My Daily Makeup Routine

Gue sehari-hari make makeup, bukan tipe yang polosan gitu kemana-mana. Apa aja produk yang gue pakai sehari-hari? Kurang lebih kayak di bawah:

My day to day makeup kit!

My day to day makeup kit!

Pertama: Muka

Buat muka tricky: minyakan, pori-pori besar, dan bekas jerawat (dan rawan jerawatan) harus ekstra hati-hati milih makeup buat muka. Harus oil free tentunya, kalau aman untuk kulit sensitif lebih bagus lagi. Untuk sehari-hari gue gak suka terlalu berat pakai foundation. Begitu abis mandi dan cuci muka, gue pakai Avene Cleanance Expert Emulsion. Gue beli ini di Changi abis business trip, waktu itu dirayu Mbak-Mbaknya bisa ngurangin merah-merah jerawat dan pori-pori tersamarkan. Setelah gue coba bener loh, jerawat juga pada kempes dalam 1-2 hari. Dipakainya pagi dan malam. Nah setelah pakai itu, gue timpa lagi dengan Sunblock dari dr. Rani (not pictured). Nah gue diemin beberapa menit sambil pakai baju, dan siap-siap yang lain. Nah abis itu, gue pake Benefit Porefessional, dan dilanjutin sama NYX Pore Filler. Ini buat menyamarkan bekas jerawat dan pori-pori membesar. Benefit Porefessional ini sebenernya agak pricey ya (bulan Februari ’16 gue beli 850 ribu) ketimbang NYX Pore Filler, tapi tahan lama banget! Gue beli Maret 2014, masih ada sampai sekarang, cengli ye. Nah abis pakai primer, gue biasanya pakai bedak tabur dari dr. Rani (again, not pictured). Gue sehari-hari gak make blush on karena…takut keliatan menor sih dan pipi gue kadang udah pink aja gitu aneh emang.

Kedua: Mata

Alis!! Gue udah make alis sebelom alis Nike ngehits sekarang-sekarang ini. Haha. Gue pernah bereksperimen pake Elf/Anastasia dan tetep aja enakan pake yang pensil/krayon gitu. Karena udah biasa sehari-hari ngalis, kalo gue gak ngalis keliatan beda banget kalo kata orang-orang~ Nah abis ngalis, gue lanjut ke make eyeshadow, dengan terlebih dahulu memakai Eyeshadow Primer NYX. Waktu itu pas lagi di Centro sama Mbak-Mbaknya ditunjukin bedanya make primer sama gak make primer, dan ternyata signifikan loh, kalo make primer warnanya lebih ‘keluar’. Abis pake primer, make eyeshadow, biasanya gak pake teknik smokey eye atau semacemnya. Gue pilih aja satu warna, biasanya coklat aja. Lagipula gue gak selalu pakai eyeshadow (kadang mager), kadang diskip langsung ke eyeliner aja. Gue udah bereksperimen pake eyeliner: Stila, Benefit, Revlon dan tetep aja semuanya beleber! Yang tahan dan heavy duty buat kelopak gue yang berminyak hanya eyeliner MAC. Sehari-hari biasanya gue cat eye aja, tapi gak lebay, enough to make my eyes pop. Nah step selanjutnya juga optional, yaitu Mascara! Karena gue pakai kacamata, gue kadang merasa make maskara dan nggak make gak terlalu keliatan bedanya. Tapi kalo lagi pengen make mascara, gue pake, dengan menjepit bulu mata terlebih dahulu~ Bagi gue, Mascara yang heavy duty dan tidak (cepet) beleber adalah Bobbi Brown No Smudge Mascara. Tapi kalo gue makenya hari kerja yang panjang, apalagi perjalanan dinas dengan ketiduran di pesawat, suka beleber. Yak gue masih mencari maskara yang (semakin) heavy duty. Dannn sebenernya gue lebih suka lash extensions sih daripada make mascara, tapi susah nyari waktu buat lash extensions haha.

((UPDATE SEDIKIT ~ GUE ABIS LASH EXTENSIONS LOH))

Jadi Jumat tanggal 19 Februari kemaren gue nyempetin diri pulang kantor buat lash extensions di langganan gue buat hair removal, Tokyo Beauty Laboratory di Epicentrum. Lagi ada promo juga, diskon 20% dari harga normal 400 ribu untuk 80 helai, jadi 320 ribu. Kan mayan ye. Kira-kira begini hasilnya:

After getting lash extensions~

After getting lash extensions~

Gue seneng make lash extensions karena sampai sekarang gue gak bisa-bisa masang bulmat palsu. Udah gitu, jadi simpel, gue gak usah pake mascara/eyeliner lagi buat bikin mata pop out😉 Yah bisa sih kalo mau, tapi bagi gue begini saja sudah cukup hehehe.

Ketiga: Bibir

Dengan bibir yang cenderung kering, gue harus hati-hati milih produk bibir. Setelah bereksperimen, yang cocok banget sejauh ini lipstick Bobbi Brown (shade: Rose) sama Girlactik (Allure dan Flirtatious). Kalau Bobbi Brown rasanya lebih melembabkan ketimbang Girlactik. Jadi kalau gue merasa bibir gue rada kering, gue makenya Bobbi Brown. On the other hand untuk tahan lama, Girlacktick juara banget, plus dia tidak membuat kering, tapi tidak membuat lembab juga sih. Gue udah nyoba NYX SMLC gak cocok dan bikin kering, dan Bourjouis yang Rouge Velvet baunya aneh banget gak tahan! Jadi untuk beberapa bulan terakhir Bobbi Brown dan Girlactik merupakan pilihan utama gue untuk urusan perbibiran.

Jadi sekian rutin makeup gue…simpel kaaan, gue juga sudah semakin mahir makeup-an di mobil, tentu dengan memanfaatkan macet dan lampu merah haha. Tentu saja setelah makeupan, buat memaintain makeup di muka, senjata utama gue melawan minyak adalah Face Paper. Waktu itu pas lagi liat-liat di Guardian, gue lihat Face Paper Clean and Clear diskon jadi setengah harga. Alhasil gue borong sampe abis. Kapan lagi Face Paper yang biasanya 26-28 ribu jadi 14 ribu perak haha. Punya problem skin memang tricky untuk nyari makeup yang pas, gak bikin jerawatan, dan gak beleber.  Semoga post gue membantu membypass trial and error kalian yaa~

Before Makeup - After Makeup

Before Makeup – After Makeup

One thought on “My Daily Makeup Routine

  1. Hi Monica,

    Kayanya tipe kulit kita sama deh, gampang banget minyak an sampe ke eyelids segala dan semua eyeliner lumer jadi panda eyes 😂. Aku ketemu blog kamu dulu waktu research2 tentang produk retinol gitu

    Aku ngga harus make up setiap hari sih jadi tidak sering jerawatan. Tapi kalau abis ke pesta pasti harus at least triple clease ditambah mud/charchoal/sensitive mask, hehehe.

    Mau info dikit soal eyeliner, aku pake stila yang felt tip lumayan tahan. Trus yang super tahan itu punya urban decay waterproof liquid liner. Pakainya agak susah dan keringnya agak lama tapi begitu kering tajem banget dan ngga luber sama sekali. Waktu di remove pun dia ngga smudge tapi lepasnya kaya serpihan kecil2 gitu. Silakan dicoba hehehe..

Leave a Reply

