Nah, selain itu, PDF yang isinya daftar formasi (formasi itu istilah yang dipake yang artinya posisi) per jurusan juga dirilis. Dan formasi itu ada kuotanya. Contohnya untuk Calon Inspektur jurusan X kuotanya 6 gitu misalnya. Untuk CPNS tahun 2013, kita disuruh milih 3 formasi (kayak ujian masuk PTN gitu lah milih 3 jurusan), pilihan pertama, kedua, ketiga apa dari sekian banyak formasi yang di situ. Milihnya juga sesuai jurusan. Lo nggak bisa milih formasi yang bukan diperuntukkan buat jurusan lo. Untuk TOEFL, ya kalau di ESDM nggak mewajibkan, tapi untuk beberapa formasi iya, contohnya kalau di Ditjen Migas, formasi calon inspektur migas itu mewajibkan skor TOEFL (prediction juga diterima kok), 450 kalau nggak salah. Ya seleksi administrasi ya standarlah ya, tinggal ikutin aja sesuai arahan yang ada di situs resmi, siapin dengan benar, dan kirim sebelum deadline. Kalau disuruh tulis tangan, ya tulis tangan, kalau disuruh legalisir ya legalisir. Easier said than done memang, jadi siapin aja dengan cermat dan antisipasi worst case-worst case yang sangat mungkin terjadi! (misalnya pas proses seleksi itu KTP gue hilang, jadi untung gue punya backup identitas lain, jadi gue dateng tes pake Paspor. Udah macam ekspatriat aje)

2. Tes Kemampuan Dasar dengan Computer Assisted Test atau CAT (Bobot: 60%)

Tes Kemampuan Dasar itu tes pilihan ganda semua, tesnya pake komputer (bukan rame-rame pake papan jepit dan ngisi LJK lagi) bahannya: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), sama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TKD ini nih yang buku bank soalnya buanyak bener di toko buku, dan biasanya menjelang tes variasinya makin banyak dan space yang ditempatin di toko buku juga lebih gede.

Nah. Sebagai anak teknik yang sudah lama meninggalkan sejarah dan PPKn….gue lebih takut TWK daripada TIU. Ya TIU mah matdas (matematika dasar) lah yaaa hahaha, tapi bukan berarti gak dilatih sama sekali loh. Gue pakai buku apa? Gue nggak suka banget belajar soal doang. Karena variasi soal itu beribu-ribu coy, masak gue harus belajar beribu soal buat yakin bisa lulus tesnya? Jadi yang gue incer ketika membeli buku persiapan CPNS adalah buku yang ada ringkasan materi, bukan soal doang. Jadi gue beli buku CPNS 2 kali. Pada trip pertama ke Gramedia Bintaro Plaza dapetnya buku CPNS yang lagi hits banget di masa itu, yang tebel dan kavernya merah dan space di rak buku paling banyak nempatinnya. Tapi ya sayangnya soal doang dan pada saat itu di Gramedia yang gue kunjungin nggak ada buku Detik-Detik seperti gambar di bawah. On my 2nd trip, waktu itu ke Gramedia di depan BIP di Bandung, setelah mengubek-ubek sudut buku CPNS di Gramedia, voila akhirnya kutemukan buku yang ada ringkasannya! Ringkasannya bagus lagi, sistematis, dan ya, ringkas. Meski kertasnya buram, ya nggak papalah. Nih untung ada foto bukunya di Google (karena buku gue dipinjem temen gue belom dibalikin, nggak bisa gue foto haha).

Buku CPNS yang gue pake

Buku CPNS yang gue pake

Bahkan judul bukunya relevan banget sama gue karena gue beli buku ini H minus beberapa hari gitu haha. Buku ini cukup sakti karena, banyak juga yang keluar dari apa yang gue pelajari…so, I guess it was a good choice. Cara belajar? Ya belajar ajalah pakai cara yang paling enak buat diri lo sendiri. Kalau gue tipe yang belajar tidur belajar tidur. Maksudnya pas belajar pasti ketiduran, tapi pas kebangun ya belajar, gitu (terutama buat apalan yak, kalau itungan mah harus fokus pol dan di tempat pewe). Buat lulus, harus melewati ambang batas atau passing grade buat lulus yang dipublish secara resmi, seperti di screenshot di bawah ini.

Nah tahun kemaren tes CPNS yang TKD itu tesnya di Pondok Ranji dan dibagi menjadi beberapa kloter. Bayangin aula, isinya komputer banyak. Di luar aula tempat nunggu sama ada 2 LCD TV gede yang nampilin skor hasil tes. Jadi begitu selesai tes, jreng! Langsung bisa liat hasil tes lo berapa. Bisa liat juga dari sekian orang di aula itu, lo rangking berapa (ini penting buat mengira-ngira lo bisa masuk atau apa). Oh iya, selain ambang batas jelas buat lulus tes, rasio pelamar terhadap formasi juga dipublish secara jelas (ada di screenshot di bawahnya lagi). Jadi yang lulus TKD dan lanjut ke TKB itu 3 rangking tertinggi per formasi. Jadi basically 3 orang merebut 1 formasi (untuk ikut TKB ya). Contohnya nih, waktu CPNS, pilihan pertama formasi yang gue lamar itu kuotanya 2. Jadi untuk dapet formasi itu pelamar yang bersaing di tahap TKB itu 2 x 3 = 6 orang. Saingan gue 5 orang. Jadi begitu kira-kira hitungannya.

syarat nilai buat lulus

syarat nilai buat lulus

AA

Rasio pelamar versus formasi

Nah setelah tes, hasil tes semua peserta diunggah ke situs resmi (jadi bisa liat juga orang-orang yang lulus siapa aja, dan liat nilai saingan juga haha).

contoh orang-orang di formasi gue yang lolos ke TKB dan nilainya

contoh orang-orang di formasi gue yang lolos ke TKB dan nilainya (kolomnya itu TWK, TIU, TKP)

Selain persiapan substantif buat nyiapin isi tes….harus juga nyiapin hal-hal penting kayak tau lokasi tes di mana, kalau perlu dari beberapa hari sebelum udah survey lokasinya jadi bisa ngira-ngira waktu tempuh buat mencapai ke sana berapa lama, datang lebih awal, dan jaga kesehatan. Gue punya beberapa teman yang nggak sukses CPNSnya karena hal-hal begitu. Ada yang nggak nemu lokasi tesnya (karena lokasi tes itu nggak selalu di tempat yang gampang ditempuh, contohnya TKD KESDM aja di Pondok Ranji, Tangsel, bukan di tengah kota yang gampang dikira-kira tempatnya), ada juga yang nggak konsen ngerjain TKDnya karena doi TKD pas lagi diare. Jadi……ya siapin aja dari segala aspek!

3. Tes Kemampuan Bidang atau TKB (Bobot: 40%)

Tes Kemampuan Bidang itu tahap terakhir tes. Formatnya wawancara, sendiri-sendiri, tapi yang mewawancarai bisa 1 atau lebih. Gue waktu itu diwawancarain 2 orang. Ya sesuai nama tesnya aja lah ya, ini tes kemampuan bidang. Jadi lo harus bisa lah menguasai bidang pekerjaan yang lo bidik (terutama formasi pilihan pertama yah). Misalnya lo ngincer posisi di Ditjen Migas yah at least harus tau lah isu terkini seputar migas, UU No. 22, pembagian migas hulu dan hilir ada apa aja, yah konsep-konsep umum seputar migas lah dan konsep umum public policy (inget, jadi CPNS itu jadi birokrat jadi harus ngerti juga basic-basicnya haha) seperti urutan peraturan perundang-undangan. Kalau formasi yang lo lamar rada-rada technical, seperti calon inspektur, yah setidaknya tau lah sisi technical dari migas. Wawancaranya nggak lama, nggak sampe 15 menit. Karena gue waktu itu nggak melamar posisi yang technical, jadi gue belajarnya hal-hal yang general. Gue belajar UU 22 tahun 2001 sama belajar dari review Oil & Gas Regulation yang dirilis oleh PwC. Review itu bagus (ya bahasa Inggris sih emang) tapi komprehensif banget, 1 PDF udah mencakup banyak hal. Jadi siapin, dan pede aja!

Pengumuman Akhir

Nah! Pengumuman akhir yang ditunggu-tunggu setelah merefresh website berkali-kali setiap hari akhirnya keluar di awal Januari, tanggal 2. Apalagi setelah gelisah denger kementerian lain udah diumum-umumin, duh kok belum keluar-keluar yah. Nah selang 2 minggu setelah diumumin udah harus daftar ulang dengan bawa berkas-berkas seperti SKCK, hasil Medical Check Up (surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang harus dibuat di rumah sakit atau unit pelayanan kesehatan milik pemerintah), surat bebas napza, kartu kuning, dan lainnya. Jadi basically, kita dikasih 2 minggu buat nyiapin berkas itu semua. Untuk medical check up, tes narkoba, dan tes psikologi uang yang gue habiskan hampir 1 juta (itu di RS Fatmawati). Oh untuk tips aja, meski nggak disuruh, ada baiknya juga bikin NPWP sekalian. Cepet kok jadinya.

Terus kalau aku nggak lulus, aku kudu piye?

Tenang saja! Tetap semangat…dan nggak ada salahnya tetep rajin ngecek portal resmi. Kenapa? Karena pas jaman gue itu, kalau ada pelamar yang dinyatakan lulus, tapi dia nggak daftar ulang di jangka waktu yang diberikan (otomatis itu artinya mengundurkan diri), pelamar yang nilainya lebih rendah jadi geser ke atas dan jadinya diterima. Temen gue di Ditjen Migas ada yang kasusnya begitu. Pas pengumuman akhir yang tanggal 2 Januari itu namanya nggak ada di daftar pelamar yang lulus. Pas doi udah mulai move on, eh ada temennya yang ngucapin selamet. Eh ternyata ada pelamar di atas dia yang ngundurin diri, jadinya nama dia geser ke atas, dan jadinya diterima dan dipanggil buat daftar ulang dan melengkapi berkas. Kalau memang pas pemanggilan ulang buat ngisi peserta yang mengundurkan diri, nama lo tetep nggak ada, ya apa mau dikata ya mungkin memang belum jodoh.

Oke, jadi paling segitu dulu aja, kalau ada pertanyaan, feel free to leave a comment below. Perlu diingat juga, sistemnya sangat mungkin untuk berubah, jadi tetep stay updated dengan info resmi dari Kementerian PAN RB dan kementerian yang dilamar. Semoga bermanfaat yah, good luck!

36 thoughts on “Masuk Kementerian ESDM Lewat Tes CPNS 2013

  1. Pengalaman aku waktu pemberkasan kemarin ga pake surat keterangan sehat rohani (psikologi) ga apa – apa. Jadi cuma pake surat ket sehat jasmani aja. Bisa berhemat sekian rupiah deh. Btw, nice posting monci.

  2. kak, kata kk , toefl ga diwajibkan kecuali beberapa jabatn yg mengharuskan. tp knp masih ada kolom pengisian nilai toefl ya kak, untuk jabatan yang tidak disebutkan? padhl di pengumuman sdh tercantum jabatn mana saja yg hrs pny minimal nilai toefl. trmkash
    saya jadi bingung kak.

    • Aduh kalau udah teknis banget begini pertanyaannya saya pun bingung. Ya amannya, kamu prediction aja, sekitar 100 ribuan sih, dan kamu tes pagi, sorenya juga udah jadi (itu di BLCI di Bandung aku sih begitu). Pokoknya stay updated aja sama informasi dari sumber resmi yah…..dan kalau udah seleksi gini mending main aman aja, emang harus extra effort. Semangat🙂

  3. monic, makasih banyaak yaa untuk infonya, tahun lalu aku juga ikut cpns di kemendikbud dan lulus sampai tahap wawancara. sayangnya, aku gagal pas wawancara soalnya ditanya pengalaman mengajar. secara aku fresh graduate gitu dan belum pernah ngajar kecuali jadi asisten, belum rezeki kali ya. tahun ini coba lagiii aaah

    • waktu saya CPNS, posisi yang saya lamar nggak mensyaratkan TOEFL. tapi pas saya nanya temen-temen sih, yang pake syarat toefl, mereka pake prediction ndak papa kok hehe.

  4. cukup membantu tulisan pengalamannya mbak,oya aku mau nanya dong mbak,gedung tes yang di Pondok Ranjinya deket ga dari stasiun pondok ranji? kalau boleh tau kita dari BSD Tangsel deketnya ke sana naik kereta atau angkot ya mbak?

  5. Mba mon, kan kita disuruh pilih 3 formasi tuh.. Nah pas wawancaranya, dikhususkan untuk pilihan pertama aja, atau ditanya jg kualifikasi untuk pilihan ke-2/3? Trims ya buat infonya. ^_^

  6. Mw nanya dong.. klo wawancara apa2 ajja ya yg dtanyain..?? Misalnya identitas, kepribadian kita, skripsi.. gtu2 ga.. ato ttg formasi yg qta lamar ajja?? Tengs jwbannya..

  7. Wow… baik banget mau ngeshare pengalamannya.
    Hari ini tadi saya baru ujian CAT juga kak, uda ada peringkat dan hasilnya juga. Tapi masih harap2 cemas bakal dipanggil tes TKB apa nggak.
    Celakanya, jikalau nanti emang dipanggil TKB, saya msih kurang gitu ngeh/paham sama formasi yg saya ambil. Kalo kakak tau, boleh dong dikasih sedikit info mengenai analis pengembangan jaringan itu seputara apa aja. Heheh…
    Terimakasih kak. Semoga bisa bertemu kakak dalam kondisi sudah cpns tahun depan😀

  8. salam kenal…mau tanya pas wawancara..yg dtanya ap aj y?sy kmrin dftr yg analis usaha energi kira 2 itu bagian ttg ap y mbak?mkasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s